Rabu, 23 Maret 2016

LANJUTAN: DAY 6 - 10
BUSAN – SEOUL KOREA DI MUSIM SEMI
12-21 Maret 2016

DAY 6 ; SEOUL
Kamis 17 Maret 2016
Suhu udara 9 derajat
Bangun cuci muka, gogok gigi dan sholat. Gak ada microwave jadi panasin nasi, masak telor rebus, rendang pake panci dikasih air, rendang kering saya taro di kulkas yang tersedia dikamar, jadi kudu dipanasin juga. Nikmat dan lezaat pake sambel Roa dan popmie pula.
Agak eneg dan nunggu pu*, minum tolak angin akhir nya bisa, muntah lagi dan seperti datang bulan.
Pukul 10 an pagi baru keluar kamar menuju ke Nami Island. Kekurangan uang gak sempet ke Moneychanger jadi ambil ATM di exit 1 atm citi bank, atm ku Mandiri tarik 20.000-won
ke charge 23.600 Won + Charge 20K IDR ( males sama Mandiri!)
Lalu saya check di HP aplikasi subway Metro HD untuk menuju NAMI ISLAND dari sta hongik, kudu ke stasion Gapyeong, perjalanan jauuuuh. Dari Hongik ke stasion Sangbong dulu lalu interchange ganti ke sta Gapyeong – line 5. Keluar nyebrang nunggu di halte bis ke Nami. Kalo gak salah N0 33-5 (Tanya ke Supir; Nami!) Bayar pake T Money –tap).
Tiba di ‘NAMI’ jalan kearah konter tiket, Bayar @10.000 karena saya sudah print kertas discount (cek di website KTO) jadi cuma Bayar @8000 won. Setelah Bayar masuk menuju naik kapal Ferry, foto2 dulu, dikapal hanya sekitar 5 menit.

Turun lalu saya mengeksplor sendirian, sesekali minta fotoin ke orang, sempet mampir ke Musholla, letak nya sebelah kiri (Tanya ke orang2 berkerudung yang amat sangat bertebaran orang2 Malay!)

Pukul 3 siang saya cabut menuju Namdaemun, gak ke PETITE FRANCE & MORNING CALM, next time pasti Insya Allah. Nami island bagi penggemar drama Korea adalah tempat shooting drama WINTER SONATA. Keren sih.

Nami Island

Setelah naik kapal ferry kembali menuju tempat awal datang tadi, saya nunggu Bis di halte untuk ke stasion subway Gapyeong, tiba di stasion Gapyeong, cek map off line aplikasi Metro HD menuju stasion Hoehyeon (Namdaemun) – line 4. Exit 4 Namdaemun Market,
Sesampai nya saya menuju moneychanger, tuker 100$= 116.800 won.
Lalu beli buah strawberry @3000 won (enak banget –Beda dengan strawberry Indonesia)
Namdaemun seperti tanah abang, menjelang sore sudah banyak yang mau tutup, tanpa sengaja saya beli jaket hitam panjang mafia ‘2nd Calvin Klein’ @5000 won! Wow gak sampe 60K Rupiah, rezkiii di tempat kaki Lima –ajuma yang jual. Sayang gak beli dua - model lain, lieuur!

Lalu kesebrang ke Café Starbuck untuk beli titipan temen (tumbler starbuck) gak ada yang bagus. Lanjut Keliling lagi, cek nanya harga TAS sekitar 30.000 won (sekitar 350K Rupiah) males mending di Mangdu Jakarta dah hehe
Sempet ke toko kosmetik Missha beli lipstick dan lip liner = 11.000 won.
Lelah sudah saya menuju pulang ke hostel, sampe stasion Hongik ke exit 2, café starbuck gak ada lagi tumbler yang dimaksud, pulang ke hostel.
Tiba di kamar sudah ada seorang tamu baru, dari australia turunan Vietnam namanya Nu (baca: nyu) ramah langsung akrab, kelaperan lagi saya masak nasi, telor dan rendang lagi, sayang sambel Roa ku dibuang saya taro di atas kulkas bersamaan dengan Nasi ku! Sedih!
Kan saya amat sangat pemilih dalam hal makanan, restoran Indonesia aja belum tentu cucok apalagi makanan Korea yang gak yakin halal, aneh kan gw??!
Malam ke 2 penghuni kamar ber 3, yang seorang gak bersuara alias jutex, sipit dan pagi2 sudah lenyap-check out!

DAY 7
Jumat 18 Maret 2016
Suhu udara 8-10 derajat
Kebangun jam 9 pagi tidak sholat, sarapan hanya strawberry + Banana Milk, ada kabar (WA)  saudara hubby; tante Indah baru landing tiba di Seoul, wow senaang sekali, semoga dapat bertemu dan menyenangkan.
Lalu nyusun itinerary mau kemana rute hari ini, rencana hari ini adalah ke:
1.      Deoksugung palace , cara dari sta city hall exit 12 ( dua belas ) jalan lurus sejajar samping kiri, sayang saya datang telat pas sudah kelar pergantian upacara dan mau pake free hanbok ‘ booth’nya sedang makan siang tutup, posisi pas depan pintu tiket masuk kalo mau pake free hanbok-pakaian tradisonal Korea.
Bayar tiket masuk Deoksugung @1000 won.
2.      Bukchon Hanok Village, Cara: stasion Anguk –line 3 exit 2 jalan luruss –belok kanan nanjak.
3.      Myeongdong , cara : sta Myeongdong exit
Sempet masuk mall Migliore, sepi dan mahal2 ye! Lalu ke samping nya rameee dan berjejer kiri kanan toko2 kosmetik dll dll, sempet ke DAISO Myeongdong, beli oleh2 @1000 won (lip liner, alis, eye liner, bulmat dll) cek Etude, Tony Moli, Nature Republic, Face Shop, Innisfree dll, lieeurrr!!!
4.      Ewha University, sta Ewha exit
Ewha women shopping street, belanja ETUDE, bedak 15.500 won + Face Blur 15.000 + Cleansing Foam Collagen 4000 + Eye shadow glitter+ Shading stik 101; total 55.000 Tax Free jadi bayar 47.000 won.
Sempet beli kutex di Toni Moly @1000 won. Sayangnya gak nemu kuas makeup!

Deoksugung Palace

Bukchon Hanok Village
Jaket mafia CK beli di Namdaemun 5000won!

Bukchon

Ewha University -Woman Shopping street

Tiba dikamar pukul 4 an sore, istirahat mandi keramas dan masak rendang pengabisan, hikz bawa ¼ kg kuraaaang! Pelajaran! Kalo pergi jauh wajib beli bagasi dan bawa makanan segambrenk! apalagi di Korea makanan nya lebih mahal daripada Singapore dan Jepang.
Percuma kemaren beli bagasi PP karena mendadak,
sehingga banyak yang gak kebawa. Kupret!
Janjian dengan tante Indah & oom Ali di myeongdong, mau ke N tower sekalian, tadi nya mau janjian di Itaewon karena mau makan di restoran Indo. Tapi seperti nya ke N tower aja mumpung ada kawan nya.
Rute:
Pukul 7 malam janjian di sta Myeongdong exit 3, supaya sekalian ke Namsan tower.
5.N Tower
sta Myeongdong exit 3 lanjut naik bis No: 5 ke N tower, tau nya pas didepan mata ada free shuttle ke cable car N Tower, naik lah kita ber 3, tau nya ini kudu beli tiket cable car, akhir nya kita beli tiket yang 1 way perorang @6000, kirain naik cable car nya diisi 3-4 orang, selain antriiii ternyata berdiri berdesakan di Cable tsb.

Cable Car 1 way : 6000 won

Sesampai nya di N tower Wow kereeen, beruntung sekali kesini, awalnya saya hampir cansel, gembok cinta \ Lock Love dan pohon gembok warna warni bertebaran dimana2, so sweet!
Hubby mana hubby….
Setelah puas berfoto2, kami ber 3 ke arah halte bis, untuk balik ke stasion Myeongdong, Bayar bis pake T money di tap.

Lock Love
Gembok cinta dimana2, gembok warna warni

Ber3 Tante Indah & Oom Ali 'N Seoul Tower'

6.ITAEWON
Sesampai di stasion Myeongdong lanjut naik subway ke Itaewon exit 4 ( belok kiri ke belakang arah Mesjid) untuk makan malam, jam sudah menunjukan pukul 10 malam, saya rada ketar ketir secara saya bakal balik pulang ke hostel  sendirian, kalo tante dan suami kan penginapan sekitar Itaewon, enak mereka kan hehe subway hanya sampai pukul ½ 12 malam.

Stasion Myeongdong
Subway

Pada Kelaperan, sudah malam keliling2 gak ketemu jadi blank, kaki oom Ali kepayahan, hadeeh sulit sekali mencari lokasi restoran halal Indonesia, akhir nya terdampar di restoran Turki, restoran Pasha namanya nya, sharing 2 menu untuk ber 3=30.000 won, dan kurang nendang rasa nya, naseb perut \ selera ku yang sangat PEMILIH makanan hikz!
Pukul ½ 11 malam  saya pamit duluan karena jauh rute Itaewon ke stasion Hongik.
Tiba di kamar pukul 11 san malam. Ada tamu baru dari Indonesia, ngobrol sebentar.
lalu saya tidur.

Pukul ½ 1 dinihari datang 3 tamu baru, check in , salah satu dari Indonesia, saya pura2 tidur, dan dimulai lah penderitaan mencekam seninya menginap di tipe kamar dorm 8 bed!!!!
Si cewe indo ini bener2 gak beragama deh, karena orang ber etika pasti beragama, orang ber agama belum tentu ber etika, camkan!
Ia Check in telat pukul 1 pagi dinihari, langsung bongkar packingan, lemari dikuasai ( digembok) karena dia bakal 2-3 bulan dikamar dorm ini, bongkar kardus berdus2, ngobrol sana sini diajak ngobrol yang terbangun, fasih berbahasa inggris dan pede habis, dia sempet masak makan dinihari buta berisik banget! Kelar jam 2.45 subuh! Kirain sudah usai mencekam nya, dan pukul ½ 4 pagi dia lanjut nelpon di kasur nya sambil ketawa2 ngobrol, panci bekas dimasak juga gak pernah dicuci, rasa nya mau jutekin trus bilang, Hey I need to use that!!! OH MY GHOST!!!
Saya sangat terganggu untung ini malam ke 3 dan besok ke 4, Dua malam sebelum nya aman tentram sentosa, kapok! Yang bule dan lain nya pada sopan, gak ada yang protes, bule2 aja ngobrol bisik2, maklum Indonesia katro sih dia!!! Sekian.

DAY 8
Sabtu 19 maret 2016
Suhu udara 9 derajat
Pukul 11 siang saya keluar kamar, rute hari ini adalah:
1.      Gyeongboksugung Palace, Cara nya: sta Gwanghwamun exit 2 (sial GW baca di blog lain exit 5 jalan jauh! Padahal exit 5-kalo mau ke Cheonggyecheon stream – Canal Kali nya Seoul!) Bayar tiket masuk @3000 won. ini adalah salah 1 Lima istana utama di Seoul. lebih besar daripada Deoksugung Palace
2.      Gwanghwamun Square  foto2 di patung besar.
3.      Museum National Folk, posisi samping \ sebrang Istana Gyeongboksogung
4.      Namdaemun lagi, sta Hoehyeon exit 4.  (Namdaemun Market)
Mau beli oleh2 murah di gedung yang orange kaga ketemu, Mau makan juga lieur pilihan yang sreg, akhir nya beli strawberry @2000, lebih murah beli di Namdaemun. Siang hari lebih rame bin riweuh, saya gak beli apa2, akhir nya jalan kaki kearah Myeongdong. Untuk beli titipan make up temen.temen yang baik hati selama perjalanan travelling ini setiap malam setiap saat selalu beri semangat, love u jeunk. Alhamdulillah
       5  .Myeongdong. Toko Innisfree, saya beli facial wash green tea @10.000, temen titip beli bedak sebum @10.000 dan pelembab ( green tea balancing) @15.000.
Di Stasion Myeongdong (ditoko pojokan) nyaris beli tas kisaran 13.000 an won.
Letih dan laper, balik pulang tapi sempet beli roti dunkin donuts @1100 won, beli 2 buah, di stasion isi ulang T Money lagi. Total 55.000 won selama di Korea.
Keluar \ exit 1 saya ke kanan dulu \ gedung sebelah hotel ku beli sepatu flat flower@10.000 won.
Tiba di kamar pukul 4 sore.
Alhamdulillah sepi dikamar jadi bisa packing dengan nyaman, gak sabar nunggu besok check ouuuttttt! Asiiiikkk…..

Gyeongboksugung Palace

Gwanghwamun Sqr

Jam 8 malam temen yang lain yakni Eyanx ngabarin kalo dia kelar kerja mau ketemuan, asrama dia lumayan jauh dari seoul sekitar 2 jam kerja sebagai TKI, maka saya males kemana2 selain sekitar Hongik \ hostel saja, tapi saya penasaran mau makan restoran Indo di Itaewon, akhirnya janjian di exit 1 dan kita ber 2 menuju GASAN DIGITAL COMPLEX , food island di bawah Mall Mario, ke restoran Borobudur Indonesia, asiik akhir nya kesampean saya makan mie rebus, nasi goreng dan batagor, awal nya mie rebus nya enak ( sekitar 8000 won) tapi kok lama2 jadi eneg karena dicampur gulai ayam \ curry gitu, Nasgor nya juga superr zupeerr pedees! Baru sesendok dimakan jadi minta bungkus bawa ke hostel. Semua di traktir, Alhamdulillah.

Restoran Indonesia 'Borobudur'

Setelah itu kita menuju Hongdae, area hostel ku, di stasion sempet beli celana olah raga @5000 won, gak yakin muat, tau nya muaaat! Nyeseeel beli 1!
Pukul ½ 12 malam kita duduk di tepi jalan raya depan apartemen hostel ku, udara\ angin nya dingin, jadi saya gak betah, akhir nya kita pisah , Eyanx cari penginapan karena tanggung balik ke asrama jauh. Sayang kaos I love Jakarta untuk nya sudah saya berikan pada 'NU' temen kamar ku yang dari Ostrali.
Tiba di kamar ketemu 2-tamu baru dari Indonesia, kamar full 8 bed.
karena besok saya check out, Nasgor ayam, Strawberry dan nasi putih semua saya hibahkan ke mereka ber2! Enaak banget yaa…andai saja kemaren saya yang seperti ini…heuheu Alhamdulillah bermanfaat.

DAY 9
Minggu 20 Maret 2016
Suhu udara 10 derajat
Kebangun pukul 7 an pagi, mandi ah takut antri dan mau rada santai, pukul 9 pagi ke front desk mau pamit, gak ada.
Eyanx kabari dia mau ketemuan untuk kasih tau petunjuk jalur kereta ke airport.
Check out pukul 10 siang, saya nunggu 20-menit Eyanx belum tiba saya tinggalkan tapi akhirnya berpapasan. Enak nginep tinggal di kawasan Hongik ini ke airport mudah.
Ke airport naik AREX @3850 KRW (46K rupiah) perjalanan 55 menit, bayar pake TMoney, sisa Tmoney ku sekitar 6000 an (kelak harus – pasti kembali ke Korea!)
Tiba di airport pukul ½ 12-san siang. Lalu menuju ke atas Departure hall GATE- D (Air Asia).
Konter baru dibuka 2 jam sebelum nya yakni pukul 1, untung saya pas mau dibuka sudah posisi didepan, karena antrian nya dahsyat.
Sebab saya transit di KL, saya atur agar bawa TAS cabin juga.
Setelah check in kelar saya menuju café Starbuck beli titipan Tumbler temen,
lalu masuk ke Imigrasi.
Petuga imigrasi baik ramah, cuma yang reseh nya pemeriksaan body nya, ya sutra lah.
Setelah Imigrasi menuju gate 113 jauuuh harus naik kereta lagi, untung sudah prepare waktu.

Take off ke KL jam 4 sore, dapat kursi di jendela, karena menjelang malam saya usahakan tidur, tapi karena ‘M ‘jadi ribet deh! Kok perjalanan sudah 6-jam belum nyampe juga perasaan pergi nya 6 jam, ternyata 7 jam ye Seoul-K.Lumpur.
Tiba di K.Lumpur pukul 10 malam waktu KLumpur., hadeeh terdampar tak bahagia lagi di airport, beli pembalut di mini market @5MYR
Booking hostel Capsule lagi dari jam ½ 11 sampai jam ½ 5 pagi.

Kesimpulan tentang Korea versi saya untuk belanja makeup emang top nya dan ciri khas bau orang Korea saat di Subway seperti aroma kimchi gimana gitcuuu ! heuhue
Sekitar 9 hari di Korea Sudah dapat menilai bahwa tetep lebih enak dan suka Negara Jepang.
Ke Korea cukup sekali, karena baru sekali sendirian jadi sekali lagi Insya Allah sama hubby, amiin
makanan di Korea versi saya lebih mahal daripada di Jepang dan Singapore, cinta Jepang deuh!

Namun jika berkesempatan lagi datang ke Seoul saya mau shopping aja dan pas Cerry Blossom | Sakura Tgl 10-20 April dan ke :
1. Petite France & Morning Calm Garden.
2. Pake Free Hanbok-Pakaian Tradisional Korea.
3. Insadong
4. Seoraksan City Tour.
5. Jeju

DAY 10; K.LUMPUR - JKT
Senen 21 Maret 2016

Check out dari Capsule Hostel pukul 5 pagi, menuju restoran Ny.Color Sarapan laksa Penang @15RM, lalu ke Gate, and take off ke Jakarta pukul 7 pagi.
Alhamdulillah tiba di Jakartaku pukul 8 pagi.
Myhubby kesayangan sudah setia menjemput berasa seabad tak jumpa…
Hubby sudah bikinin sarapan untuk ku Mie Goreng andelan buatan nya yang lezatos untuk makan di Mobil.

Horrible binti creepy, mengerikan dan menyeramkan solo trip 10 hari tanpa hubby di tambah seminggu sebelumnya juga solo trip ke Yangon, gak tahan nahan kangen nya say...haha lebay!
Beliau izin masuk siang ke Kantor demi jemput seorang istrinya yang langka…
Alhamdulillah wabihi nastain, lancar semua Ya Allah
Persiapan lagi Insya Allah bulan depan ke Brunai.
Semoga slalu lancar, berkah dan ngerejekeni. Aamin.

Budget
-Tiket Jkt-Busan by AA = 2.622.000
-Tiket Seoul - Jkt = 1.117.000
-Bagasi Pulang + Makan PP = 1,450.000 --------------------------- Total Tiket = 5,3 Jt
-Hostel Transit PP di KLumpur-Capsule 6 jam = 80 RM X 2 = 160RM= 530.000------
------- TOTAL TIKET: 5, 8 Juta perak------ kalo by Garuda gak Capek transit, dapet Bagasi PP-hikz!-
-Hostel 2 malam di Busan=40.000 won=470.000 IDR
-Hostel di Seoul 4 malam = 79.200 won = 950.000 IDR
----------TOTAL HOSTEL 6 MALAM = 120.200 Won = 1, 4 an  Jt Rupiah  -----------------------------
-Kereta Busan-Seoul = 28.600 won = 343.200 Rupiah.
-Visa Korea = 560.000
-Subway \ Bis - TMoney 9 Hari = 55.000 won = 644.000 Rupiah
-Shopp ; Total 15 Milyard!