Sabtu, 05 Maret 2016

YANGON MYANMAR

YANGON – MYANMAR

Bulan September 2015  saya masih belum ada sama sekali planning travelling untuk tahun 2016, tapi karena gatel promo AA yang gak murah2 amet dan bokek, malah bikin nafsu ‘ketagihan’ travelling. Tetep hajar beli tiket! Justru saya kalo bokek bawaan nya ngayap mulu, kalo lagi ‘ada’ bawaan nya nabung haha
Fight for your travel dreams!!!

Jadi saya beli tiket AA untuk bulan februari ke Yangon seharga 900 ribuan, ternyata pas mau  beli tiket baliknya menjelang berangkat seharga 1,3 jutaan,total PP 2,3 jutaan,buseeet! Males banget seharga hampir tiket ke Jepang atau Korea kalo lagi promo ini mah,
hadeeh ragu2 beli-gak, berangkat-gak, untung ada rezki dari hubby
Dan bulan Oktober nanti ke KL trus November ke Singapore, entah akan lanjut kemana, berharap ke Australia dan Maroko Amiin
Karena seminggu lagi ini, saya memerlukan dana yang lumayan untuk travelling ke Korea,  sehingga rencana awal di Myanmar akan berkelana ke  Yangon , Bagan dan Mandalay, kandas! Jadi hanya satu Kota yaitu Yangon saja.
Sekedar Info, Kota Yangon ke Kota Bagan kalo naik pesawat seperti Jakarta-Jogja atau biasanya backpacker naik Bis malam sekitar 10 jam.
Travelling kali ini saya  bener2 sangat berkesan dan hampir nyaris sempurna bin lancar gak nyangka, pertama saat di Airport Soeta saya bertemu dengan nasabah bank Mega saat dulu saya bekerja sebagai customer service yaitu bertemu pak Porkas, beliau solo trip \ bisnis ke Laos dan akan transit di DM Bangkok 8 jam sedangkan saya transit 5 jam di airport DM tsb jadi ada temen transit , kedua adalah pertama kali saya menginap di kamar dormitory, saya pilih yang 2 bed, saya sekamar dengan cewe Brazil, Joice namanya, bahasa Inggris nya juga kurang Fasih malah rada bikin bingung karena ada logat Brazil nya heuheu tapi seruuu, keesokan hari dia cek out, dan  datang \ diganti sekamar dengan Helen dari Philippines jadi saya barengan trip - share cost taxi untuk ke beberapa destinasi dan terakhir saya juga ada temen share cost ke airport dari hostel ber sama dengan Alex dari Belgium, orang nya unik kami mengobrol sekitar 3 ,5 jam an  sejak dari taxi sampai waktu nya bording, berpisah, jadi cukup berkesan travelling ke Myanmar ini…

Myanmar atau Burma adalah negeri seribu pagoda dan identik dengan pengungsi Rohingya,  yang sekitar dua tahun belakangan cukup gempar heboh berita nya di Indonesia karena penduduk muslim rohingnya yang dibantai disana, nah lhooo
Kisah tentang Rohingya sepertinya mereka bukan penduduk asli Myanmar deh (?)
Tapi asli nya orang Myanmar amat sangat baik2, jujur- ramah –tulus, malah hampir gak ada scam.
‘Beti’ dengan masyarakat Jepang yang baik perangainya, beda sih keramahan antara masyarakat jepang dan Myanmar,  Sangat kontras dengan perangai masyarakat di negara Tiongkok, makanya saya mau belain untuk berangkat…
Intinya gak nyesel dan harus datang ke Myanmar someday ke Bagan, Mandalay dll.
Orang Myanmar sangat baik, saya hampir mendapatkan semua keramahan dan kebaikan dari mereka semua, walaupun mereka terbata2 dalam berbahasa Inggris. Nyaris tidak ada keinginan untuk menipu turis2. Saya kagum terhadap keramahan mereka.
Negara Indonesia cukup dikenal banget lho, saya sampe takjub dan surprise karena saya kira mereka tau nya Malaysia, malah mereka tau cara ucapkan Terima kasih, waah pokoknya saya sangat berkesan karena mereka sangat respeck pada turis Indonesia, Asia atau Bule, gak dibeda in, kan kalo di Thailand, Vietnam dll biang nya dibedain, kalo sama Bule aja deh hormat..uh.๐Ÿ‘Ž

Yangon dulu adalah bekas Ibu Kota Myanmar sekarang sudah pindah
(Kapan Ibukota Jakarta Indonesia nya bisa pindah ya?)
Bulan Maret adalah musim mau kemarau | panas (hanya memiliki 2 musim panas dan hujan)
Dan penduduk nya kebanyakan dari Burma-Tibet yang beragama Budha.
Ciri khas orang Myanmar suka menggunakan masker | bedak dingin yang di tempel di pipi bukan seluruh wajah, sehari2 nya kemana2 baik saat di rumah atau ke Kantor juga kebiasaan mengunyah sirih, terlihat di jalanan trotoar berwarna merah2 akibat ludah sirih tsb
Di Yangon juga tidak ada motor tapi saat waktu tertentu juga maceeet, malah macet dimana-mana kaya Jakarta, jadi biang macet bukan motor ya ternyata!
setir mobil ada beberapa yang beda dengan di Indonesia disini ada juga yang di sebelah kanan.
Internet di Yangon rada lemot! daripada gak ada yah.

Diantara 10 negara Asean adalah Myanmar yang paling berkesan, Beda jauh dengan Vietnam (HCMC) sibiang Scam apalagi Tiongkok jauh dari ramah tamah.
Lain padang lain belalang…๐Ÿ™

Horee 90% saya sudah menjelajahi ASEAN, kecuali Laos, Insya Allah Bulan depan ke Brunai. Diluar itu (ASEAN: Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Cambodja, Myanmar, Filipina, Brunai, Laos) Hongkong, Macau, Tiongkok dan Jepang sudah pula.
Seminggu lagi Insya Allah ke Korea.

Enak yaaah belum ‘berbuntut’ belum punya anak, jangan lihat atau Fokus pada kekurangan atau yang belum ada – harus pandai bersyukur, sebab orang lain senang melihat kekurangan kita.   *Nikmat mana lagi yang kamu dustakan?!

Saya melakukan traveling ini bukan untuk sekedar jalan2 atau bahkan gegayaan, tapi ingin melihat dunia luar, mencari teman baru, melatih kemampuan berbahasa dan mengagungi kekuasaan-Nya serta keluar dari rutinitas zona nyaman saya.

Selasa 1 Maret 2016

Pukul 4 subuh saya di anter hubby ke airport, sesampai pulul ½ 5 an pagi segera menunaikan sholat subuh dan ke Gate, take off pukul 6 pagi,  wow pas antri mau naik bis ke pesawat saya berpapasan dengan Pak Porkas yang dulu nasabah saat saya  bekerja di Bank Mega, beliau solo trip bisnis ke Laos, sama2 akan transit lama di airport Don Mueang, senaaang nya ada teman tapi kalo gak juga gapapa karena mungkin terdampar bahagia, rencana saya mau eksplor makan tom yam dan shopping window di duty free dan baca buku yang saya bawa,
ternyata boro2 bisa di baca buku yang saya bawa sama sekali gak kepake!
tapi seat saya berbeda untung nya di window sebab perjalanan Jakarta – Bangkok selama 3 jam an, jadi sempet tertidur.
Tiba di airport DM Bangkok pukul ½ 11 san, bareng dengan pak Porkas yang fankeeh saya mencari foodhall di lt atas, cari2 tomyam gak ada akhir nya kearah Terminal 2 makan di cafรฉ yang ada menu MEAL BOX cuma @100 baht  + air mineral 30 baht, sempet beli Roti disamping cafรฉ ini croissant @90 baht, lanjut kami ke atas baru ketemu restoran Tom Yom nya, makan lagi seporsi @150 baht, oya segala-gala yang dibeli itu, tidak habis dimakan oleh saya , alias sisa dan saya gak suka rasa tom yam nya, beda dengan di MBK Restoran Yana hikz! Tapi semua di traktir siiih heuheu  ini baru namanya terdampar bahagia!
Transit di Don Mueang Bangkok Airport

Jam 2 siang saya berpisah dan masuk imigrasi, tiket AA yang sudah web check in gak perlu ke konter lagi, lalu ke duty free beli Facial wash-BodyShop @395 Baht, sisa uang transit yang gak kepake makan karena semua di traktir Alhamdulillah
Di gate 1-6 ada  toko halal samping Diary Queen, nunggu di Gate rada boring karena full dan delay 40 menit, harus take off jam 4.20 jadi jam 5 sore.
Perjalanan Bangkok – Yangon sekitra sejam an.
Alhamdulillah seat di window lagi. Karena sudah kenyang jadi orderan  dipesawat makanan nasi lemak gak saya makan, untuk bekel makan malam saja ntar di kamar hostel.
Tiba di aiport Yangon pukul ½ 6 an, perbedaan waktu dengan Jakarta 30 menit. Jakarta dan Bangkok sama waktu \ jam nya.
Sehabis Imigrasi yang kebetulan rada reseh!๐Ÿ˜•
Saya langsung menuju moneychanger, masih area Imigrasi \ Belum keluar, nuker dollar ke kyat mata uang Burma (kyats baca: caks) mata uang Burma bisa menggunakan dollar dan kyat.
Karena  kurs dollar warbiyasah versus rupiah , rugi kalo pake dollar transaksi  di Myanmar,
mending chaat eh kyat!
Tuker 100$ = 122.800 kyat
1$ = 122   MMK | Kyat
1$ = 13.425 Rupiah
Lalu keluar , pas pintu keluar samping kiri ada ‘booth’ TAXI GATE, saya daftar taxi untuk ke Hostel biaya 8000 kyat, perjalanan sore hari macet paraaah , sejam an lebih saya baru sampe hostel, jadi letih karena macet dan imigrasi tadi rada jutek – gak welcome bikin keder sama uang kyat yang mana yang 100,1000 dan 10.000, trus driver taxi minta tip. Wuaaaah langsung kesan pertama saya tentang Yangon Myanmar ngeselin! Gak suka!!!

Check in pukul 7 an malam, hostel BB-BACKPACKERS dikawasan seperti di glodok Jakarta jadi gedung bertingkat ruko2 gitu tapi kumuh bangunan tua yang gak di cat, pas masuk ke Hostel naik tangga sekali dulu baru dilanjut lift, saya ke recepsionis, disambut hangat, ramah dan di beri minuman juice dingin suegerrr nyaaa…Alhamdulillah.
Walo tampak dari Luar seperti ruko biasa didalam cukup bersih, rekomen hostel ini murah dan bersih.
Langsung Bayar 3 malam 36$, saya udah perkirakan meraka pasti lebih suka dollar daripada saya beri mata uang kyat. Yaeyalaah!

First time experience of living in a bunk bed \ dorm bed on travelling alone. rada jiper.
Saat masuk kamar , basa basi dulu sama Joice from Brazil. Saya segera mandi dan keramas si Joice keluar makan malam, saya juga makan malam dikasur dengan nasi lemak Nasser Airasia, waduuuh enak tiada terkiraaaa..ada telor,teri kacang dan rendang.
Kenikmatan lahir bathin tiada tara bukan adegan fatamorgana (ala2 syahroni) haha
Karena posisi kasur saya diatas, mumpung Joice belum datang saya segera sholat jamak di samping kasur nya.
Sebelum tidur dan berwifi an saya ambil drinking water-dispenser di samping recepsionis.

Review Hostel
Kamar 2bed female, jadi sekamar ber2 tapi dihitung perkepala, Semalam @12$ (161.000 perak)
Dapat sarapan yang tersedia pukul 7 pagi,
Kamar bersih, toilet didalam terpisah antara shower dan toilet, ada curtain \ tirai yang bikin lebih private, TV,AC, Free Wifi, dapat handuk tiap hari diganti,kualitas handuk ( yang besar dan kecil ) seperti hostel berbintang, stop kontak dan lampu baca di samping kasur, jenis stop kontak  dapat digunakan untuk Jenis stop kontak \ adaptor  dengan Indoneia, namun saya sudah bawa persiapan  colokan listrik all in internasional , beli di toko online ‘tokopedia’ harga nya 37K juga beli timbangan koper digital cuma 60K IDR, Kompas Kiblat 24K IDR, akhir2 ini seneng belanja di toko online banyak pilihan

Backpacker Hostel Yangon #306

Rabu 2 Maret 2016 :
( SULE PAGODA+GARDEN MAHABOONDALA –CITY HALL+  SHWEDAGON + BOGYOKE + CHINA TOWN)

Agak nyantai, Joice masih ngorok, jam 8 pagi saya mandi dan ke bawah untuk sarapan, bule dimana2, saya pilih roti dan dadar telor, tapi kok mentah, salah pilih. tapi gapapa. Sempet nongkrong di lobby kecil deket recepsionis sambil liat papan dinding berbagai info.
Setelahnya wifi an dulu jam 10 pagi baru keluar kamar, menuju Sule Pagoda, dari hostel belok kanan sejajar lurus aja, nanti belok kanan, sebelum nya saya sudah minta ke recepsionis tulisan keriting Myanmar ke berbagai destinasi tujuan. Jadi sembari jalan bertanya,slalu saya liatin tulisan kriting tsb, jarang salah paham. Sampai di Sule pagoda bayar 4000 kyat, gak mau beli plastic untuk sepatu karena saya bawa kantong sendiri.
Cerita Joice disini dia dipalak suruh beli sarung, bayar guide dll
Nyeker gak pake sandal sepatu, kotor berdebu dan panas terik, sendirian jadi kaga betah.
Cuma ½ jam saya keluar lalu menuju Garden Mahaboondala tinggal nyebrang aje!
Ada juga white house yakni city hall. Tapi hanya fot02 aja sih, panas terik euy.

SULE PAGODA
City Hall
Taman Mahaboondola

Saya mendatangi mesjid Bangale sunni jameh deket sule pagoda, ternyata gak ada, gak bisa sholat untuk women disini, padahal saya selain ingin numpang sholat juga mendrop | sedekah 3 mungkena baru dan kaos I Jakarta, gak beli bagasi jadi bawa seadanya semoga berguna aamin๐Ÿ™
Terpaksa saya bawa kembali dan segera saya naik Bis (Metromini Putih non AC ) ke Shwedagon Pagoda, bayar 100 kyat aje, murah bangetttt, sekitar 1500 perak rupiah lhooo. ( Naik Bis ke Shwedagon dari Sule, terminal \ pangkalan bis nya deket dari Sule )
Nanya2 disuruh naik taxi males lah.  Turun dari Bis nyebrang belok kiri – luruuus  jalan kaki, lalu naik tangga keatas, wow gempoor, untung pas naik tangga didalam gedung jadi gak panas.
Saya lihat Perempuan di Myanmar kebanyakan menggunakan Thanaka di pipi (semacam bedak dingin) dimana2 dan kemana2, ke Kantor juga pakai itu.
Ngaso di Shwedagon Pagoda
Shwedagon Pagoda-Tiket 8000kyat

sepanjang naik keatas menuju Shwedagon Pagoda pake tangga, banyak kiri-kanan berjejer  jual souvenir, sempet beli magnet kulkas @2000 kyat, mahal! Mending di airport harga sama.
Tiba di atas bayar 8000 kyat, ada money changer disini.
Shwedagon lebih bagus dari Sule menuru saya lho dan lebih luas dan besar. Panas nya bener2 males, telapak kaki ku gak kuat lewatin ubin panas tsb, ngaso duduk aja sambil ber wifian, karena ada free wifi di Shwedagon!
Mau lanjut ke Kandawgyi Lake atau danau nya, udah keburu males, lagian saya sempet liat dari jauh saat  naik Taxi pas pulang biasa aja danaunya,
akhir nya keluar naik taxi ke hostel bayar 2500 kyat. Ebuset naik bis cuma 100, tapi gak tau letak bis baliknya ๐Ÿ˜•
Sampe hostel jam ½ 2 an siang, Joice sudah bangun. Dia nanya kemana aja rute aku hari ini, langsung juga saya  nawarin bareng donk yuk kalo mau ke Chaukh Tatgyi alias Big budha Sleeping dan Botahtaung, awal nya dia mau dan setuju besok sore barengan. Tau nya dia besok pagi Check out nya.
Lalu dia keluar kamar untuk makan siang, saya sholat jamak sambil istirahat sebentar.
Kaget sekitar jam 3 sore ada cowo bule masuk kamar nyelonong aje mau mandi di toilet kita๐Ÿ˜ฑ waah eike langsung larang, salah kamar atau ngigo kali tuh bule, salah eike juga, kenape kaga dikunci pintu kamar, habis dapat kamar nya mojok ni, berasa aman …tau nya..
Pas Joice pulang saya ceritain, karena sudah jam 5 sore saya laper banget belum makan selain sarapan, pop mie dan sambel roa sama sekali belum kemakan ni,. akhir nya Joice mau gabung nemenin, saya bilang mau ke Bogyoke ( baca Bojiok) market, karena deket situ ada musholla dan makanan halal.
Bogyoke Market

Menuju Bogyoke dari Hostel, biasa ke kanan lalu luruuuus – mentok udah sampe,
Ternyata hari rabu TUTUP saudara2, ya sutra besok datang sendiri udah tau ini.
Lanjut kita ber2 cari musholla untuk drop sedekah mungkena ternyata gak bisa – gak ada untuk perempuan, ya sutra titip aja bilang dari Indonesia dan kaos I Love Jakarta saya beri untuk Joice, waah happy banget dia, syukurlah.๐Ÿ˜
Lalu kita cari makan malam, masuk ke restoran gak yakin halal atau gak nya, tapi sudah wanti2 ke mba2 pegawai nya, saya Nasi Goreng No Pork, awas lhoo kalo salah ๐Ÿ˜ณ minyak juga gak! Karena salah satu pelayan bisa bahasa melayu, kan kebanyakan warga Myanmar dulu kerja sebagai Tenaga Keja di Malaysia, semenjak Negara Myanmar membangun besar2 an mereka pada pulang kampong, jadi banyak juga yang tau bahasa melayu, tapi untung Indonesia ngetop juga, Senangnyaaa.๐Ÿ’ƒ
Makan malam b2 Joice From Brazil di Rest Myanmar
Lanjut keliling ke China town menyusuri pasar malam yang ruamee banget dah. Saat mau pulang sempet  nyasar dikit di depan Temple - Bigben nya Yangon (?)
Temple di keramain Night Market China Town

Jalan kaki dari  jam 5 sore sampe jam 8 malam sampe kamar, saya langsung mandi dan istirahat , wifi dan tidur.
Sempat Joice kasih liat kaos pemberian ku muat dan cocok, seneng juga saya melihat nya ๐Ÿ˜Besok pagi jam 6 pagi dia Check out menuju Bangkok dan keliling ke Vietnam dll katanya.
Thanks Joice ( baca: Joyisi) nice to meet you.

Kesan saya tentang Joice: Nice, PD, Jago baca Map, ngomong trus dan semangat ngomongnya, tapi beberapa kali saya kedapatan dia gak siram flush toilet setelah buang airkecil dan jarang mandi hehe๐Ÿ˜

Kamis 3 Maret 2016 ( BOGYOKE + CHAUKH TATGYI + BOTAHTAUNG )

Sempet say goodbye dengan Joice, saya akhirnya bangun untuk sholat subuh dan pindah posisi kasur, biar gampang kalo mau sholat, tapi sebelumnya saya sarapan dan minta kamar dibersihin karena saya mau change kasur ke bawah. Menu sarapan yang saya pilih hari ini adalah Nasi Goreng walo rada hambar tapi lumayan enak dan ludes.Alhamdulillah
Setelah sarapan, ternyata kamar belum di bersihin, saya duduk di lobby kecil deket recepsionis, datang seorang Ibu2 Spain | Barcelona, namanya Susana, basi – basi sebentar, bahasa inggris nya juga kurang fasih jadi kaku pembicaraan kita, Tak ape lah itu…
Setelah kamar siap saya masuk dan istirahat, jam 12 san datang Helen dari Philiipines temen kamar saya selanjutnya. Waaah enak yaaa nginep di dorm, kesan pertama kali nginep di tipe KAMAR DORM / ASRAMA tapi kata Joice enak kalo nginep di Dorm max 2-4 orang aja. Jangan kebanyakan orang, Iya sih…
Saya nawarin Helen share cost naik Taxi ke Chauk tatgyi Pagoda & Botahtaung Pagoda, dia setuju, dia mau makan siang keluar saya tawarin popmie yang saya bawa 3 buah, yang belum sama sekali saya makan, jadi saya hibahkan semua.
Oya harga air mineral kalo di Minimarket 1.350 kyat tapi Helen beli dikaki lima 4000 kyat, beli shampo dan odol juga di Mini market Yangon murah. asal jangan di semi minimarket, kemaren beli odol di warung / semi minimarket 500 pas iseng cek di Minimarket beneran cuma 350kyat.
jadi jam 2 kami keluar kamar dan pergi, tapi sebelumnya saya sholat jamak dulu.
Tujuan awal saya dan Helen hari ini kembali ke Bogyoke Market, karena kemaren tutup. Dari hostel kanan-lurus mentok-ke kiri untuk naik tangga penyebrangan. Saya turun menuju ke bawah, beli magnet kulkas yang @1000 kyat dan pajangan piring meja @5000 kyat.
Berhubung satu minggu lagi ke Korea gak kepengen jajan-jajan cantik di Yangon sini.ngiriiit buat mingdep!

Setelah itu saya nawar Taxi ke Chaukhtatgyi, setelah nego kalo rute ke
BOGYOKE + CHAUKHTATGYI+BOTAHTAUNG+BOGYOKE = 15.000 Kyat. Share cost ber 2 Helen.
Harga disini slalu gak bisa ditawar habis karena emang kebiasaan kebanyakan orang Myanmar gak curang , ada 1-2 orang mungkin tapi keseluruhan emang baik.
Big Budha Sleeping
wow besar telapak kaki Budha
Posisi Belakang Budha
Chaukhtatgyi Pagoda

Sampai di Chaukhtatgyi alias Big Budha Sleeping, saya ngeh emang kaga bisa pake Transportasi umum lah, bayar tiket masuk nya seikhlas nya alias Donasi, hanya 15 menit disini lanjut ke Botahtaung, setelah pemeriksaan tas masuk ke ruangan bayar 4000 kyat, dan duduk di foto nanti diprint ada foto nya dan untuk kita, saya supsrise ditanya oleh cowo yang fotoin, where are you from?  saya bilang dari Indonesia langsung dia bilang; TERIMA KASIH! ๐Ÿ˜
waah reflek sok imut saya bilang sama2…cute!
Ada beberapa pengemis,saya sedekah sekedar nya ( maafkeun๐Ÿ™)
Botahtaung-semua ruangan dinding dan langit2 di lapisi emas
Ruangan yang banyak lemparin duit2..
Botahtaung - ber 2 Helen from Philippines

Botahtaung Pagoda, temple yang dinding dan langit2 terbuat dari lapisan emas dan ditutupi kaca transparan, ada ruang patung Budha yang penuh dengan uang asli ( yang dilempari pengunjung).

Setelah didrop di Bogyoke lagi kami ber 2 nyebrang kembali, untuk cari makan halal di sekitaran musholla, sempet nanya2 dimana food halal, akhir nya ketemu, kawasan nya emang gak bersih dan rapih, akhir nya saya pilih Rest PENANG, saya pilih menu Mie Goreng & cah Kangkung total 4400 kyat, minuman slalu free di Myamnar. Dan kembali ke hostel pukul 6 sore.
Kami ber 2 gak keluar kamar sama sekali hingga keesokan hari nya, laah si Helen kenapa gak muter2 sendiri ke China Town, secara lusa juga dia balik, tulisan Myanmar (Itinerary ku)  tujuan destinasi milik saya, saya hibahkan untuk dia supaya bisa lanjut ke Sule,Shwedagon dll.

Jumat 4 Maret 2016

Saya mandi,sholat dan packing, jam 7.30 setelah Helen mandi dan rapih juga kita ber 2 sarapan di bawah, lalu saya ajarin Helen untuk ke lObby kecil deket recepsionis, staff bilang saya ada temen share cost ke Airport, wah lumayan 8000 kyat dibagi 2 ๐Ÿ’ƒ
Jam ½ 8 pagi Say goodbye dengan Helen.
Kesan saya tentang Helen From Philiipines: Jangkung, baik, ayu lembut, ngomong nya lembut beda dengan Joice, tinggi langsing rambut panjang, makan minumnya pelan teratur kaya wong solo, bedaa dengan akoh! Grook grook kalo minum dari botol kata myhubby bunyi malu2 in haha makan juga gitu..peace ๐Ÿ™๐Ÿ˜
Duak kali kenal ceweq Philippines dapat saya katakan orang nya Ogi atau Calep!

Sempet ngasih Kacang Garuda ke mba2 recepsionis, jam ½ 8 pagi saya sudah ditunggu Alex from Belgium, perjalanan macet parah, sudah saya duga, sejam an lebih saya di Mobil ngobrol dengan Alex, sampe di airport saya ke Money Changer, nuker sisa Kyat saya 60.000 kyat = 48$ untung ada 2$ jadi sama mba Money Changer Ngasih 50$ lumayan buat nambahin ke Korea nanti, Alhamdulillah.
Di Taxi menuju Airport with Alex From Belgia

Saya Check in di Jetstar, Alex Check in sejajar dengan ku di Thai Airways, sama2 take off jam 11.45. jadi selama 3,5 jam kita ngoborl, sempat ngopi di cafรฉ , saya ditraktir ‘Pure Water ‘
Dia pesen  Juice Melon.
Alex sempet beli souvenir magnet @1000 kyat, kan sama aja harga di Bogyoke Market. Magnet ada yang 1000 kyat , 2000 kyat.
Jadi kalo kurang bisa beli lagi di airport ya saudara2!
Jam 11 siang kami say goodbye, saya gate 4-dia gate 5.
Kesan saya tentang Alex: unik,baiik, dia kerja di Banking ( Private Banking), seneng Meditasi, tujuan dia ke Myanmar juga Meditasi, gak beragama, nice, sopan , pernah ke Indonesia 6 tahun yang lalu, rencana tahun depan mau datang lagi.

Imigrasi Yangon ketat seperti Changi Singapore, hanya Jakarta menurut saya yang asik.
Maskapai Jetstar dari Yangon ke Jakarta akan transit dulu 2,5 jam di Singapore homebase nya maskapai tsb, dan lama perjalanan Yangon-Singapore 3 jam an, lumayan laper bo gak dapat makan ( harga air mineral 4$Sing) dan Bagasi Cabin Jetstar ketat banget TOTAL 7 kg, mampos!
Info kalo AirAsia: 1 tas tangan + 1 tas cabin max 7 kg.
Sengaja gak mampir | transit terlalu lama di Spore atau menginap semalam sebab kurs $Sing lumejen dan mau ke Korea seminggu lagi ni kalo gak, boljug juga tuh…

Tiba di Changi pukul ½ 5 sore saya langsung menuju check in ke Konter Jetstar, gak keluar Imigrasi, depan Informasi, letak Konter Transit Jetstar, baiikk banget mba staff nya, bisa bahasa melayu dan nawarin dimana mau seat saya, window atau row, saya pilih row supaya gampang keluar nya, eeh dikasih No.5 yang agak didepan, jarang2 saya dapat didepan. Alhamdulillah.
Kembali terdampar bahagia di airport Changi walo Cuma 2,5 jam saja.
Setelah cek in saya menuju Prayer Room, bagus banget, sayang dingin jadi saya milih istirahat \ duduk ber wifian pas bangku2 depan Texas.
Jam 6 an saya menuju Gate, masuk ke ruang Gate pemeriksaan super zuper ketat! BT.
Enaknya  tiap Gate ada Drinking water. Tadi saya ambil diluar Gate pas masuk Gate kudu di Minum \ Buang.
Take off,on schedule, gak sabar mau langsung bezuk Nenek tercinta yang diopname,
Takut deh kalo lagi travelling orang2 yang aku cintai sakit atau terjadi apa2, bagi kyu Nenek nya Hubby juga orang terpenting dalam Hidup ku, jadi eike sedih liat group Whats App nenek Opname. Hubby, Mom inlaw, Abangkyu, Nenek, Etek dan Aciek adalah sisa orang terpenting dalam hidup ku hehe ๐Ÿ˜˜

My Idol

5.3.16
Our Grandma
Nenek Orang Hebat, sangat berETIKA, perhatian-baik pada semua orang, Cantik-Modis, suka travelling, Beragama Baik & berumur Panjang (94) JARANG ( Capslock Jebol! ) Orang seperti Nenek! Langka! aku sangat kagum, my Idol, ingin seperti Nenek dahsyat Hebat nya๐Ÿ™๐Ÿ˜˜
Malam sabtu my hubby sudah menjemput di restoran AW – T2
Langsung makan malam AW di mobil dan menuju ke Rs Bintaro (Inget Almh Mamaku dirawat disini) masih sering inget, mimpi, kangen - nangis almh Mama kuuuuu
Sejam an saya dan hubby di RS, hubby besok lembur jadi kepayahan sekali,
Tiba di rumah jam ½ 12 san malam.
Alhamdulillah wabihi nastain, lancar semua Ya Allah ๐Ÿ™
Persiapan lagi Insya Allah seminggu lagi Insya Allah ke Korea, buseett!