Rabu, 23 Maret 2016

BUSAN - SEOUL KOREA

BUSAN – SEOUL KOREA DI MUSIM SEMI
12-21 Maret 2016

Manusia berencana Tuhan yang menentukan, akibat jeda waktu seminggu sepulang travelling dari Myanmar lanjut setiap hari bezuk nenek hubby di RS, beberapa jam sebelum saya take off ke Korea, terkapar lah alias  badan saya meriang, mulut pahit, pegel2,lemes, demam panas, sempet buang air 2x. Jadi teringat mimpi beberapa hari lalu almh Mama Ku bilang bahwa saya ke Korea hati2 sakit trus saya tetep keukeuh harus pergi….hhmmmm.

Hubby nyekokin madu, vitamin dan neozep. Saya sudah pasrah minta cansel aja mungkin bisa refund kalo sakit, tapi pikiran suamiku Beda lagi, dia trus beri support semangat dan malah beliin bagasi pergi yang awal nya saya males banget beli bagasi pergi yang 515.000 itu. Karena badan lemes saya gak kuat gerek2 koper, hubby terus beri semangat, katanya mana saya yang mandiri dan jagoan itu bla bla… sambil dibantu packing ulang saya hanya diam terduduk.
Nekad banget ya! Ke Korea bawa penyakit.
Hubby tau banget, udah kenal banget kalo gw bakal sembuh jika pikiran gw refleksing travelling huahaha..benerrr…
I'm living my dreams, iam happy. jadi karena bahagia ,sehat Alhamdulillah.

Alhamdulillah wasyukurillah ya Allah, akhir nya impian ke Jepang dan Korea terwujud, walau tabungan pas-pasan, ke Jepang pada tahun 2014, Shanghai tahun 2015 dan Korea tahun 2016, semoga selanjut nya ke Aussie, Maroko , Turki atau Yurop untuk ngerasain salju seminggu aja, karena katanya salju itu hanya enak di lihat kalo di rasain dan alami kagaaaa!
Semoga pasti kesampean juga, aamiin

Working makes you Money but travel makes you Rich!
Do not Tell me how much educated you are, but tell me how much you travelled!

Solo trip 10 hari tanpa hubby agak mengerikan juga sih,
JARANG ( CAPSLOK Jebol) pisah sampe 10 hari selama 13 tahun nikah heuheu lebay!
Tapi memang teman ngetrip itu enaknya dengan teman hidup kalo ada hal yang bikin ribut kalo dengan suami tetep bisa baikan lagi. Tapi kalo sama temen belum tentu.
Saya bukan orang yang introvert atau tertutup bin kalem, tapi kadang suka menikmati waktu sendirian. Banyak yang anehin atau kagum kali yah liat gue SoloTrip!

Cerita mengenai Korea ini takut keburu lupa karena banyak bangeet foto dan catatan selama 10 hari kalo ‘menunda’ nulis di blog pasti bakal lupa, maklum usia sudah rimbun!

Sebenernya tiket ke Korea saya untuk bulan April, namun Airasia mereshedule ‘diam-diam’ tanpa sepengetahuan saya,sampa akhir nya saya’ngeh’ pas dikirim2 email tentang tawaran upgrade seat trus, baru ‘ngeh’ perubahan jam pulang nya harus nya jam 17.00 menjadi jam 10.20 pagi, tentu saja saya keberatan dan ingin Reroute, tapi tidak bisa! Opsi nya hanya ada refund uang Akan kembali 1 bulanan, akhir nya mengajukan credit shell, dengan cara telpon berulang2 ke call centre, kirim email dan confirm kembali ke call centre bla bla
Apes nya naik Airasia itu mahal banget jatoh nya dibanding Garuda, pake transit segala lagi hadeeh, Garuda PP 5 juta gak pake Capek transit, makan dan bagasi PP worth it lah, bagasi muahall bangettt! ini jatohnya PP  5,8  juta pake transit dan spare money hostel transit lagi, hadeeeh….
Iri deh Sama yang sering dapat tiket murah di Group BD, ya sutra emang dimampukan oleh Tuhan hikmah nya senang sekali lebih cepat sebulan dari jadwal tahun lalu yang direncanakan bulan April ke Korea, Alhamdulillah.
Rute saya ke Korea cuman ke 2 Kota saja yaitu Busan dan Seoul, tidak sempat ke Kota Jeju dan Mt.Sorak. Insya Allah Akan datang kembali dengan hubby, aamin.

Di Stasiun Subway Korea (Busan dan Seoul jarang sekali escalator atau tangga nyaaaaaaa jahanam banyak banget, Beda deh dengan Singapore dan KL, sungguh payah dibuatnya.sadis!
Scam di Korea, hati2 beli tiket subway \ MRT di Sevel, karena pernah kejadian orang diberi jenis tiket untuk anak2 yang ada pas tiket di ‘tap’ mau keluar stasion bunyi sehingga disamperin security kena denda 41.000 alias kurleb 500 ribu perak lebih!!! Mending beli di stasionnya langsung dan scam lainnya awas copet disekitar stasion Seoul, tapi saya gak pernah liat copet.

Setelah kapok waktu musim semi di Shanghai dulu dengan suhu udara 2 derajat, ternyata musim semi di Korea berkisar 8-10 derajat juga. Tapi tabiat dan perangai orang China dan Korea sangat jauh berbedaaa, sangat kontras dan saya terkesima, sebab saya ‘Jilbab Traveller’ agak ketar ketir😐

SYARAT VISA KOREA:
-Biaya 560.000
-Passport + Ft Kopi isi seluruh Passport + Ft kopi visa China & Jepang Passport Lama
-Ktp + KK + Akte Nikah + AKte Lahir + NPWP + Ijasah S1
-Surat kerja | Izin suami + Kartu BPJS + PBB
-Saldo Tabungan 3 bulan aktif min 15-20 Juta
-Tagihan 3 bln Kartu Kredit
-Isi Form Aplikasi + Pas Foto 4X6: 1 lbr
-TIDAK PERLU PAKAI BUKTI BOOKING TIKET & HOTEL!

Menuju Kedubes Korea;
Berangkat bareng hubby lalu Jam 8 nan pagi dari Blokm naik Gojek ke RS medistra Gatsub –Kuningan (Kedutaan Korea samping RS Medistra)-ambil no antrian- (isi form aplikasi) - tunggu panggilan-bayar 560 ribu-Selesai.
Pulang – tunggu 4 hari kerja untuk kembali ambil Passport \ visa.
*Gak ringkes syarat nya dan gak sehari jadi, juga gak free! ( mengajukan visa tgl 09 feb 2016)
Awal bulan februari kabar nya Visa akan bebas- free atau di permudah syarat nya dan sehari jadi, kan lumayan biaya visa berikut ongkos 600 ribu an itu  bisa buat bayar transportasi kereta antar kota Busan ke Seoul andai Free! Huh.
Padahal Negara kaya kok ya masih ‘celamitan’ Sama wisatawan | rakyat Indonesia, Indonesia aja free in buat mereka. Lebih heran nya lagi tahun2 lalu Kedutaan Korea ini semena2 sering nolak Visa Wisatawan Indonesia yang diajukan padahal sudah Bayar alias hangus, mending Kedutaan China sih Gak Bayar dulu jadi kalo ditolak gak terlalu gondok, sekian!

BAHASA KOREA
Thks = kamsahamnida
Hallo= Anyeong
Nawar belanja= kakka juseyo
Daging babi = = Teji Gogi Dwaeji (silangkan tangan; X katakan; teji gogi dwaeji)
Chicken: cikin
Manggil mba2: unni
Manggil mas2: oppa

Makanan Korea
-DAkgalby = Ayam panggang atau ayam di campur sayuran
-OPPODAK = Ayam panggang
-Bulgogi= Sapi tumis pake kuah kaldu
-Samgyetang =Ginseng Chiken Sup
-Bibimbap = Nasi campur tumis daging plus telor mentah
-Sundubu Jigae= Sup bening tahu & seafood pedes gurih
-Tteokbokki \ Topokki= Tepung beras bentuk lontong kecil.

DAY 1 , JKT – K.LUMPUR
Sabtu 12 Maret 2016
Pukul 4 sore saya di drop hubby ke T3-airport, mampir ke Bakmi GM, hubby nyekokin nasi capcay GM, saya tak selera.
Take off ke K.Lumpur jam 7-malam delay20 menit.
Malam minggu di pesawat sepiiiii saya sampe pindah kursi ke belakang yang kosong dan ngelonjor –tiduran karena sakit -lemes.
Sempet minta obat pusing ke Pramugara dan diberi Panadol gak saya makan sebab tadi sudah makan paracetamol dan amoxilin anti biotik, tipe saya anti makan obat kalo gak kefefet!

Tiba di KL Jam 10 malam, karena baru keesokan pagi saya take off ke Busan Korea, maka saya memboking hostel diarea airport KLIA2  lantai dasar setelah Imigrasi,
yaitu Hostel Capsule selama 6 jam,
Jam 24-sampai jam 6 pagi seharga 80RM. Laku keras lho hostel transit di area KLIA2 ini.
Keluar Imigrasi saya menuju restoran Ny.Color makan malam Nasi lemak! Tapi Sama sekali gak kemakan, mulut pahit, pusing, badan panas dan lemes. Sayaaang sekali Nasi lemak terenak sejagat padahal.

Nasi Lemak Ny.Color @15MYR

Lanjut saya jalan menuju Musholla sholat jamak, tobat dan berzikir minta ampun agar sembuh. Hikz.
Lanjut ke Hostel Capsule.
Seumur2 baru kali ini menginap sejenis Capsule ini, pengalaman baru menginap di Kontainer, unik dan nyaman kok tapi takut bablas karena jangan sampai ketinggalan pesawat pagi.
Capsule Hostel KLIA2

Review
Saya suka! karena di area klia dan  praktis, banyak yang gak suka karena phobia sempit, saya no problem,tapi berisik ada anak kecil jam 1 malam berisik, ih lagi sakit badan panas, butuh tidur nyenyak. Sepupu hubby yang apoteker kasih tau kalo saya RADANG TENGGOROKAN ( SHOCK! kepulangan saya ke Jakarta 3 hari kemudian beliau wafat, Stroke Hipertensi-mendadak😐, Thanks Ayu!).
kebetulan tadi pas keluar Imigrasi mau ke toilet liat klinik, besok rencana Akan saya kunjungi.

DAY 2 ,  K.LUMPUR - BUSAN
Minggu 13 Maret 2016
Check out Jam 6 pagi, saya menuju ke klinik , minta obat radang tenggorokan bayar 5RM di kasih obat sirop batuk, gak jadi di beri obat panas, and sebab saya sudah ada paracetamol & anti biotik amox.

Masuk Imigrasi dan ke Gate, mau makan obat, beli roti gak enak 6.50 RM, hanya segigit. Di Gate sempet menyapa 2 cewe Malay yang berhijab, ngobrol2, ternyata hostel mereka searah –deketan di Busan, ya udah saya minta janjian.
Take off on schedule, Alhamdulillah dapat seat window ( didepan) pas di perbatasan premium passeger, 3 seat cuma di isi saya dan cewe Malay keturunan, saat pembagian  makanan sengaja pesen 2 x, karena yang 1 untuk bekel nanti makan malam di Busan, sama sekali gak nafsu, pusing eneg, ke toilet muntah! Duuh takut bangett muntah lagi di kursi, trus zikir.
Alhamdulillah Tiba Busan jam ½  4 sore. Kesan pertama, Imigrasi baik , Beda dengan Shanghai, keluar Imigrasi cari2 2 cewe Malay itu, pas saya habis dari informasi mau ke sevel beli TMoney, eh ketemu tuh anak. Akhir nya sama2 cari Tmoney, di sevel (Internasional) ternyata habis, pindah ke gedung Domestik, ke sevel. Beli kartu 2500, isi pulsa subway 40.000-bisa digunakan di seluruh Korea & bisa di refund.
Tadi salah satu orang Malay itu beli paket pocket internet di samping informasi airport, harga rent pocket 5000 (jika di online kata nya 8000) dapat sharing. ah saya mah gak perlu.
Lalu menuju ke stasion subway, keluar pintu airport nyebrang ke kanan . lalu naik subway ke sta Sasak cuma 3 stop, dan interchg eeh di subway duduk sebelahan sama nenek2 yang sotoy, nanya ‘where are you from?’ gak jelas, trus di bantu sama salah temen Malay itu, si ajuma agak mukul2 gw , sebab katanya saya tak pandai speak english nih, trus si temen Malay komporin  bilang kalo gw seumuran sama dia, ajuma haha…
lah si Ajuma itu juga gak fasih dia cuma mau 'pamer' bisa ngomong where are you from, ke orang2 Korea di subway tsb!kesian.
keapesan lain lagi, baju gamis bahan spandek ku 'keseret' escalator dan sobek! aah sutra lah...
yang penting happy ada temen 2 orang ini.
Dari stasion Sasang menuju ke line 2 sta Hapcheon, jauhhh perjalanan sejam, 3 stop ter akhir.
Sampai di sta Haeundae , hostel kita sama2 exit 1, nanya ke informasi, ada gak exit yang pake elevator ( exit 5)  , jangan pake tangga, tapi sekalian aja saya kasih liat kertas bookingan
‘hostel EGG HOUSE HAEUNDAE ‘dimana, oleh si bapak di telp lho hostel nya, dan di anter sampe depan hostel saudara2, waah kesan ku di Busan, ramah beda dengan Shanghai, tetep Shanghai mulu yang di sebut. Haha…
Saya beri sebungkus permen kopiko Indonesia, pasti ditolak dan pasti saya paksa
Oya tadi langsung pisah dengan 2 teman Malay itu.
Hostel ini samping hostel ‘Blue Boat’ dan seperti ruko naik tangga 3 x dulu, Capek bangett bawa koper raksasa, cek in jam 6, nego karena sendirian total 2 malam 40.000 won.
Sepii bangett NIH hostel. Cek in jam 6 sore, gak di minta passport & di kasih nota, takut di tagih dikemudian waktu, saya paksa minta tanda terima kaga ngerti, sampe dia cek kamus APA arti yang saya maksud, Berjendela besar, gak ada TV, kamar mandi d luar, tapi di kamar ada hairdyer, handuk kecil busuk, ac heater-panas, stop kontak Sama dengan Indonesia,
Keren Korea!
Gak dapat sarapan, tapi ada dispenser depan kamar dan microwave, tapi kalo mo pake mesin cuci- washing machine Bayar 3000 won alias 35K IDR, males!

Pukul ½ 8 malam saya mandi keramas, Alhamdulillah segeran, jadi laper, tapi ‘front desk’ sudah pulang tadi jam 7 malam, tinggal saya seorang.  Bener2 ih tamu nya hanya GW seorang.
gw sih gak takut setan…tapi sieun cowo jahat!
Pas cek buka pintu utama yang langsung tangga, kebuka. Ya sutra… lillahi ta’ala.
Mau tidur cepet, gak bisa, malah perut gaje dan kepala pusing akhir nya makan obat dulcolax dan Neuralgin, jam 12-malam mencoba tidur.

Review Hostel EGG HOUSE
Saya pilih yang dorm tapi 2 bed semalam @20.000 KRW ( 235.000 perak ), biasanya kalo 4 atau 8 bed semalam sama  @20.000 – 40.000won ( 235K rupiah)   karena nanti di Seoul 4 malam saya di dorm yang 8 bed (OMG) jadi di Busan saya pilih yang rada private, berharap dapat jatah seorang diri saja  atau seorang temen sekamar  gak ribet and berisik! Alhamdulillah
Bener2 hanya saya seorang se hotel tsb!!!!
Lokasi deket dari stasion subways Haeundae exit 1 lurus –lampu merah kanan – samping ‘Hotel Blue Boat’. Naik tangga gak ada eskalator ke Lt3 letak hostel nya.di website dibilang 2 bed dan privet bathroom kenyataan nya kamar mandi diluar cyiin! uh.
Tapi secara keseluruhan bersih dan apik.

EGG HOUSE HOSTEL
Ada AC Cool & Heater

Jenis stop kontak \ adaptor colokan listrik Sama dengan Indonesia, namun saya slalu bawa persiapan colokan listrik all in internasional. Kereen banget, secara stop kontak Indo & Malay aja Beda disini samaaa!

DAY 3; BUSAN ( Gamcheon Culture + Yongdusan park + BUSAN TOWER )
Senen 14 maret 2016
Suhu udara 6 derajat
Kebangun jam 6 pagi , efek dulcolax bekerja efektip, mules 2 x dan dapat pub.
Sekalian sholat subuh,
Duh bener nih gak ada tamu nya hostel ini, mau bikin popmi gak bisa kok hot water dispenser nya, norak!
Suhu 4 derajat, pantes. tapi tadi malam sempet keringetan,karena AC heater.
Jam 9 pagi, datang recepsionist baru, seorang wanita, waah seneng nya, gak perlu pake jilbab, sekalian minta ajarin kasih tau rute2 hari ini yang mau saya eksplor.
Ni 2 temen Malay Kok gak ada kabar, WA ku gak di bales, sempet negatif thinking.
ya sutra habis mandi jam 11 saya keluar kamar hostel. Rute hari ini adalah:

1.Gamcheon Culture Village - minta tulis tulisan Korea.
Gamcheon adalah perumahan asli penduduk Korea, nyeni dan apik perkampungan ini.
cara: dari sta Haeundae ( baca he yunde) naik line 2 ke sta Samyeon ( tulisan korea) jauuuh, interchg -ganti kereta di sta Samyeon ke line 1 sta Tongseong ( tulisan korea) exit 6, ketemu nenek2 di dalam subway, saya slalu berdiri deket pintu, oleh dia di tarik disuruh duduk samping dia, kirain dia mau turun, Subhanalloh,,takjub nya nenek2 disini baik bangett, apes aja kemaren saat ber3 temen Malay itu ketemu nenek2 sotoy!
Jalan ke kanan ke halte bis pas depan Busan Cancer Centre, no bis 1-1 atau 2-2, bayar tiket pas naik kartu di tap. Tadi nanya sama pasangan, cowo nya baiiik bangett, anterin lho sampe ke bis. korea cool.
di bis gak kebagian kursi, berdiri samping aki2, dia liat kertas tulisan Korea ditangan ku .langsung di tarik, dia gak dapat speak english, tapi kasih isyarat bahwa dia juga sama turun di situ, barengan aja, trus ada kursi kosong saya di paksa duduk, ogwah, ada nenek2 lain dulu,,,thanks aki!
Sampe Gamcheon jam ½ 1 siang, buseet jalan nanjak dan luaaass, baru sembuh,,,tapi kudu nih, gak mau lagi ke sini kalo ke Busan, kecuali sama hubby, kalo sama yang lain duluan dah!
Sempet beli kaos kaki made in korea @1000, slalu minta fotoin..
Ada yang dari Canada, Malay, Spore dll...senaaaangnya solotrip di Busan Korea.
Jago bahasa inggris di Negara yang tak berbahasa inggris tak penting2 amet koooo...saya berani solotrip, bukan berarti bodoh!

Gamcheon Culture Village

Jam 2 saya menuju:

2. Busan Tower + Yongdusan Park
Dari Gamcheon nyebrang untuk naik bis tadi, turun di stasion Toseoung, lalu line 1 ke sta Jagalchi yang cuma 1 stop aja. Keliling ke underground Nampo, banyak berjejer pertokoan, sempet nyaris kepincut jaket 15.000 kaga jadi beli.
Lalu ke exit 13, nanya2 Busan Tower, sampe nyasar bolak balik ke lotte mall, akhir nya ‘skip’ aja ke Busan Tower nya, langsung ke Yongdusan park aja.
Baru orang2 pada tau, Yongdusan Park! cara nya, pas berjejer pertokoan, ada Etude House sebrang nya, naik escalator sampe ujung..ya ampyun dari tadi udah di lewati 2 x.
Naik ke atas ada escalor. tapi pas turun gak ada, setelah puas foto2.
Ternyataaa Busan Tower itu di area Yongdusan park saudara2!
Busan Tower \ Yongdusan Park

Jam ½ 4-cabut mau ke Pantai Haeundae. Papasan pas selesai turun dari Yongdusan ini, ketemu 2 cewe Malay itu, papasan dia mau naik saya turun, reflek saya tegor, HAIII!
Dia PURA2 gak liat, padahal itu papasan dia mau naik saya turun, bener feeling jelek gw hahaha Malay Malay sudah takdir gw sama orang Malaysia...sejak di Haji dulu haha block!

3. Haeundae beach.
Dari Yongdusan park ke stasion subway di anter lagi oleh ibu2, ampyun baiik sekali, sejajar dengan Etude letak stasion subway nya.
sampe sta Jagalci, menuju ke sta Samyeon, nanya sama security, di anter sampe dia naik subway, padahal jauh, trus dia turun di stasion Samyeon kasih tau sampe depan pintu subway \metro ke sta Heundae, dia tau lho saya dari Indo, mau ke Haeundae, kawasan favorit Indonesia kayanya, dia sampe tau, gw beri sovenir \  sebungkus permen Hexos aja...
Lalu ke Exit 5. Kekanan ke pantai, lurus..Poto2 banyak burung..Keren. Pantai nya sih biasa,yang keren burungnya.

Pantai Haeundae

Trus ke Starbuck, di gedung sebrang pantai (kanan) harga Tumbler titipan temen 17.000 alias 200K IDR .
Sempet liat kebab turki harga nya lebih mahal dari Tumbler 20.000 kata si Bapak Malay yang lagi antri..Males lah.
Ke Daiso juga. Tapi gak lengkap nanti di Daiso Myeongdong Seoul aja lagi.
Akhir nya beli nasi di minimarket G25 @1300won. Sejajar dengan Hostel Hauendae.
Tiba dikamar pukul 6 sore, langsung panasin nasi, rendang dan sambel roa.
Dinner, Banana Milk

Busan Kota nya indah dan menarik, terkenal Kota pantai yang indah, penduduk nya lebih ramah daripada Seoul.

DAY 4, BUSAN ( Taejong Park + Yonggung Temple )
Selasa 15 Maret 2016
Suhu udara 8 derajat
Cuaca kering slalu bikin kulit kering, cream pelembab rekomen ku yang cepet meresap adalah
1. Regencream: beli di toko online mataharimall.com
2. Produk wardah (Hydrating Aloe Vera gel)
3. Innisfree (Greentea Balancing Cream) @15.000 won, beli di Korea kalo males bawa.

Pukul 8 nan pagi saya sudah mandi dan menunggu front desk datang untuk minta izin agar Check out nanti jam 9 malam, berdoa semoga dibolehin, dan Alhamdulilllah boleeeeh duuunk!
Setelah minta izin kalo mau Check out telat, sempet kami ber 2 foto bersama dan saya beri sovenir \ snack Astor sepertinya suka si unni nya\ recepsionis difoto2 sama dia.
Kembali saya minta ajarin tulisan Korea Rute yang Akan saya eksplor hari ini agak jauh yaitu:
1.      Taejongdae park
Dari sta Hauendae exit 4 naik Bis no 1001, turun di Moon hyun gyocha ( tulisan Korea) interchange – ganti Bis, turun langsung ganti Bis No 101, jurusan TAEJONGDAE PARK. Jalan luruuus nanjak, Bayar Tiket kereta Danubi @2000 won, karcis jangan hilang pas turun lalu naik lagi ada pemeriksaan.
Taejongdae park adalah Taman luaaas di tepi laut ada Mercu suar nya, pemandangan pantai dan Taman yang bagus.
Pukul 3 sore saya cabut. Lalu menuju terminal Bis, naik No: 101-turun di DAEYEON (Tulisan Korea) perjalanan 1 jam. Lalu ke stasion subway Daeyeon untuk ke Sta Haeundae Line 2, exit 1. Ke Halte lanjut Naik Bis No:100  ke:
2.      Yonggung-sa Temple
Pas turun jalan kaki ke kanan naik ke atas nanjak jauuuuuuh. Sendiri pula!
Kuil di tepi tebing pantai.
Saya hanya sampe jam ½ 6 sore, lalu kembali turun dan ke tempat turun Bis tadi tapi nyebrang untuk ke stasion Hauendae.naik Bis no: 181, rencana mau turun di Spunzi kelewat jadi turun di sta Haeundae! Masuk pintu subway lalu exit 1, mampir ke mini market CU beli banana milk @1300 won dan nasi @1300 won.
Kalo travelling usahakan wajib sering minum karena supaya tidak Migrain, kalo ada air lemon lebih bagus.

TAEJONGDAE PARK

Yongkung Temple - ditepi Laut

Tiba di hostel pukul 7.15 malam pas papasan dengan recepsionis cowo mau pulang dan dia tau bahwa saya Akan check out pukul 9 malam, jadi saya di percaya ditinggal sendiri di hostel tsb. Langsung saya masak nasi & rendang di Microwave. Sambil asiik main internet sampe bablas lupa jam sudah hampir pukul 9 malam, tergesa2 cuci muka, sikat gigi dan packing. Pukul 9.15 saya geret2 TAS dan menuju stasion Busan.
Mau Tanya informasi sudah tutup untung ada oppa, nanya menuju stasion Busan gimana cara, caranya adalah ke stadion Samyeon dulu lalu ganti kereta ke stasion Busan, keluar dari stasion untuk ke gedung sebrang nya, naik keatas menuju Konter tiket, ganti tiket yang sudah saya print ke tiket asli, lalu nunggu di tengah2 ( ruang tunggu) terlihat di layar Monitor jadwal kereta saya sudah tiba.
Ke Seoul naik Regular Train yakni MUGUNGHWA - jam 23.10 seharga  @28.600 KRW (  336K Rupiah) karena bokek , pengen naik KTX harga 2X lipet lebih, sepertinya Leg room di kereta Mugunghwa lebih luas dibandingkan dengan KTX, jadi tidur pun lebih nyaman. Ngirit penginapan karena perjalanan malam tidur di Kereta lagian biar puas eksplor Busan dulu siang hari maka dipilih kereta malam.
Kereta Korail-Mugunghwa

Saya beli online saat di Jakarta d website nya :
perjalanan Busan ke Seoul selama 6 jam, kereta seperti kereta api di indonesiaku!

DAY 5 SEOUL ( Hongik + DDP)
Rabu 16 maret 2016
Suhu udara 9 derajat
Tiba di Seoul pukul 5 subuh. Duh hostel baru buka; ada orang di font desk receptionists jam 9 pagi, mampos jadi ngegembel glamour dimana niii, terpaksa ngegembel glamour di stasion Seoul nunggu subway baru buka jam 6 pagi, gerek2 koper raksasa dan printilan nya itu cadas banget gigihnya!
Janjian dengan Jodi ternyata salah paham saya kira dia menunggu di stasion Seoul ternyata masih harus janjian lagi di stasion lain, dan ternyata jam 7 an pagi saya cek email ada pemberitahuan pihak hostel Hongdae bahwa saya dapat check in awal alias jam 7, wow segera saya menuju subway ke Hongdae- stasion Hongik.
Stasion Hongik exit 1 naik escalator samping kiri ada gedung dunkin donuts naik lift ke Lt 3, ternyata saya tidak bisa buka kamar dengan kode PIN yang diberi, sampai akhirnya jam 8 pagi ada orang yang lewat saya minta ajarin ternyata didalam (kamar) ada seorang cewe Malay yang sedang siap2 Check out, dia lagi dia lagi, malay lagi malay lagi, bukan nya dibantuin bukain pintu!
Alhamdulillah dari 8 bed hari pertama cuma saya seorang, saya tertidur sampai jam 12 siang ada oppa2 (mas2) yang bersihin kamar masuk dengan agak kasar; membangunkan dan saya dipanggil oleh owner nya Mrs Kim dan membayar lunas.
Hongdae Hostel
8Bed

Review Hostel Hongdae
Takut sekamar dengan orang2 gak bener alias berisik, pulang malam dan kurang toleran serta antri bathroom errghh Ampun Tuhan!
Lokasi Hostel di apartemen kawasan Hongdae yang ramai dan sangat strategis apalagi keluar stasion Hongik exit 1 ada escalator dan masuk ke atas \ kamar ada elevator- lift. Sayang nya gak ada free breakfast tuh, gak ada microwave, ada kompor elektrik (hotplate elektrik) ada kulkas & dispenser dalam kamar. Bantal tipiiss cuma dikasih 1, sebagai guling maniak susyee deh.
Seperti nya seusia saya yang ‘STW’ saya kapok yang 8 bed, semoga yang pertama dan terakhir,
walo bersyukur selama 2 malam saja merasakan ketidak nyamanan full people!

8 bed : @20.000 \ malam
3 bed : @40.000 \ night
2 bed :@50.000 \ night
Min 3 malam dapat disct 10%!

Setelah kamar dibersihin oleh dua oppa, saya istirahat menunggu janjian dengan teman (Jodi) jam 5 sore rencana setelah ia pulang kuliah namun  baru jam 7 malam Jodi baru datang, seharian di kamar sejak 8 pagi. Setelah bertemu dan memberi sedikit oleh2 (kaos I love Jakarta dan kacang Garuda) kami ber 2 menuju exit 4 untuk cari makan di restoran’ SEOGA & COOK' ‘ dan tentu tidak ketemu!

Kawasan Hongdae-Hongik , area Hostel ku

lalu ke exit 9 untuk ke café Hello kitty.

Cafe Hello kitty - Sta Hongik exit 9

namun karena laper akut, JODI mentraktir makan roti & es green tea setelah nya akhir nya ketemu Café Hello Kitty tsb, hanya foto diluar karena kami membawa minuman dari luar.

Dongdaemun - DDP

LED Rose - DDP

Sebrang Mall Doota

Lanjut kami ke DDP Dongdaemun naik subway turun di stasion Dongdaemun , foto2 di LED Rose atau bunga2 lampu dan mampir ke Mall Doota lt 6 toko ARIRANG ( Sta Dongdaemun exit 8) , beli oleh2 Magnet Kulkas, harganya serentet ada yang isi 6 atau 8 @8000 won atau @9000 won, pajangan Meja @5000 won dll. Tapi Beda harga di rak dan kasir,
Habis pake kalkulator bukannya pake mesin struk aja! Curang! Selisih!

Setelah dari mall Doota makan di restoran Café BBQ menu ayam madu chili, share cost ber 2 = 22.000 won ( 260 ribu perak ) tapi gak nafsu padahal laper hikz!

Dinner @22.000 won
Sempet lewatin dan foto di sungai – kali – canal Cheonggyecheon stream.

Cheonggyecheon stream

Lalu kami bahas Itinerary saya selama di Seoul, Jodi ajarin dan install di HP aplikasi Subway ( Metro HD )kereen berkat ini saya lancar jaya selama di seoul! Alhamdulillah.
Pukul ½ 11 malam segera kami pulang menuju hostel, berpisah dengan Jodi di stasion City hall, dia kearah stasion Anguk saya ke stasion Hongik. Keluar dari exit 1 saya ke kanan cari mini market untuk beli Nasi, Telor dan Hotpack @1000.
Tiba di kamar pukul ½ 12 malam, ada2 aja PIN kamar diganti untung ada ‘front desk’ nya ternyata diganti ke pin baru!

Malam pertama sendirian lagi dikamar.