Kamis, 27 Oktober 2016

MELBOURNE – SYDNEY AUSTRALIA (OKTOBER 2016)

MELBOURNE – SYDNEY AUSTRALIA
17 -24 OKT 2016

Mimpi yang menjadi kenyataan menginjak Negara Bule, pertama kali melampaui 2 benua dari 5 benua (Benua Asia, Australia, Afrika, Eropa dan Amerika) segera target ke Benua Eropa & America.aamin.

Selama ini baru menjelajahi Hongkong, Macau, Tiongkok, Jepang dan Korea Kan sipit heuheu
Jiwa adventurir kadang begitu merasuki setelah taklukan Negara yang deket-deket slalu ada dorongan untuk jelajahi Negara yang lebih challenging, awal nya saya akan solo travelling namun karena hubby gak bisa cuti lama jadi dia nyusul pas saat di Sydney! Horeee!
Ruuarr biasa seneng nya.
“Once you have traveled, the voyage never ends; the mind can never break off from the journey

Lagian enak di Negara yang berbasis bahasa Inggris karena bakal lebih mudah dibanding di Jepang atau Korea yang penduduknya tidak semua pandai berbahasa Inggris.
Saya beli tiket JKT-KL hampir setahun sebelum nya PP hanya 300 ribuan, dan beli tiket KL-Melbourne 7 bulan sebelum nya sekitar 1 juta perak, lalu beli tiket Sydney-KL 1,7 Juta free sebab ada  Credit Shell AirAsia yang waktu Tiket Ke Korea Cansel itu,cuma kesel nya adalah biaya tambahan makan PP ! Jatoh nya jadi total sekitar 3, 8 juta! Asiik beli bagasi pulang karena diSponsori sahabat tapi saat pergi gak beli bagasi dan gak bawa makanan Karena Australia terkenal ketat Declare nya!

Working makes you Money but travel makes you Rich!

Juga yang membuat jiper adalah bikin Visa nya, selain mahalnya ajigilee dan ribet pake Dana tabungan yang mengendap 3 bulan-tabungan aktif, untuk perkiraan dihitung kedutaan seminggu traveling.
I quite not confident with my saving amount.hadeeh belum kurs nya juga cakep banget murah nya…tajir dah!

Fight for your travel dreams!!!

Australia berkesan bagi saya, sejak SMA saya udah gatell pengen kesini, apalagi saat dulu tinggal di Bandung alm Bokap mau nyekolahin adik ipar nya alias adek istri ke 2 Bokap, tapi si oom kaga mau - ragu2 manja alias kaga jadi, pas Perang dunia Irak saat itu sih.
Andai saja akyu yang dibiayai ….uhuk! ๐Ÿ˜†
Setelah 25 tahunan impian itu baru terwujud sekarang, lamaaa banget ya’๐Ÿ˜•

Bulan Oktober di Aussie khusus nya Melbourne adalah musim Spring atau musim semi, tapi kadang sering hujan.
Melbourne terkenal dengan cuacanya yang berubah-ubah, yang sering disebut memiliki 'empat musim dalam satu hari'.
Di Sydney akhir Oktober juga masih musim semi.
Karena kalo musim panas lebih panas dari Jakarta, 42 derajat!
Paling enak datang bulan Maret dan April pas musim gugur, tapi Oktober juga enak kok.

Kesimpulan  tentang Australia;  bersih,rapih,serba teratur,disiplin, semua pake mesin \ teknologi,  seperti parkir, keamanan nya baik-jarang ada pencopet atau pengemis, jalanan  trotoar mulus- hotmix nya. Di Australia bertebaran orang Indonesia dimana-mana.
Di Aussie beli air mineral jangan yang tutupnya hitam, sebab itu air soda,
Karena Sama persisi bening.
Saya sangat berkesan dan ingin segera kembali berkali kali balik ke OZ,
So far Australia become one of most favorite trip destination for me! STRAYA top!
apalagi ada sepupu yang sudah jadi warna Negara Australia, ada rumah yang bisa ditebengi, selain itu Imigrasi sangat ramah beda banget dengan Malay, Indonesia juga harus belajar betapa ramah nya imigrasi Australia dan penduduknya, saat itu sama sekali tidak ada diskriminasi atau penduduknya berasa Negara lebih power dari kita, kalo Malay mah jangan ditanya, ‘sok iye’ banget kan dengan Indonesia,huuff.๐Ÿ˜•

Senen 17 Oktober 2016
Jam ½ 7 pagi bareng Ipar di drop di T2 Soeta Airport, tiba di airport sekitar jam ½ 8 Airasia di T2 Gate E, delay ½ jam! Take off Jam 12 siang, perjalanan 2 jam.
Tiba di KLIA pukul 3 sore (LT-Local Time) , Menunggu jam 10.30 -malam untuk takeoff ke Melbourne atau transit sekitar 8 jam, duh penerbangan ‘red eye’ lagi.
Setelah keluar imigrasi KLIA menuju restoran andelan Ny.Colors untuk makan Nasi Lemak dan Teh tarik dan puas pake Free Wifi di sekitaran Airport KLIA.
Pukul ½ 5 sore saya ke konter V5 – samping Starbuck, sebab tiket saya terpisah tidak flythru (jika flythru saat landing turun dari pesawat ke konter pertukaran antar bangsa)di konter V5 tiket saya dituker dan harusnya pemeriksaan dokumen visa, tiket balik, hotel dll tapi kali ini saya sama sekali tidak ditanya dan dokumen sama sekali tidak diperlukan.
Setelah itu kembali saya ke lantai atas Imigrasi, nonton TV-Film Fox dan ber WIFI RIA.
Pukul ½ 9 malam saya masuk Imigrasi, dan jam ½ 10 antri masuk Gate dan langsung naik pesawat, saat masuk Gate rada reseh pegawai AA Malay (India) , passport diteropong2 –
keker2 dan ditanya sama siapa dan ngapain ke OZ, kepo๐Ÿ˜ง
Tapi Visa, Tiket Pulang dan hotel gak ditanya2.
Perjalanan KL-Melbourne 7 jam, Alhamdulillah kebagian duduk seat cuma ber2 dan ber 2 dengan cewe Jilbab bule OZ yang muallaf namanya Vira. Saya order makan nasi lemak.

Selasa 18 Okt 2016
Alhamdulillah tiba di Melbourne Australia pukul 9 Pagi, suhu udara 11 derajat!!!
Kudu Declare bawa makanan popmie, saos sambel, oreo, astor, kacang Garuda,-----pokoknya apapun jenis makanan yang masuk ke mulut kudu Declare! Ampun dah Australia.
Saat dipesawat diberi kartu declare dan kita isi sejujur jujurnya, lalu sebaik nya dipacking khusus setas makanan tsb agar mudah saat antri diperiksa dan mengeluarkannya. jujur aja declare daripada diem2 taunya didenda! Bangkrut!
Lalu jika ada yang dibuang ya ikhlasin aja daripada liburannya runyam.
Terkenal ketat customs Aussie.
Saat turun dari pesawat antri nyaaa bujuug untuk Imigrasi, tapi saya surprise pegawai Imigrasi super ramah, selalu bilang ‘thank you’(baru nerima passport say TQ, minta tolong bukain cover passport setelah saya buka say TQ setelah selesai say TQ) dan saat declare saya pun disambut ramah dan sama sekali gak diperiksa karena saat ditanya bawa apa, saya bawa noodle,chili saos & Tolak angin, gak apa2 kata nya, wow tambah berkesan lagi dengan Negara ini.
Perbedaan waktu KL dan Ostrali 3 jam dengan Jakarta 4 jam.
Keluar Imigrasi, Orientasi atau ngumpulin nyawa dulu!
Setelah duduk sesaat saya lihat didepan ada booth Informasi, saya ambil peta, ada juga free kartu perdana telpon dan ternyata jual tiket Skybus, saya bertanya dan kasih liat voucher hotel dimanakah nanti saya turun?, setelah dijelasin pake Skybus bayar @19$ katanya langsung dianter-drop didepan hostel, masih keder, setelah beli tiket saya keluar menuju bis skybus dan tiket diperiksa, kembali nanya ke driver, dijelaskan semua skybus pasti akan turun semua di Souhern Cross atau nama lain Coach Terminal, di bis saya kasih kursi ke Oma2 jadi gak kebagian \ full  tapi males ke atas (Bis tingkat) perjalanan sekitar 15 menit berdiri asiiik ada free wifi.

Semua turun di Coach Terminal \ Southern Cross lalu diarahkan untuk naik skybus lagi yang jurusan nya masing2 searah dan saya didrop pas didepan Hostel Green House Backpackers.
 Alhamdulillah ya Allah, lancar jaya banget hari ini.
(Cara lain dari airport ke Kota lebih irit adalah: keluar area airport, naik Bis No 478 \901 di Halte depan gedung Toll Dnata untuk ke stasion Broadmeadows @6, 50$ atau dari Airport  naik Bis ke Southern Cross lanjut naik Free Tram ke Stasion Flinder atau Naik Bis dari Southern Cross ke Halte Town Hall-3stopan, jalan kaki kearah sevel atau sebrang gedung  )

Riview Hostel Green House Backpackers:
Diloby ada moneychanger, Hostel Naik Lift ke Lt 6 untuk ke resepsionis dan dapur, saya kebagian kamar dorm ber 6 female di Lt 3 (309) saat saya datang sudah ada cewe dari Negara Prancis dan Spain. Stop kontak –adaptor Beda dengan KL hadeh salah bawa, dan tidak disamping kasur tapi deket pintu beramai2 ngecharge, Kasur gak bertirai, gak dapat handuk, kamar mandi diluar sangat diperlukan sandal \ bawa dari rumah, toilet beramai2 kalo ada warga sipit mainland mah pasti jorrrokkk!๐Ÿ˜ก
Wifi gak sampe kamar, harus ke Lt 6 hadeh kurang suka, kelebihan nya adalah dapat sarapan dan pas saya datang Selasa  malam, setiap selasa malam dapat free Dinner, lumayan buat ngirit pengeluaran dan di dapur kran merangkap tap water dan hot water. Semua kran bisa digunakan untuk minum, tap water,awal nya risih tapi sugestiin ini Negara maju dan dulu saat masih kecil  belum ada air mineral tho kita minum dari air ledeng yang dimasak sih,heuheu
Harga yang saya Bayar 3 malam female 6bed = 102 $AUD

(jika dari Coach Terminal, kearah stasion Southern Cross, sebab Couch terminal nyambung dengan stasion Southern Cross, dari Southern Cross turun di Town hall 3 stop, jalan kearah Flinder stasion pas sevel atau sebrang Cathedral belok kanan letak Hostelnya)
St Paul Cathedral Melbourne

Pukul 2 siang saya keluar hostel, ke kiri trus feeling ke kanan ternyata deket banget dengan Flinder stasion, depan nya St Paul Cathedral dan ngesot nyebrang Federation Sqr atau Melbourne Visitor Centre yang ada Free wifi nya, sangat strategis.
Bangunan Flinder stasion ini keren banget salah satu icon Melbourne dan ada di gambar magnet kulkas atau kartu pos.

Flinder Stasion

Federation Square- Free WIFI

Lalu jam 4 saya balik ke Hostel mampir ke lt 6 untuk BerWIFI –kabari2 hubby (belum tau kalo Federation Sqr itu adalah Melbourne Visitor Centre yang ada free wifinya) lelah saya turun ke kamar Lt 3 tertidur ½ jam lalu barengan temen sekamar dari Korea & Vietnam ke Lt 6 untuk free Dinner, antri boooo berbaris heuhe menu nya Spaghetti trus balik ke Lt 3 (via Lift) sudah dikamar gak gosok gigi pules lelap tertidur, sampe mata sulit dibuka, tepaaarr apalagi kamar gelap gulita, asiik gue banget ini!๐Ÿ˜

Rabu 19 Okt 2016

Jam 7.45 pagi dengan mata berat dan puas tertidur semalam, saya gosok gigi dan bersih2 lalu ke atas Lt 6 bersama ‘Sujin’ dari Korea sarapan. Sempet ketemu temen sekamar si Nenek tomboy  dari Vietnam dan saya ajak barengan, tapi katanya udah telat sarapan gak ada, yee wong jadwal jam 7-9 pagi kok, ini baru jam 8 ternyata benar masih ada, sarapan roti selai dan oatmeal.
Suhu udara pagi hari 11 derajat, dingiiin adduuh salah kostum, gak bawa jaket tapi hanya jaket jeans, untung saya sudah prepare ngapain bawa jaket tebel mending pake baju 3-4 lapis dan celana selalu lapisin legging dan pake syal, sayang minusnya adalah
Gak bawa sarung tangan hikz
Ngarep temen sekamar yang bisa barengan untuk eksplor Kota kecil Melbourne ini tapi gak ada, jadi baru jam ½ 11-siang saya keluar Hotel, suhu udara 14 derajat.

Rute saya hari ini adalah:
1. Federation Sqr – Flinder Stasion – St Paul Cathedral, itu semua deketan, ngesot doang.
Di Federation Sqr saya Free Wifi dulu, lalu beranjak ke:
2.Yarra River, jalan kaki lurus aja kearah Alexandra Ave \ Garden, belok kiri menyusuri sungai Yarra dari ujung ke ujung, sesekali minta potoin orang, angin nya dingiin suhu udara 14 derajat
Sayang saya melewati \ skip ke rute Arts Centre Melbourne & National Gallery of Victoria (lukisan2 keren) padahal ini deketan semua. Saya memilih segera naik Free Tram, halte nya pas ditengah2 depan Flinder stasion, kearah Etihad Stadium.
YARRA RIVER

Trem Gratis di Melbourne RUte nya: City Circle Tram No: 35
1. Federation Square
2. Flinders Street Station
3. Treasury Garden,
4. Parliament House
5. Docklands (pelabuhan-Pier Victoria)
6. Etihad Stadium
7. Melbourne Aquarium
8. Immigration Museum
Yarra River

Tram ( Free )

Saya memilih duduk2 aja muter2 dari ujung ke ujung naik Free Tram ini, tapi saat jalur balik saya turun di Parliament House, pas jadwal Free tour nya ½ jam lagi (jadwal ½ 3) assiikk.

Parliament House

Pemeriksaan masuk ketat, kacamata, jaket, payung di buka, malah payung kudu dititipin dan nanti pulang baru diambil kembali, keren free tour nya worth it deuh.

Parliament House - Free Tour

Tour Guide nerangin, Saya asik Selfieee
Setelah kelar selanjutnya saya niat mau beli stop kontak \ adaptor Karena kepikiran takut gak bisa ngecharge sebab udah gak bisa nebeng temen sekamar dari Prancis atau Spain sebab mereka sudah check out, nyebrang dari Parliamnet house, jalan lurus, nanya2 dimana jual adaptor susah banget keliling2 mpe pegell, tanpa sengaja ada restoran Indonesia SPICES paket Nasi Telor & Ayam @9$ enciknya baiik dikasih kerupuk free take away makan di kamar aja, nyangsang juga beli oleh2 di souvenir shop; Magnet Kulkas 3pc:@5$ ( mahallll di Paddys Sydney 3pc:@2$ )Standing Plate @4$ (di Paddys @2$) akhir nya ketemu juga adaptor di tempat Reparasi Mobile @7$ (hadeeh 70 ribu perak gini doang yang jual encik2 yang asbun, dan ternyata pas pulang diJakarta baru ngeh stop kontak yang saya bawa bisa kok,
gak diotak atik sih!huuff)๐Ÿ˜•
Kelelahan dan Mens yang belum kunjung usai berniat pulang kekamar, rencana mau naik free tram, takut salah naik malah bis berbayar secara gak punya kartu ‘MYKI’ jadi saya jalan ikuti feeling aja, sesekali nanya dimana flinder stasion taunya supriseee sudah sampe Hostel boooo…๐Ÿ’ƒ
Wow ruuaar biasa liburan ini dipermudah bingid, Alhamdulillah Ya Allah…
SAP: sesuai amal perbuatan
Semoga tulisan Blog saya ini berguna untuk orang-orang sehingga Insya Allah berbalik juga pada diri sendiri aamiiin.
Tiba di Hostel sekitar pukul 5 sore kurang, segera mandi dan keramas lalu makan dikamar.
Karena semalam langsung tertidur gak keluar kamar lagi sejak sore, jadi sekarang saya ingin tau rasanya malam hari di Melbourne Jam ½ 8 malam saya keluar  hostel , rute selalu ke kanan menuju Federation Sqr,pukul ½ 8 malam serasa pukul 5 sore saat di Jakarta, masih terang benderang disini jam ½ 8 malam, ber WIFI an di Federation Sqr lalu balik ke kamar bersih2 dan gosok gigi, sulit tidur karena Nenek tomboy ( Phuong;baca Puweng) dari Vietnam nyerocos mulu, tapi suka nya dia nyuruh semua orang harus matiin lampu gelap gulita kalo tidur, taunya sinenek suka meditasi, malam2 duduk disamping kasur nya trus  berdiri kaya sembahyang tapi seperti senam tangan nya diayun2 dan nafas tersegal2 bikin saya gak bisa tidur dan mimpi buruk waktu pules….

Kamis 20 Okt 2016

Semalam sulit tidur eeh jam 6 pagi kebangun karena alarm tamu baru, orang Korea berisik banget. Jam 7 aku nawarin temen diatas kasur ku yang dari China nama nya Jojo untuk barengan sarapan, saya gosok gigi dan bersih2 dulu, jam 8 ke lt 6 barengan sarapan & wifi.
Seneng banget myhubby siang ini diJakarta Akan ke airport transit di KL trus ke Sydney, besok ketemuan janjian di Airport Sydney.horeeee….
Kembali kekamar dan pub, seperti nya amb*y*n, udah 3 hari gak pub dan gak makan sayur serta duduk 7 jam dipesawat.
Pukul ½ 11 saya keluar hostel kali ini rute belok kiri dari Hostel, menuju Town Hall.
Mau sambil nanya kalo ke Perpustakaan besar ‘State Of Library’ dimana,
Iseng beli oleh2: TAS lipet @4$(diPaddys 3pc:7$) sambil nanya arah jalan.
Feeling ada ‘QV Building’ saya masuk keliling2 sambil gak pasti dan shopping window aja, pas keluar ada halte saya liat MAP dimana saya berada taunya perpustakaan besar itu depan mata gue, AllahuAkbar…Enak bangeeeet solo trip ini.
Perpustakaan tua, besar dan interior nya keren. Ada free wifi. Orang2 Ostrali rajin banget yah baca dan belajar gak seperti diJakarta dunk pada pacaran mulu…*eluuu๐Ÿ™

State Of Library

Didalam Perpustakaan Besar-Free WIFI

Setelah puas WIFI an dan masuk keliling perpustakaan besar ini sambil foto2 rute selanjutnya adalah ke QVM atau Queen Victoria Market, mau window shopping mungkin lebih murah daripada selama saya belanja di Sovenir Shop Melbourne ini, QVM tutup setiap hari Senen &  Rabu, dan jarak nya dari perpustakaan ini sudah deket, tapi sial saya malah menjauh kearah Flinder stasion, sekian terima kasih jadi tidak berjodoh saya ke QVM! Hikz.๐Ÿ˜•
Tapi Alhamdulillah orang baik selalu dikasih jalan keluar heuheu saya nyangkut di China Town dan ke supermarket Big W, beli lipstick @9$, Mascara @1$, Coklat @2, 5$ untuk oleh2
Tapi sulit sekali nemu Lipstik Australia!
Lalu lanjut mau naik free tram lagi tapi jalur berbeda, payah nanya2 , karena pikiran saya mau naik free tram di flinder aja akhir nya naik free tram yang No 75, hampir saja turun di Museum, tapi Mager-males gerak, full isi turis  Tram nya,susah turun, jadi duduk aja trus di Tram dan berakhir kembali di Federation sqr  jam 4 sore untuk Wifi suhu udara tumben hangat 20 derajat. Alhamdulillah
Sebelum sampe kamar Hostel nyangkut lagi beli; belt hubby @10$ dan Magnet 3pc:5$.
Trus ke restoran Nelayan Indoensia, makan di tempat Nasi-Sayur-Rendang (2jenis) @9$
Untung free minum - teh tawar heuheu๐Ÿ˜€
karena dana melankolis, apa2 di Ostrali mahal, kalo di Indonesia 4X harga makan, disini Nasi Sayur dan Rendang 90 ribu perak! Gak bisa bawa makanan dari Jakarta pula lagi (Rendang, Teri, Sambel Roa, Abon dll  hhhhmmmmm tekooorrr kurs rupiah)
Perut orang berbeda2, keinginan orang berbeda2 jadi bagi saya cukup kalo di LN makan nasi sehari sekali
Kembali menyayangkan melewati-skip ke gedung Theatres tidak mampir, deket dari Hostel padahal, untung penggantinya saya masuk ke gedung H&M store yang artistic dan foto.

H&M Store

Pukul 5 sore udah dikamar, asiiik sepiii, Mari kita packing!
Besok pagi check out menuju ke Sydney ketemuan dengan my hubby…
Tapi galau sebab besok pagi check out ke airport belum tau gimana caranya.

Habis packing,istirahat sejenak dikasur, jam 7 sinenek Vietnam datang langsung nyosor duduk disamping kasurku cerita tentang dia tadi kejebak dilift gak ada yang bantuin ,hari apes nya dia dan lucky nya bla bla dikamar hanya saya ber 3 Jojo dari china, si Jojo kagum gw tetep ngeladeni sinenek, laah dia kaga tau, tipe nenek2 gini  mah banyak disekeliling ogut di Jakarta! Jadi kaga heran haha
Kelamaan curhat Inggrisnya belepotan (rada gag*p) saya ajak Jojo dari china untuk anter survey bantuin nanya ke resepsionis gimana cara saya besok pagi ke Airport, setelah ribet dan Gaje di resepsionis lt6, browsing dan saya ajak keluar hostel, untuk liat – survey halte bis nya, akhir nya sudah jelas, dari Hostel Belok kiri kearah Town hall, pas lampu merah ditengah ada halte Free Bis menuju Stasion Southern Cross atau Coach Terminal Cuma 3 stopan.
Aduuuhh masalah satu kelar, muncul lagi masalah baru dan shock!!! Hubby delay di Jakarta, jadi dia di airport Soeta 6 jam, otomatis gak bisa ke Sydney malam ini tapi besok nya huaaaaaa mau nangiiiisss hiikz, kok gini, kemaren2 lancar tapi diakhiri dengan kacau?
Males mikir saya makan, bikin popmie di Lt 6  banyak cowo2 bule kece.๐Ÿ‘Œ
Versi ku Kota Melbourne lebih santai dan kecil daripada Sydney.
Selamat tinggal Kota Melbourne, Insya Allah saya akan sering kembali,aamiin…

Jumat 21 Okt 2016 – Suhu 16 Derajat
SYDNEY
Kebangun jam 5-subuh Karena temen kamar berisik.
Jam ½ 7 pagi gosok gigi dan bersih2 (jarang mandi, habis dingin dan toilet jauh dari kamar)
Setelah packing dan pamitan sedikit drama (peluk2 an dan minta alamat serta email)
dengan nenek Vietnam yang merasa kehilangan ku, saya ke Lt6 resepsionis untuk check out (bawa sprei dan sarung bantal )refund kunci kartu magnet kamar @10$ dan sarapan sedikit sambil nelp by WA ke hubby dan keselll  mau nangis, ๐Ÿ˜ฅkarena hubby lagi transit di KL sehingga tiba di Sydney malam nanti sekitar jam 8 nan malam, yang harusnya jam 11 siang.

Pukul 8 pagi saya keluar Hostel belok kiri menuju Halte Town Hall \ Collin street untuk naik bis no 11 \ 12 \ 48 untuk ke stasion Southern Cross atau Coach terminal naik Sybus ke Airport.
Rajin nanya maka tak nyasar, setelah turun di stasion Southern Cross jalan kearah kanan luruuusss Coach terminal \ Skybus to Airport, beli tiket dulu di ruangan ,disuruh donasi untuk kanker jadi bayar @20$. Langsung masuk ke terminal dan Skybus langsung berangkat, saya turun di T4 terminal domestic trus ke konter Jetstar, gak ada konternya, serba mesin, jadi print nan di barcode sendiri nanti otomatis keluar struk bagasi yang kopernya dimasukin sendiri ke terowongan bagasi, ada seorang pegawai cewe bule muda yang ngobrol mulu sama temen padahal beberapa orang butuh bantuan apalagi gue gaptek!
Setelah kelar duduk deket CS Informasi untuk berwifi dan deg2 bin galau gimana Cara dari airport Sydney ke Hostel tanpa Hubby, males mikir, jadwal keliling city berantakan dll
Jam 9 nan pagi saya menuju Gate 46 Jetstar, ya ampyuun feeling beruntung beli bagasi, karena di timbang sebelum masuk pesawat ada 8 pegawai yang jaga, bayar di tempat jika overweigh lebih dari 7kg.
Awal nya rencana saya akan ke Melbourne tadi malam dengan bis malam (FireFlyExspress Bus)  pukul 7 malam dan tiba di Sydney pukul 7 pagi, males banget 12 jam sendiri di Bis dengan biaya AUD$65 sedangkan awal Juni saya beli tiket dapat  pesawat Jetstar, Melbourne-Sydney  hanya AUD$60 perjalanan sekitar 1 jaman  tapi nambah Bagasi 15 kg Rp.190.000 total Rp.780 Ribu hikz! Sebab kalo Kelebihan bagasi cabin di Jetstar (Domestik) kena charge per kg s/d AUD$50.

Take off pukul 10.40 seat saya di Row \ Gang ber 3 dengan bule2, saat galau dan sedih gak jadi ketemu hubby pas di Airport Sydney ntar saya tertidur pules sebelum take off, biar gak bawel kali kata Tuhan heuheu sampe terkantuk2 untung gak ileran kesamping kiri dipundak si bule๐Ÿ˜‚ Etapi karena berhijab sendiri jadi rada pusat perhatian dan dikagumi huahahaha GR daripada minder!๐Ÿ˜
Landing di T2 domestic Sydney Airport. (Kalo naik kereta kena charge GATE PASS @13$-ogwah)

Turun dari pesawat nunggu bagasi dulu, lalu feeling so strong aja keluar trus luruuuss aja, eh ada Bis, pas liat No nya 400, wah ini yang saya maksud, buru2 nyebrang nanya ini ke stasion Mascot gak, dibilang iya, cuma 1 stopan dari airport ke stasion Mascot, jadi keluar area ambil Bagasi lurus lewati parkiran, nyebrang naik bis no 400 ke stasion Mascot bayar ke supir @2,60$
Turun nanya2 lagi ke orang  dimana letak stasion kereta Mascot untuk ke stasion King Cross, tau nya deket kok,masuk stasion ada lift lumayan bawa koper, keluar Lift ada mesin tiket, dibantu sama pegawai cara beli tiket single trip ke stasion King Cross @4,80$ masuk ke Plaft 1 naik kereta turun di stasion Central ( 2 stopan)lanjut ke Platf 24 untuk naik kereta ke stasion King Cross (3stopan) way out-keluar jalan kearah DarlingHurst road, exit ke kanan-lurus-nyebrang-lurus-per4 lampu merah \ Bourke street – woolloomooloo –baca wulumulu-kanan letak hostel nya (arah St Marys Cathedral) jauuh iih dari stasion kereta!!!

REVIEW HOSTEL STAR BACKPAKERS SYDNEY
Lumayan jauh dari stasion, kamar private ber 2 -2 malam 174$, dapat sarapan, kamar mandi diluar tapi pas depan kamar letaknya, dapat handuk & WIFI sampe kamar,
Gak ada Lift-lt 3 kamar No 16, Ada wastafel dikamar.

Sydney Star Backpackers Hostel-#16

Saya awalnya pilih Hostel: 790 George Backpackers, sejajar dengan Hostel YHA deket ke stasion Central (exit 2) hanya 5 menit dan ke Paddys juga 5 menit, banyak restoran halal,
Tapi internet Bayar @1$ asal connected sampe kamar sih worth it!
Dan irit ongkos, karena kami kemana2 harus ke stasion Central dulu.
Saat dikamar gak berasa sedang berada di Negara OStrali tapi seperti di Jakarta suasana Gang Haji Gaim heuhe tipe Hostel di Ostrali ranjang nya dari besi kalo di Jakarta kurang oke ini sih…

Note: kami tidak menginap di rumah sepupuku (dari Pihak Bokap) sebab alasan nya adalah waktu kami mepet, sepupu sangat menawarkan dan juga menawarkan keliling luar kota bersama dianter dengan mobilnya, saya merasa takut nyusahin dan saya berpikir biaya perjalanan ke Ostrali cukup besar jadi jangan sampe gak kemana2 (ngejar Target) dikarenakan rumah sepupuku rada jauh dari pusat kota takut bablas males keluar untuk eksplor Sydney selain itu merasa kurang terlalu akrab, tapi Suami ku hari terakhir numpang bermalam stay dirumah sepupuku dan tak kenal maka tak sayang, nyeseeelll hanya sebentar di Sydney, gak sabar ingin balik kembali ke Sydney dan stay di rumah sepupuku
Assiik karena adek sepupu ku ini sudah jadi warga Negara Australia dan mempunyai rumah- mobil pribadi, jadi kesempatan balik pasti Insya Allah terwujud, aamin.

SYDNEY

Alhamdulillah tidak sekhawatirkan yang saya rasakan sejak semalam, perjalanan ini lancar, walo hubby baru landing nanti malam dan jadwal keliling Kota hari ini hampir ‘skip’, tapi ternyata lancarrr semua ya Allah, adik sepupu nawarin akan bersamaku jemput myhubby ke airport nanti malam jam 7,sebab di OStrali kendaraan umum  hanya sampai jam 6 atau jam 8 malam dan pertokoan juga gitu, tutup hanya sampai jam 6 sore.gile ye Ostrali Negara maju tapi tidak ada kehidupan mall dimalam seperti Jakarta, tapi cafรฉ ada, orang Ostrali terkenal suka minum dan mabok, peace.
Setelah masalah hubby nanti malam Akan dijemput jadi gak terlantar di airport atau tekor naik taxi, hati ku lega dan nyaman, setelah drop TAS dikamar dan wifi sebentar.
Pukul ½ 4 sore seorang diri keluar hostel,seneng suhu udara Sydney diawal kedatangan saya ini hangat 21 derajat, jalan kaki saya menyusuri St Marys Cathedral, banyak yang foto prewedding, disebrang nya ada Hyde Park tapi ke Archibald Fountain ( patung air mancur ) ke skip.

St Marys Cathedral Sydney
Balik ke kamar karena janjian dengan adek sepupu jam 6 sore akan dijemput untuk ke Airport jemput suamiku, karena macet baru jam 7 dan tiba di Airport tidak terlalu lama hubby muncul, senaaaang nya hatiku….
Langsung minta ke Sepupu untuk eksplor Sydney Harbor Bridge, Opera House dan Luna Park. Yang menjadi icon Sydney.

Hubby terdampar 13 jam di Airport Soeta & KL, sesampai Sydney langsung Eksplor-tampang bengep

Sydney Harbour Bridge ❤
Alhamdulillah jadwal hari ini masih sempat saya dan suami kunjungi, karena besok full keluar Kota, lusa nya juga jadwal kami keluar Kota, No Time, sudah tidak ada waktu,
Berkat ada sepupu terlealisir.Alhamdulillah ya Alloh, Thanks sepupu.
Saat kami ber3 eksplor icon Sydney ini (menyusuri sungai sampai keujung keong emas \ opera house) terbitlah hujan gerimis, sehingga kami pun beranjak pulang, dengan mengendarai mobil sepupu kami melewati jembatan \ harbour bridge icon Sydney tsb.
didrop di Hostel pukul ½ 11 malam, pintu Hostel sudah dikunci, ternyata kunci kamar berfungsi juga di ‘tap’ untuk pintu utama.

* Sydney Harbour Bridge:
Sydney Harbour Bridge atau The Coathanger jembatan lengkung, baja melengkung seperti gantungan baju, sangat hitz! Sayang kami tidak lanjut ke The Rock.
Kalo mau di Harbour Bridge ini bisa naik ke Pylon Lookout yang berada di South-East Pylon naik ke atas 200 tangga dan Bayar @11 $AUD.

* Sydney Opera House:
Sydney Opera House, seperti 3 buah ‘kerang’ (Concert Hall untuk Music,Ballet dan Hall untuk makan eksklusif)   dan salah satu yang terdaftar di Unesco World Heritage Site.
Sebener nya dari Hostel ku bisa di telusuri dengan berjalan kaki ½ jam.

Sabtu 21 Oktober 2016 – Suhu 11-16 Derajat

Pukul 8 pagi kami sarapan lalu jalan kaki ke stasion King Kross, beli tiket Opal Card terlebih dulu, disamping mesin ada mini market, kami beli masing2 isi @20$, sebab kartu Opal ini tidak dapat refund dan tidak dapat digunakan di mini market seperti di Hongkong,Jepang atau Korea, jadi  disesuaikan kebutuhan aja. Rute hari ini adalah keluar Kota, seperti Jakarta-Bandung, naik kereta ke Blue Mountains.
Blue Mountain
Dari stasion King Cross masuk Platf 1 turun di stasion central (3 stopan) lalu pindah ke Platf 7 untuk naik kereta ke stasion Katoomba, perjalanan 2 jam, dan kereta hanya ada sejam sekali, terjadwal cek jadwal di internet (install di HP) saya nunggu sejam karena kereta baru saja lewat jadi kami nunggu sejam bolak balik masuk keluar kereta yang sedang ngetem dan foto2, kereta nya keren, kereta di OZ bagus dan bertingkat, belum pernah selama saya keliling negara lain kereta nya secanggih ini.

Jadwal kereta kami jam 10.18 ontime, perjalanan 2 jam dengan kebelet pipis parah dan pake acara ngetem, delay ½ jam di tengah perjalanan,Suwe!
Tiba di stasion Katoomba segera ke toilet, untung kami selalu bawa botol air mineral untuk bersih2 sebab di Australia tidak tersedia di toilet nya selang atau bersihin untuk buang air tapi tisu berlimpah \ selalu ada.
Keluar dari stasion Katoomba, kami nyebrang kearah Hotel Carrington,
untuk naik Bis no 686 ke ECHO POINT, Bayar kartu di‘tap’ pake Opal Card.
Sempat beli kebab halal dulu yang kami makan saat di Echo Point seharga @10$.

The Three Sisters

Blue Mountain

Blue Mountain adalah area taman nasional yang luasnya 11400km2, hutan nya banyak pohon glum yang mengeluarkan partikel2 yang jika kena sinar matahari jadi berwarna kebiru-biruan, icon Blue mountains yaitu The Three Sister, sudah dianggap sah main ke Blue mountains kalo sudah foto dengan latar belakang The Three Sister,Cuma 3 bebatuan doang sih, kami sampai turun kebawah lho jalan turun dan terjal, trekking gitu sampe ke Closed the 3 sisters dan anginnya supeerrrr dingiiiin!๐Ÿ˜ฅ
Alhamdulillah cuaca cerah dan tidak hujan, namun tetap harus pake jacket dan syal.
Namun sayang seribu sayang kami skip ke Katoomba Fals (air terjun bertrap2 dan ke Leura Village yang hanya 1 stopan dari stasion ‘Ketombe’ kata hubby.
Nyesel banget gak ke Scenic World, naik Cableway, Insya Allah next time.
Kami terburu2 jadwal agar dapat membeli pesanan titipan teman untuk beli beberapa vitamin di sekitar kawasan Stasion Central.

Pukul 3 sore segera kami nunggu Bis 686 untuk ke Carrington Hotel atau stasion Katoomba, Alhamdulillah gak terlalu lama nunggu jadwal kereta ke Stasion Central Sydney jam 15.25 perjalanan selama 2 jam lagi. Tiba di Stasion Central udah jam ½ 6 sore ketar ketir pertokoan takut sudah tutup hubby malah sakit perut dan buang air dulu di stasion Central ini,oya ada tempat penitipan koper di stasion central deket exit 1.

Stasion CENTRAL
Dan sayapun menggigil udara hari ini Beda dengan kemaren, anginya dingiiin banget.
Setelah suami usai buang air kami ke exit 1, nyebrang sambil cari2 toko Chemist WARE HOUSE, sebrang Kantor Pos stasion Central, tanpa sengaja ketemu, WARE HOUSE masih buka (ternyata sampe Jam 8 PM bukanya).
Trus Nemu juga harga air mineral hanya @1$ di minimarket sekitar Central, sebab selama ini saya liat harganya @4$, makanya kami hobby bawa tap water.
Alhamdulillah, lancar sekali trip ini.

Shooping Vitamin & Titipan Sahabat
Temen titip: Ostelin Vitamin D & Calcium 300 pc (25$), Blackmores Vit C 150 Cap (20$) & Blackmores Evening Primsole Oil+Fish Oil 1000(30$) Swisse Green Coffee (18$) Blackmores Fish Oil 1000 (26$)
Saya beli:  Balckmores Conceive Well Gold-56 tab (31$) & Blackmores Conceive Well Men (21$), Ostelin Vit D (11$) dan Vit C-31 Tab (9$)
*Sangat tidak keberatan dititipin sahabat yang baik dan tau diri, karena Bagasi dibayarin 80%, siapa yang gak nolak heuheu Thanks say ๐Ÿ˜˜

Blackmores Conceive Well Gold & Blackmores Conceive Well Men  :
Merupakan Vitamin yang sangat terkenal di Australia, mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk mempersiapkan kehamilan.
Semoga saja sehabis Traveling Aussie dan Eropahhh, pasti ada waktunya.
Tuhan telah merencanakan banyak hal yang menakjubkan untukku! menantikan kehidupan yang memuaskan dan luar biasa. Impian terbesarku Akan menjadi nyata selama saya memercayainya! Sebab saya orang yang penuh harapan dan menikmati hidup sepenuhnya.
Seluruh hidupku berputar di sekitar keluargaku karena saya merasa paling nyaman di antara orang-orang yang di sayangi. Saya menyukai keharmonisan kapan saja kalo bersama-sama dan seberapa banyak kita saling mendukung. Saya tipe yang ‘berusaha’ sungguh2 merawat orang yang saya cintai dan membuat mereka sangat bahagia! Keluargaku berarti dunia bagiku. Mereka orang2 paling penting di hidupku dan saya tidak dapat membayangkan hidup tanpa mereka. Saya sudah mempersiapkan kebahagiaan keluargaku dan memimpikan memiliki keluarga yang penuh kasih. InsyaAllah.karena keluarga sangat penting & berusaha slalu meluangkan waktu dengan keluarga. …weitzzz berat & tengil bener bahasa gua!!! Tumben Pinter! Intinya nikmati dan puasin traveling selagi belum berkembang Biak. ๐Ÿ˜

Setelah kelar beli berbagai macam vitamin yang Alhamdulillah toko masih buka sekitar pukul 6-7 sore itu kami pulang ke Hostel, masuk ke stasion Central lagi trus ke Platf 24 naik kereta ke stasion King Cross (3 stopan) Way out –keluar kearah Darlinghurst trus kekanan lurus nyebrang kearah wulumulu, tiba dikamar pukul ½ 8 malam, niat setelah mandi mau cari makan tapi saya tepar  gak kuat udara dingin dan ingin packing karena besok pagi kudu Check out  jadi hubby seorang jam 9 nan malam cari makan keluar ‘take away’ makan dikamar, dia beli makanan halal restoran kebab; ayam goreng dan sate ayam kami makan dengan pop mie .
Hubby cerita tadi dia melewati kawasan area distrik pecunawati, cewek2 sexi heuheu

Minggu 23 Oktober 2016, Suhu 11 -16 derajat

Kami lebih awal ke Lt 2 untuk sarapan jam ½ 8 pagi ternyata belum tersedia, baru jam 8, jadi kembali kekamar dan saya sempat Pub dulu  trus jam 8 kami sarapan roti dan Check out, balikin kunci \ kartu kamar,titip koper dan refund deposit 10$ lalu jam 8 cabut ke stasion King Cross untuk ke Sta Central dan ke Platf 10 untuk ke Stasion Morriset , sama seperti kemaren jadwal kereta hanya sejam sekali, kami pas dapat jam 9.15 perjalanan selama 2 jam ke stasion Morriset.

Tiket Family Funday Sunday
Promo khusus setiap hari minggu seharian keliling Bis, Kereta dan Ferry hanya 2, 50$
Tiket ini adalah tiket di Opal Card yang kami beli, jadi sudah otomatis, gak perlu beli lagi, awalnya saya bingung browsing2 gimana Cara dapat tiket Family Funday Sunday ini, ternyata Opal Card tsb otomatis mencakup Family Funday Sunday. nah perlu diinget Ni,
Kalo jauh2 trip kita, Pilih hari Minggu lebih irit karena program FFS di Opal Card ini, horee…

Sesampai di stasion Morriset kami ‘tap’ opal card dulu lalu didepan sudah ada Shuttle ke Morriset Park liat Kangguru, bayar ongkos naik shuttle seorang @3$ bayar Cash.
Perjalanan sekitar 7-10 menit, kalo jalan kaki ½ jam.
Saat turun dari mobil Elf tsb langsung para hewan Kangguru nyamperin kita lari2 an lucuuu banget, senang dan bahagia akhir nya bisa liat Kangguru di Negara Kangguru dengan Cara murah dan spektakuler.

MELIHAT KANGGURU DI SYDNEY ADA 3 CARA:
1. Taronga Zoo; kebun binatang yang biasa aja, gak puas bersama Kanggurunya
dan bayar ber 2 sekitar 100$, ogwah!
2. Featherdale Wildlife Park, biaya masuk ber 2 juga sekitar 70$, ogwah juga. Emang sih masih area dalam Kota gak keluar Kota seperti ke Morriset Park ini.
3. Morriset Park, murah meriah, lebih bagus karena tidak dikerangkeng tapi alam bebas hewan nya. Namun kudu naik kereta selama 2 jam, PP 4 jam, melewati danau, laut dan pemandangan indah, memori banget trip romantic ini sambil ngemil snack Indonesia di kereta ber 2 hubby

Kangguru Narsis juga...

Kangguru-lucu anaknya nempel dibawa2❤

Morriset Park
Hubby & Kangguru
Kami ngejar waktu dan target jadi hanya ½ jam saja di Morisset park ini, segera kami hampiri lagi Shuttle untuk ke stasion kereta, Alhamdulillah jadwal kereta ke Stasion Central tak terlalu lama yakni pukul 12.18 tiba. on time tiba di Sta Central pukul 14.18 segera kami ke Paddys Market, nanya2 gak ada yang tau-kenal  Paddys Market ternyata namanya MARKET CITY.

Dari Sta Central Exit 2, lurus lalu lampu merah ke kanan ikuti orang2 ramai kearah tsb.
Paddys Market buka hari Rabu s/d Minggu Jam 10 - 6 sore, seperti pasar Mayestik atau Bringharjo gitu, dan ternyata benarrrr lebih murah belanja disini.
Hikz nyesel kemaren beli agak banyak belanja di Melbourne.
Topi disini @4$ di Melbourne @7$, di Paddys Kaos @5$, Bantal Leher @5$, Boneka Kangguru di Melbourne @7$ disini @5$, paket pulpen plus gantungan kunci 3pc:@5$.
Wooow total belanjaan ‘oleh2’ seharga 1 way tiket ku, serba salah.
Saya terlahir dari kel besar, sepupu dari ke2 ortu ku saja minimal 20 orang, sepupu dari hubby 15 orang, sayang karena dana melankolis, tidak dapat mengakomodinir semuaaa diberi oleh2.
Gak beli oleh2 gak enak dan kurang afdol, beli oleh2 tekorrr smoga semakin dimurahkan rezki saya dan suami, aamin.
Suami khawatir dengan jadwal nanti malam saya harus ke airport untuk balik ke Jakarta, berkali2 dia ingetin untuk segera beranjak cabut, sempat kami beli takeaway di restoran halal kebab menu Fish & Chips.

Opera House❤

Sepupuku & Hubby

With Istri Sepupuku

Sesampai di Hostel pukul 4 sore, ternyata Adik sepupu sudah jemput. Packing koper sekilas dan segera naik mobil untuk kembali ke Icon Sydney lagi, mengulang rute awal kedatangan yang malam hari itu, kali ini mau coba suasana Opera House & Harbour Bridge-Circulay Quay saat Siang hari, assiiiik deh. ๐Ÿ’ƒ

Circulay Quay

Sepupu & Istri + Saya & Hubby❤

Takjub kami kesampean kesini dan sepupu pun mengajak mampir ke Bondi Beach (baca: bondai) wow hampir 80% itinerary kami terwujud.

Bondi Beach

Hanya ke Darling Harbor naik Ferry ke Manly Wharf + Sydney Aquarium + Sydney Government House + Sydney Tower , Watson Bay dll yang belum kesampean, Insya Allah lain kali,aamiin.
Jalan-jalan gak selalu fun, 'shit always happen'. Tapi disitu lah asik nya, justru kadang pengalaman apes lebih seru ngingetnya, Kan bosen kalo cerita yang enak2 nya aja.
Angiiiinnyaa kenceng

Kelar dari Bondi Beach suami wanti2 agar saya segera didrop ke airport, tiba di Airport Jam 7 malam, kami berpisah dan suami exstand semalam nginep di rumah sepupu kandungku.
Saya tidak bawa bagasi tapi kudu ke loket airasia juga untuk ganti tiket (webcheck in) lalu masuk ke ‘All Gate’ untuk pemeriksaan Imigrasi, passport discan sendiri (mandiri) jadi Passport tidak distempel Imigrasi, ikuti saja caranya di antrian, canggih namun mudah.
Tax refund bisa dilakukan jika pembelian min @300$ dan kembali sekitar 10%
Selanjut nya pemeriksaan barang yang rada ketat, saya dikira sakit karena pake baju berlapis, jaket jeans dibuka, long vest dibuka sampai topi jilbab juga,
Hadeh lupa air minum dibuang isi nya, jadi bolak balik lagi.
Tapi secara keseluruhan tetep baik ramah dan sopan Imigrasi OZ daripada di Malingsia! Yeakk.
Suerr belum bisa Move On dari Traveling ke Ostrali iniii,loved it!
Saya menuju Gate 37 dan berwifian sejenak, antri masuk pesawat jam ½ 10 dan takeoff jam 10 malam, dapet seat di tengah sebelah dengan orang India ajaib, helppppppp….gak mau 8 jam perjalanan ( Sydney-KL: 8 jam, lebih jauh daripada KL-Melbourne 7 jam) disamping orang reseh. Akhirnya samping saya kosong segera saya geser pindah, jadi ditengah kosong.maaff yah.
Menu makanan yang saya pilih via online ‘Nasgor Jahe’ gak sukaaaaa, padahal laper karena Fish & Chips yang tadi dibeli deket restoran di Paddys gak sempet kemakan habis.
Hhhmmm traveling jauh gak enak nya adalah saat dipesawat lamaaaaaa beeeudd!!

Senen 24 Oktober 2016

Landing di KL pukul 3 pagi, saya transit 12 jam sebab take off ke Jakarta sekitar Jam 3 siang.
Seperti biasa book hostel Transit (Capsule Container KLIA2) 9 jam = 100MYR.
Jam 4-hingga jam 1 siang. Sempet kesel karena kasur lower bed ku dipake orang jadi lapor ke resepsionis jadi kebagian di atas-upper bed , hikz! angkat koper keatas Stupid banget tuh yang nempatin.

Tapi Jam 12 siang saya sudah check out karena kelaperan,
Lalu saya Menuju NY Colours untuk makan Nasi lemak & Teh Tarik @18 RM
Delay ½ jam, K.Lumpur-Jakarta take off jam 4 sore, Tiba di Jakarta jam 5 sore WIB.
Ipar ku orderin Uber untuk pulang ke rumah ongkosnya seratus ribu plus tip & tol.
Tiba di rumah jam 7 malam.
Alhamdulillah wabihi nastain, Terima Kasih Ya Robbi, lancar semua ya Allah…

Pengen banget someday ke Perth dan sekitarnya (Geraldton, Busselton & Albany).suka sama Ostrali.
Setiap Kota memiliki ke unikan keindahan tersendiri jadi saya jarang bilang ‘Kota XX’jelek, pasti ada yang unik dan indah lah walau Kadar nya berapa persen heuheu
Sisa Opal Card Kami masing2 @12$ dan @22$ untuk Next Trip insya Allah.

“Travel brings power and love back into your life.”

Budget
-           Tiket Pesawat PP Jkt – KL = 330.000
-           Tiket Pesawat: KL- Melbourne = 1 Juta
-           Tiket Sydney-KL= 169 $ AUD (Free! - Credit Shell)
-           Makan PP+Bagasi Pulang:  70$        -------TOTAL 3,8 Juta + HOSTEL TRANSIT =4,2Jt
-           Tiket Hubby: Jkt-Sydney = 2, 7 Jt + Sydney – JKt= 2, 6 Jt, Makan TOTAL = 5, 4 Juta