Jumat, 02 Mei 2014

MAKASSAR DAN TORAJA

Alhamdulillah nyaris tiap bulan saya traveling , khusus nya ‘Beautiful Indonesia’. Kali ini saya dan hubby ber 2 an lagi, kami sama-sama belum pernah ke Angin mamiri alias Makasar dan Toraja. Penasaran ada apa dengan Makasar yang terkenal orang nya keras, demo mahasiswa nya anarkis dan kota nya puanassss bingid karena pelabuhan, tapi dasar tukang traveling itu emang jadi ‘addict’ buat kami, khsusus nya saya yang fleksible pekerjaan nya , gak ada yang di jaga
(Mamaku sudah almarhumah – momongan belum hadir) dan gak ada tanggungan  🤩

Tapi sempat akhir bulan Maret saya terserang Vertigo karena Lambung, seminggu kemudian diare air seharian mencret sehari sampai 13x!  seumur2, karena sejak my hubby patah tangan nya saya jadi males masak dan makan, trus olah raga / yoga 2 jam dalam perut kosong sesudah nya malah makan bakso pedes, ya sutra tepar…bener2 kapok bangeet! Pusing 7 keliling dan muntah2 abis. Iih naudzubillah jangan sampe kumat lagi, kata nya rajin makan lidah buaya di kerik lendir nya di campur madu, hubby juga udah beliin obat herbal sebotol 500 ribu sangking aneh bin ajaib ko’ bisa – bisa saya terserang vertigo? Padahal saat kejadian langsung ke dokter langganan karena jangan sampai di opname. Ambil hikmah nya!

Oya my Hubby beli tiket Jakarta-Ujung pandang ini PP ber 2 Cuma 300 ribu perak pada bulan April tahun lalu saat AA promo. Rezki kami , kadang dapat tiket murah kadang malah lebih mahal! Subsidi silang kata suami .
Berhubung liburan ini lima hari maka sekalian kami rencana ke tana Toraja, sempat awal nya setelah di Makasar lanjut ke Menado, tapi divikir-vikir yang lebih dekat dari Makassar saja dulu yakni Tana Toraja. Mur-mer daripada ke Menado. Next time Insya Alloh dapat kesempatan ke Menado-Bunaken, Ambon,Balikpapan, Gorontalo Raja Ampat  dan Bora-bora  amiin.

HARI PERTAMA 26 APRIL 2014
Maskapai AA pada akhir Januari mengumumkan bahwa rute Jakarta – Makasar di tutup sampai pada pertengahan Februari, ada 3 opsi yang di tawarkan, gak mungkin dunk tiket PP seorang cuma 150 ribu perak di refund, dapat apa coba hare gene pas kurs USD lagi cetar! ( $ 11.700)  lalu myhubby menelpon call center untuk mengajukan tawaran yang di luar opsi AA yakni reroute, Jakarta – Denpasar-Makasar PP.
Beruntung juga sih, yang harus nya tiba di Makasar jam ½ 2 dini hari, tapi karena ada perubahan Alhamdulillah tiba pada sore hari,eeh gak juga denk tiba di Makassar juga malam hari!  dan sudah terlanjur boking hotel transit dekat Airport Hasanudin. Yaitu Hotel KG – Kanaka Giana semalam 195 ribu. Yang berjarak 1 KM saja dari Airport. Terpaksa hangus! Kan selalu aja ada mubazir eerghh belum lagi karena transit di Bali maka airport tax double dan perlu biaya transit dll …
tapi hikmah nya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui...hehe
Dari rumah jam ½ 7 tiba di airport jam 7 langsung Chek in, saat take off pagi hari antri terbang sekitar ½ jam di pesawat nunggu lepas landas.
Pukul 12 siang tiba di Denpasar airport untuk transit  6 jam, Karena airport nya masih seperti pasar berantakan belum selesai diRenovasi maka kami memutuskan menunggu 5 jam di mall Centro Kuta. Dengan taxi ongkos 50 ribu kami di drop di Mall, lalu makan siang di Solaria tepi pantai nya. Udara nya puaanass banget akhir nya kita duduk didalam mall dan sholat jamak
dan beli sandal Bali.

Transit - Kuta Bali
Pukul ½ 4 kami di jemput lagi oleh driver taxi bandara tadi dengan ongkos 60 ribu. Di airport Denpasar kami sejak jam 4 sore hingga jam 8 malam, 4 jam lhoo.  karena AA delay baru take off jam ½ 9 malam! Dapat roti sih, tapi sebelum nya kecele  ke warung Café Angkasa sebelah tempat Refleksi Gate 15 beli Teh Tawar 10 ribu !!! yeak di tembak ngasal padahal waktu beli Nasgor rasa hambar 30 ribu sempat nanya dulu harga nasgor tsb, secara kan akhir nya dapat roti,air mineral dari ke delay an AA.
Dan pukul 10 malam tibalah  di Hasanudin Airport.
Sudah di tunggu dan jemput Pak Galih dan Daeng Joy orang kantor cabang suami.  Alhamdulillah setelah kemaren liburan ke Medan, kantor cabang suami banyak membantu, kini di Makassar pun hubby minta bantuan lagi aji mumpung. Setelah bertemu kami ber 4 mampir makan di Mie Awa Jl.Sulawesi hubby mentraktir. Mie nya kaya mie Jawa ,enaak siih , semangkok porsi kecil harga nya 18 ribu perak.
Jam sudah menunjukan pukul 11 malam saya sangat lelah sekali dari subuh siap-siap sejak di Jakarta tapi tiba di Makassar tengah malam akibat transit dan delay hikz!
Tiba di hotel D’Bugis Ocean ( telp : 411-3636.400)  Chek in Jam 11san malam Hotel di kawasan pantai losari langganan Kantor cabang suami. Semalam 450 ribu perak. Sangat strategis karena pas sebrang nya tinggal ngesot langsung pantai losari dan mejeng-mejeng di icon Makassar tsb, apalagi view kamar 301 langsung icon tsb.
View dan tepat di depan Hotel D'Bugis #301
Kami pilih hotel karena; satu pelajaran yang bisa dipetik adalah bukan hanya murah yang harus dipertimbangkan , tapi juga kenyamanan dan efisiensi waktu . Jadi backpacker gak harus jadi pelit dan menyiksa diri sendiri.

HARI KE DUA MINGGU 27 APRIL
Pukul 10 pagi kami Chek out , titip koper karena lusa akan kembali, dan Joy Driver sudah menjemput  sekaligus guide kami ( Hp Joy : 0813.5340.0488) untuk tour di Makassar seharian plus langsung malam nya menuju Toraja. Wow gempor dah ! semoga saya selama traveling ini dan ke Jepun nanti senantiasa di beri kesehatan amiin  pleaseee Ya Allah #Nazar!
Rute pertama adalah dekat hotel yang kami inapi adalah benteng Rotterdam. Bayar masuk tiket nya seikhlas nya ( 10 ribu ber 2 ) udara nya puanasnya poll , hubby pun amat sangat tak tertahan kan, dasar si bule-potan! Setelah foto-foto 10 menit segera cabut masuk mobil lalu menuju makam Pangeran Diponegoro.
Benteng Rotterdam

Makam Pangeran Diponegoro
Bayar parkir seikhlas nya ( 5 ribu perak ) dan menulis buku tamu sumbangan 15 ribu. Saya dan hubby terharu ziarah ke makam leluhur dan mendoakan pahlawan bangsa ini, semoga di terima Allah Swt amiin.
Sekalian searah dekat makam ini  yakni lurus lalu belok kiri  ( nanya-nanya dulu sih ) ada rumah makan Bravo penjual Es Pisang ijo dll
Warung Bravo- Es Pisang Ijo
Muahaaal nya kebangetan iih! Sepiring 18 ribu ( belum pajak, padahal warung gak ber Ac ) rasanya biasa aja sama aja seperti di Jl.Raya Pondok Kelapa Jaktim cuma 9 ribu perak karena tiap minggu saya antar suami urut tangan nya di Guru Singa, versi saya gak referensiin aah! terserah sih yang nulis di blog lain yang bikin saya penasaran hehe
Setelah itu kami melanjut kan ke tempat beli oleh-oleh TOKO UNGGUL di Jl.Pattimura 8. Souvenir kapal pinisi kecil 35 ribu, markisa kecil 2: 60 ribu, madu kecil 33 ribu, sarung 30 ribu, kacang disco, jagung goreng,kue makasar, magnet kulkas sebiji 7500, balsam tawon sebiji 11 ribu dll.  Ini toko setelah bayar ketat banget langsung di dus rapat serapat nya dan cek-data lagi bikin keder dan lupa kalo  madu dan markisa harus nya jangan di dus / tenteng tapi  masuk bagasi !!! untung aja waktu berdebat di pemeriksaan Denpasar lolos karena dus tsb kami tenteng.
Rute selanjut nya kami menuju air Terjun Banti Murung, bayar tiket seorang 20 ribu, daeng Joy yang menjadi guide sekaligus fotografer untuk kami, orang nya gak terlalu doyan makan ( irit hehe ) jadi silahkan hubungi daeng Joy untuk menyewa mobil dan disupirin nya. saat itu kami pake mobil kantor cabang.

AIR TERJUN BANTI MURUNG

Di Bantimurung ini ratusan orang ruame biingid secara hari minggu, iih ampun rame banget bayar seorang 20 ribu ada ratusan orang ko’ fasilitas kurang ya? kan banyak pemasukan  *capek ngeluh mulu.
Kami Cuma foto-foto 10 menit cabut lagi , menuju Goa Lompoa , tapi saya kelaperan sangat sebelum tiba di Lompoa mampir makan di Warung PARAIKATTE Coto Makassar semangkok 15 ribu ( belum cemilan lain )  setelah makan kami  melewati makam Sultan Hasanuddin, iih gak keurus dan buruk sekali, kesian Sultan … Tapi kami tidak mampir sih langsung menuju Lompoa. Seperti biasa masuk gerbang disuruh isi buku tamu maksud nya bayar. Sukarela tapi di patokin 20 ribu  karena saya selalu Cuma foto 10 menit maka Standar saya beri 15 ribu saja harus nya 10 ribu gara-gara di tanya dan di patokin sih hehe *Ibu2pelit OGI

Balla Lompoa

Setelah foto-foto 10 menit terpikir saya ingin menitip cucian laudri pada Joy di deket rumah nya sekg 7  ribu perak, maka saya minta mampir ke Hotel D’Bugis untuk ambil baju kotor di koper sekalian numpang salin baju karena langsung menuju Tana Toraja. Setelah dari hotel lalu cari makan Konro Karebosi yang terkenal itu ( dekat lapangan Karebosi )  gak afdol ke Makassar gak nyobain Konro! semangkok 50 ribu porsi besar jadi saya dan hubby ber 2, Joy gak mau karena tadi sudah makan Coto Makassar.  Uenaak banget Konro nya.
Konro Karebosi
Lalu jam ½ 8 malam kami di drop oleh driver Joy di Pool Bis Scania-Bintang Prima
Bis Scania-Bintang Prima
Tapi kami sudah titip beli tiket sehari sebelum nya kalo gak , bakalan sold out! PP seorang 320 ribu perak.
Jl. Perintis Kemerdekaan KM.12 (depan linud "ryder 700" - samping Plaza Kedaung), Tlp: 085242878266 untuk menuju Toraja selama 8 jam perjalanan. Batere Hp mati karena low bat maka saya pergunakan untuk mencharge di pool situ, dan baru berangkat jam 10 malam, 1,5 jam nunggu bo!!! Tapi wow bis nya keren banget, buatan swedia, suspensi udara, tahan goncangan, jalanan rusak Makasar-Toraja gak terasa, tikungan dll padahal bis nya rada ugal-ugalan ngebut, ada selimu,bantal dan colokan Hp, dingiiin bangeet. tinggal nambahin bawa neck pillow ,koyo, kaos kaki dan sweater.   seperti nya nanti bis Willer ku di Jepun seperti ini deh, dan pasti lebih nyaman lagi secara ada wifi juga jalanan di Jepun muluuss…heuheu kecele

HARI KE TIGA SENEN 28 APRIL
Pukul 6 pagi tiba di Rantepao, di ruko kantor cabang perwakilan  Bis Bintang Prima, langsung kami di jemput oleh Driver Yunus, saya browsing mendapat kan sewa mobil dan keliling seharian  12 jam di Toraja 430 ribu tapi ada tambahan jika ke Puncak / Batu Tomanga nambah bensin gocap, pereez banget dah pak Basril nih. No Telp Pak Basril : 0812.4444.1882
Setelah di jemput sekitar 10 menit sampai di rumah bu Haji ; ortu Pak Basri untuk istirahat, wow Alhamdulillah banget banget niih, saya terkapar capek banget, gak ada istirahat nya, setelah cuci muka,gosok gigi, ganti baju  dan di beri sarapan lhooo.  Alhamdulillah.
Istirahat di Rumah Kel Basril
Jam 8 pagi kami memulai traveling ini ke Puncak yakni Batu Tumonga,sayangnya  sampai di atas kabut tebal, padahal menuju kesini medan perjalanannya rusak gonjang ganjing tapi karena kabut  pemandangan yang spektakuler itu tidak nampak, dan sayang juga saya lupa mengajukan sekalian mampir ke Barana yaitu pusat anyaman tradisional.
Setelah dari Batu Tumonga tanpa hasil kami lanjut kan ke Kalimbuang Bori, seperti di Makassar isi buku tamu maksud nya adalah bayar seorang 10 ribu, hadeeeh mahal yah di banding ke Lombok bulan lalu secara kami Cuma kurang dari  10 menit foto-foto doang, jadi inget temen yang susah banget ngasih tip ke driver Lombok dulu padahal biaya makan driver / guide di Lombok  tsb gak kami tanggung, jadi KAPOK deh tuh driver / owner Lombok Leisure mungkin ke kita!
Hubby sih gak tega ngasi tip seharian driver 80 ribu ( patungan seorang 20 ribu! Padahal kalo 4 orang apa susah nya sehari 50 ribu jadi sehari tip 200 ribu tho gak nanggung makan)  seperti Miss X itu. Padahal saya pun kere tapi gak tega. Sedangkan Miss X yang slalu berkoar2 gak tega ‘nawar’ kalo beli sesuatu malah ngatain saya  tega suka nawar2 tapi ia  tega bangett ngasi tip orang, saya  orang nya gampang iba,untung nya iba saya tepat sasaran, saya beli souvenir yang jual anak kecil.   hadeeh tiap orang emang beda2!  bijak aje ye *curcol nih …
Kalimbuang Bori

Bori
Kembali ke cerita setelah dari Kalimbuang Bori jam 11 siang kami makan siang di warteg Rumah makan muslim Surabaya ( dekat Mesjid ) masih di kawasan Rantepao. Menu nasi rawon 18 ribu,  nasi ayam 20 ribu, driver yunus memilih menu nasi telur dadar kuah rawon 20 ribu, enak juga tuuh ( belum cemilan lain ).
Jam 12 san kami menuju LEMO, di Lemo terdapat kuburan yang menggantung di dinding khusus bagi bangsawan, bayar tiket isi buku seorang 10 ribu perak, kalo bule seorang 20 ribu perak.
Di Lemo ini terdapat hamparan sawah sehingga adem bagi saya gak horor ko'. Secara emang Toraja dimana-mana kuburan kan. Kesan saya tentangToraja : negeri orang mati yang hidup.
LEMO

Di samping ini hamparan sawah - adem
Setelah dari Lemo lanjut ke Londa, yaitu pemakaman yang terkenal di dunia Internasional sebuah pemakaman di gua – gua yang di penuhi peti mati dan tulang belulang manusia dan di dinding berbatu. Bayar tiket masih seorang 10 ribu di tambah sewa petromak 50 ribu . Toraja emang benar-benar gak natural \ alami kalo masalah biaya! gak lagi ah ke sini.
LONDA

Masuk Goa Sewa Petromak
Peti2 Mati dan Tulang belulang di sudut2

Londa

Guide nya menceritakan bahwa gua ini sudah ada ratusan tahun, dan ia pun kelak jika meninggal akan di pestakan seperti ini. Bagi rakyat Toraja upacara kematian amat sangat mahal dan menghabiskan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah, sempat kami melihat  kerbau yang sebagai symbol orang Toraja, Kerbau yang kulit nya warna nya seperti Sapi adalah yang bernilai milyaran rupiah, sayang saya gak sempat foto dengan kerbau ‘panu’an itu hehe
Jenis Kerbau (Kulit Mirip SAPI) di Toraja seharga 1,5 Milyar
 binatang babi pun ada yang harga nya ratusan juta rupiah kebanyakan peminat nya orang papua. Ebuset!
Di dalam gua Londa ini pun saya berfoto dengan tengkorak / tulang belulang pasangan romeo & Juliet yakni sepasang kekasih yang bunuh diri karena tidak di restui ortu secara mereka sepupu kandung boo…hhhmm.
Sepasang Tengkorak Romeo & Juliet

Romeo & Juliet (Khusnul Khotimah-amiin)
Di Dalam Goa

Udara sangat panas , kami ber 2 sudah basah kuyub dan tidak ada baju ganti hingga nanti malam di Bis kembali ke Makassar bikin pikiran aja. Lalu saya meminta selanjut nya bisa gak mampir , nebeng cuci baju,jemur di rumah Bu Haji ortu pak Basril owner Travel ini. Driver Yunus menyetujui, maka jam 2 siang hingga jam 4 kami istirahat, cuci-jemur langsung kering boo, rumah nya sepiii sih gak ada penghuni nya kalo t tadi pagi rada rame hehe perut kiri saya pun ngilu tanda akan datang bulan. Maka istirahat 2 jam ini berguna banget walau hilang kesempatan  keliling ke tempat lain. ( Palawa : Desa seperti Ke'te Kesu tapi ada pusat tenun juga, Suaya : Makam kel Raja dan Sangala : kuburan pohon bayi dan ada air terjun nya dan ke Ti'langa dll )
Pukul 4 tan sore  kami menuju Ke’te kesu tapi malah mampir beli kue dan kopi Toraja ( Kopi 20 Ribu )   oleh-oleh Toraja dulu, sehingga tiba di Kete kesu jam 5 an baru 5 menit tiba sudah hujan gerimis. Kembali isi buku dan bayar tiket seorang 10 ribu,  Sempat beli sandal jepit Toraja 15 ribu ( takjub tumben murah )

Tongkonan Rumah Adat Toraja

Ke'te Kesu - tempat SBY berfoto

Mirip Rumah Gadang Minang yah

Ke’te Kesu adalah : Desa yang terdapat deretan tongkonan \ rumah khas Toraja yang mirip rumah gadang minang .   Berfoto juga di tempat Presiden SBY berfoto. Maka oleh sebab karena itu  kami akhiri lah perjalanan keliling  Toraja ini di Ke’te Kesu. Sampai Jumpa Toraja.
Jika ada kesempatan akan ke daerah selatan dan inap semalam.

Sebelum Magrib kami makan di sejajaran ruko pool bis yaitu rumah makan muslim …
Seporsi nasi ikan dan sayuran 35 ribu dan driver yunus nambah lapar sepertinya.
Pas Maghrib kami parkir di Mesjid dan bergantian salin baju, sikat gigi dan  sambil sholat jamak. Lalu minta istirahat di mobil pas didepan ruko pool bis tsb sebab posisi ruko perwakilan bis ini  kurang nyaman untuk di tongkrongin hingga pukul 8 malam karena keberangkatan pukul 9 malam.
BYE BYE  TORAJA.

HARI KE EMPAT SELASA 29 APRIL 2014
Alhamdulillah tiba di Makassar, pukul 5 subuh kami di drop di Paterani atau Balai Sidang Makassar Karena poll bis di Perintis Kemerdekaan belum buka, salah paham dengan Joy yang sejak jam 4 pagi sudah menjemput dengan mobil pribadi di sana. Maka kami pas turun langsung naik taxi ke Hotel D’Bugis dengan argo 30 ribu perak. Kami chek in jam ½ 6 pagi Alhamdulillah gak di persulit ( kan biasa nya kudu jam 2 siang errgh!) pas tiba di hotel saya pun kedapatan datang bulan ( Mens ) maka stay aja seharian di Hotel secara capekk bangeeet.
Joy menyusul ke hotel mendrop titipan laundry ku  lalu Hubby bersama Joy  antri  beli Nasi Kuning Riburane yang terkenal itu, namun baru buka jam 7 pagi tapi sejak jam ½ 7 pagi sudah antri, harga seporsi besar 35 ribu saya dan hubby berdua di bungkus tentu Joy seorang ga bisa sharing. Nasi kuning yang mahal dan biasa aja, tapi terdiri dari daging,telor dan paru. Tetep gak suka!
Seharian istirahat di kamar, makan siang delivery beli KFC di samping kanan hotel, samping kiri Alfamart benar-benar hotel strategis kaaan …
Sambil mikir bagaimana cara nya besok kami transit 8 jam di Bali untuk boking hotel transit murmer, akhir nya Alhamdulillah dapat browsing via Hp  di tiket.com Hotel Next Tuban  seharga 160 ribu. Lumayan daripada di Mall seperti kemaren makan dll pasti habis biaya juga.
Sore hari Hubby kedatangan Pak Galih orang cabang kantor dan mengobrol di Lobby, jam ½ 8 malam saya baru keluar kamar bersama hubby jalan kaki menyusuri sekitaran hotel dan mencari tentu bertanya-tanya dimana RM Lae-Lae yang terkenal itu. Ternyata hotel Fave amat sangat strategis lokasi untuk kawasan kuliner karena depan nya RM Lae-lae dan Mie Titi. Tapi jauh dari Pantai Losari nya. Di RM Lae Lae menu seafood, kami memilih : ikan 2, kangkung, pesan  es buah ternyata disini  es campur, toge goreng  ternyata beda juga; total ber 2 = 130 ribu.
Pulang nya beli Pisang Ape spc 3 pot : 10 ribu.

HARI KE LIMA RABU 30 APRIL2014
Pukul ½ 9 pagi kami chek out sempat sarapan di hotel sekedar nya, dan jam 9 pagi Joy sudah menjemput dengan mobil nya, lalu foto2 di depan hotel lanjut  sowan ke kantor cabang suami dan nebeng print voucher hotel Transit di Bali.
Posisi ini pas tepat depan Hotel D'Bugis

Jam 10 kurang kami sudah tiba di Airport Hasanuddin.  Biaya airport tax disini lebih mahal daripada Jakarta dan Bali . Joy Driver memberikan bingkisan makanan khas Makassar seperti lape gitu. thanks Joy.
Tanpa delay langsung menuju Denpasar.
Awal  nya niat saya mau asal tawar taxi 40 ribu karena dekeet banget ke Hotel Transit itu. jam 1 an gak sengaja kejebak ketemu lagi dengan Driver taxi di Bali kemaren, terpaksa kami tawar 50 ribu ke Hotel Next Tuban yang deket banget dari airport ini sekitar 10 menit. Ancer2 nya: Sebelah Ayu Nadi dan Hotel Gowin, ada gang - mobil dapat masuk Jl.Puri gerenceng masuk 200M sebelah kanan. sayang nya ke Jalan raya 200M! Ternyata baru bisa Chek In jam 2 siang, errrgh! Akhir nya titip tas lalu keluar untuk makan siang  di WARTEG Muslim, muraaah sangat ber 2 = 20 ribu termasuk 4 bungkus kerupuk! hidup warteg!!!
Syukur sekembali nya sudah dapat kamar 108 , lantai dasar, hotel budget  ada kolam renang nya, Tv nya Lcd, ada tv kabel, Kasur nyaman dan kamar mandi pun oke. Amat sangat referensiin untuk Transit. Tapi ke Mall atau ke Kuta jauh.
Next Tuban Hotel #108
Saat sore saya seorang diri pergi ke kuta naik taxi blue bird ke kawasan HRock Argo 20 ribu rada jutex tapi masih gak begitu,  pulang nya pake Bal* Taxi perang , karena No Taxi 326 itu jutex banget tau kalo tujuan saya jarak nya dekat, saya minta turun, eeh dia memaki-maki gak jelas, sensi dan tinggi kali 7 octav nada suara nya , capek deh aya2 wae niih Bali woiiii ….
Hikmah nya saya jadi kenalan sama tukang ojeg si Delon, karena pas turun dari taxi 326 itu pas depan Delon dan kawannya. semua emang gak ada yang kebetulan! dia nawarin naik ojeg 10 ribu, lain kali kalo mau sewa dia ke Aerlangga Denpasar dll dapat hubungi Delon Ojeg : 0857.3930.2xxx
Sambil di kamar hubby nunggu kedatangan kawan kantor cabang Bali, pas datang mereka di Lobby.
Jam 9 kami di di drop di airport karena jam ½ 11 take off ternyata malam hari pun AA delay eeerggh lumayan sejam !!!.

Welcome Jakarta jam ½ 1 malam \ pagi. Ipar keren  sudah menjemput sejak jam 11 malam.
untung besok Mayday, Libur!
Lapeerr sangat , beli hokben dulu yang 24 hour.
Ciyee Sarapan di Makassar, Lunch di Bali dan Makan Malam di Jakarta...
Alhamdulillah wasyukurillah sukses lancar jaya, selamat sampai tujuan dan kembali juga rumah aman terkendali.

Rencana selanjut nya Insya Allah semoga akhir tahun kami ber 2 kembali dapat jalan-jalan; Yaa pokok nya ber 2 ke Pulau yang belum pernah dikunjungi *sssttt mari kita jebak si bule-potan itu.
Saya mulai packing - persiapan kurang dari dua minggu lagi  Insya Allah  ke Jepun nih...

Budget:
-           Tiket Jkt –Mks PP ber 2 + Bagasi = 300.000
-           Bensin + Tip Makassar : 150.000 + 250.000 = 400.000
-           Bis Makassar-Toraja pp ber 2= 640.000
-           Hotel Makassar= 195.000 ( hangus ) Hotel D’Bugis 2 malam 900.000 = 1,1 Jt