Senin, 26 Mei 2014

JEPANG ( PART 2 )

JEPANG – PART 2
MINGGU 18 MEI’14
Alhamduillah tidur nya lelap di hostel Kyoto, yang penting bagi saya adalah istirahat yang cukup dan rajin minum vitamin, karena bawaan barang saya tiap hari paling berat banget. jadi pundak rajin saya beri koyo, sembari kalo keberatan zikir. Karena benar-benar saya nyesel ko gak bisa efisien. Gimana mau efisien; bawa minuman,snack,gadget 3\ tablet, camera, pocket wifi,power bank,tisu,sendal, kacamata, buku dan belanjaaan.
Rencana semua peserta ( kecuali saya )  mau belanja di Takashimaya maka kami tunda cek out awal nya jam 8 menjadi jam 10 pagi, dan sesampai nya di Takashimaya harga2 ternyata mahal sekali, gak jadi. langsung kami menuju Kyoto stasiun. Lalu ke tiket office untuk beli ‘Shinkasen Nozomi ‘ menuju shin Osaka seorang harga nya 1400Y. kererta Shinkansen bullet adalah kereta peluru yang kecepatan nya sangat tinggi dan seperti d pesawat dalam nya. perjalanan Cuma 13 menit, kami beli tiket yang non reserved seat. Perhatikan gerbong yang non reserved! Tapi kebagian seat dan sepiiii  sih, puas2  foto.
Shinkansen Bullet - Kereta Peluru

Sampai di shin Osaka menuju Osaka, naik subway ke Umeda beli tiket @240 Y. platform 1. Sesampai di Osaka keluar stasiun menuju gedung Umeda Sky Building, surprised terdengar lagu ‘Kopi dankdut’. Ternyata benar menuju kantor Willer di Umeda Sky Bulid ini benar2 kebangetan jauuuuh nya! Hadeeh! 5 kepala, 5 mulut, 24 jam bersama, bawaan masing2 berat ( terutama slalu bawaan paling  berat barang ku ) beda ide, saling sotoy, letih, panas tentu diselipi dengan ke bĂȘte an lah. Beginilah seni nya pergi kelompok. Enakan sama my soulmate traveling hehe  mending Osaka – Tokyo by shinkansen aja langsung. Gak capek daripada kalo naik willer, mepet – buang waktu di jalan. ( lihat blog Vicky kurniawan  untuk mencapai kantor Willer di Osaka \ Umeda Sky Build)
Sesampai di kantor willer di lt 1 \ lt dasar langsung sewa loker. Beraat banget bawaan nginep semalam doang di Kyoto plus belanjaan. Belum dapat seat number bis nya, baru sejam sebelum keberangkatan nanti malam ½ 1 malam! Lalu kami menuju Osaka stasiun ke Depachika \ Basemen \ foodcourt. Saya pilih Nasi  145 Y + Ikan 342 Y + Salad 182 Y (kebuang karena rencana utk besok tapi keburu basi –kalap sih ) + Daging rolblade Sapi 162 Y = 831 Y alias hampir 100 ribu rupiah ! makan nya di lt 11 \ bioskop tapi di luar nya\ observasi deck nya. Gak jadi ke lt 10 & 14. Karena mepet waktu rencana akan ke Osaka castle.
 Jam 4 sore baru menuju ke Osaka castle padahal tutup jam 5. Beli tiket JR @ 160 Y turun di Stasion Osakajokoen. Lalu jalan kaki menuju Osaka castle. Jauuuhhh be’eng! Luas castle nya. Bayar tiket masuk 600 Y- worth it sih. Tapi karena ½ jam doang (akan tutup), padahal istana tsb luas maka saya ber 3 lansia sehat gak masuk, anak ABG \ muda 2 orang itu masuk. Saya berfikir mungkin foto di luar dan sekitaran nya lebih terlihat sempurna Castle nya. Kecuali ada waktu banyak untuk men explore semuaaa di dalam. Sambil nunggu 2 orang saya pun ber wifi ria!
OSAKA CASTLE
Osaka Castle

0saka Castle
Kembali ke stasion osakajokoen kami berpisah, tante dan oom menuju sekitaran Osaka saja, saya ber 3 menuju Nara, sebenar nya yang 1 orang gak minat, tapi gak mau terpisah kan dengan seumuran nya, padahal saya sering banget terpisah dengan 2 anak ini dan bergabung dengan tante –oom mereka.
Menuju Nara jam ½ 7 sore saya beli di tiket di office \ samping vending mesin biar aman – takut salah bayar tiket @ 710Y. naik Truruhashi \ platf 2. Turun di Tennoji \ kayanya bisa juga di shin imamiya ( pas pulang )   di Tennoji ganti JR Yamanote , turun di Oji \  paling terakhir lanjut naik Kintetsu nara turun di stasion Nara.
Tiba di Nara pukul 8 malam, menuju halte bis-mampir dulu ke kantor informasi depan halte.

Ternyata semua objek wisata tutup jam 5 sore, Cueklah yang penting sudah survey seperti apa Nara, ibu kota Jepang pertama zaman dulu , kota nya sepiiii malam hari dingin, kulit jadi kering sehingga beberapa hari di Jepun ini kulit paha,kaki,betis saya gatel dan merah2, gengges! Lupa bawa lotion caladine.
Kami naik bis No. 2 di platform 1. Bayar @ 210Y. turun di kencho mae, jalan ke ‘Kohfukuji’ ( 5 story pagoda) kohfukuji adalah landmark kota Nara. Kami juga melewati museum. Setelah berfoto di kohfukuji kami di antar rombongan anak ABG \ kuliahan orang Jepun yang  baik super baik hati. Sepupu sempat berfoto dengan mereka.  WHAT YOU GIVE WHAT YOU GET

MUSEUM NARA

Kohfukuji Nara City
                                                                                                                                   Kami di antar sampai di halte dan sampai bis lho. Naik bis no 79 berhenti di sta Nara kembali. Lalu beli tiket ke Osaka 800Y. paltf 3 turun di shin imamiya ( setelah tennoji ) pindah jalur ke sebelah menuju Osaka, dan kembali jalan jauuuuuh menuju kantor willer di umeda sky building.  Tipe willer kami T224 masih seperti yang pertama double decker dan di atas paling depan. Kapok pake willer! Enak shinkansen.Note To Self : Cek di website Hyperdia.com * Shin Osaka - Tokyo by Shinkansen Nozomi  2 jam  = 15.300 Y kalo Bis Willer 8 jam =  ... jadi lebih untung beli Single Ticket \ ngeteng daripada JR Pass yang seminggu 29.200Y itu! sebener nya kalo pinter biaya di Japan gak mahal ko.

HARI KE SENEN 19 MEI ‘14

Akhir nya kesampean melihat gunung fuji pas di bis willer 2 jam sebelum tiba stasiun Shinjuku, jelas – besar dan cerah.posisi gunung fuji salju tsb di sebelah kiri.  Pukul ½ 9 pagi kami tiba di stasiun shinjuku kembali. Jalan \ nyebrang menuju stasion Subway \ JR tiket Office beli tiket 1 day Tokunai Pass @ 750Y Karena hari ini terakhir keliling Tokyo. Gak sabar ingin segera tiba di rumah tante di Meguro, mandi dan packing serta istirahat. Dari Shinjuku menuju platf 14 menuju Yamanote line turun di Shinagawa lanjut ke Meguro-keluar west exit –nyebrang-arah Motokebajo-Otsukayama-Chubachi.  Argo 730Y. tiba di rumah tante masih ada PR ke kantor pos balikin Pocket Wifi nya.
Meguro-Chubaci Compound D
Setelah dari kantor pos,mandi,sholat, makan, foto2, kami berpisah Cek out dari rumah tante jam 1 an ,dengan beranak-pinak koper masing2 kami jalan kaki ke depan area \town house untuk naik taxi ke Meguro sta. lanjut ke Shinagawa titip \ sewa locker. Yang paling besar 700Y.

1.Rute pertama adalah : dari Shinagawa menuju Tokyo Tower. Ke Yamanote line platf 1 turun di Hamatsu cho – keluar jalan 1 km menuju Tokyo Tower, 2 orang tante menunggu di taman, saya  ber 3 lanjut untuk foto2, sempat saya cek jika masuk ke ‘Main Observatory Tokyo Tower’ \ naik keatas tower ini bayar tiket 820Y.  tapi akhir nya saya berpisah dan menyusul tante. Tadi saat menuju Tokyo tower lewatin Rest Yoshinoya, masih belum kesampean makan Yoshinoya di Jepang, seminggu di Jepang gak cukup ternyata!
2. Selanjut nya menuju Ginza.  Kembali ke stasiun tadi lalu ke platf 1  tapi jalur 2 turun di Shinbashi. Lalu ke north exit-stop an \ halte bis, untuk jalan kaki ke Ginza  tapi kearah karoke Big Echo trus arah gedung panasonic, di situ lah letak Ginza- berjejeran toko brand terkenal seperti di Orchard Singapore. Saya mampir ke sebelah Zara yaitu LAOX beli mask 18 biji = 7400Y berbagai macam shiseido, kose terjual disini,jika belanja min 10.000Y baru no tax..alah!
Kembali menuju stasiun Shinbashi  untuk ke Shinagawa stasiun ambil loker \ koper. Setelah ambil koper Lalu ke tiket office beli tiket keikyu line @ 410Y untuk ke airport Haneda. Dan saya ber 3 tante – oom tertinggal dengan 2 anak  ini karena ia slalu didepan kami , saya ‘agak’ bertanggung jawab dengan tante-oom mereka agar jangan sampai terpisah. Sesampai nya di Haneda kembali bertemu, pas antri bagasi kembali  2 anak ini meninggalkan troli nya karena ingin ke sevel, saat konter terbuka sudah ampir giliran saya, rasanya akan saya tinggalkan saja troli nya namun apes nya bagasi saya atas nama dia. Eerghhh slalu 5 kepala ada saja dinamika nya. ni petugas konter bagasi Jepun pake ribet segala lagi, ,kalo saya patungan bagasi nya, etdah! Selesai cek in pukul ½ 9 malam. Sedangkan take off baru jam 11.45 malam. Hhhmm…. Saya seorang berwifian sendiri. ,masing-masing pisah, 2 anak muda kembali duluan ke gate, tante-oom shooping window dan saya cari posisi ber wifi ria…
TOKYO TOWER
Ginza

SELASA 20 MEI’14

Perjalanan di pesawat 7 jam an, belum nanti ke Jakarta 2 jam an lagi, ampun deh males banget kalo ke negera jauh yang pesawat nya gak nyaman senyaman-nyaman nya. Tiba di KL jam 6 pagi waktu KL. Setelah cek Imigrasi ( Iseng  berdebat dengan Ibu Aza – tentang keberatan cara pemeriksaan bagi wanita berjilbab-apa kudu yukensi baru gak di touching2 nya (?) lalu saya seorang melipir ke mushola sebelah money exch – selantai dengan Mcd, benar2 gak ada penghuni nya ni mushola, istirahat –tidur sejenak, 2  sepupu menyusul. sesaat kemudian ia meninggalkan koper nya untuk keliling,  karena sudah jam ½ 9 saya tinggalkan dan  sempat pub lalu baru ke gate, menunggu tante & oom yang belum muncul. take off jam 10 pagi. Tiba di Jakarta jam 11 siang, Welcome home. Alhamduillah…. Kangen hubby.
Menuju rumah naik taxi ber 2 sepupu yang searah kerumah.
Hubby sudah kirim orang kantor nya beliin menu makanan padang bo, dan aneka minuman dan buah, thks beib. Alhamdulillah .
Tapi masih ada PR karena beberapa hari lagi pesta pernikahan adik sepupu ( anak ortu angkat ku ) rempong masih berlanjut!
Kesimpulan nya seminggu di Jepun pegeeeel banget . semua pada mau boking tukang urut, kalo saya perasaan habis di urut bukan nya sembuh malah meriang,masuk angin \sakit. Gimana gak pegel, di peswat Jkt –KL pp 4 jam, KL-Haneda PP 15 jam, Bis Willer PP 16 Jam, Bis FujiQ PP 5 jam ! sekian!
Website : hyperdia.com  : ngebantu kita ke tujuan mana ,berapa lama , berapa ongkos dll

Budget :
-          Tiket AA PP  : 4,4 jt
-          Bagasi : 407 rb ( patungan ) + Makan 315 = 720.000 + Bagasi 180.000 = 900.000
-          Visa     : 404.000
-          Airport tax : 150.000
-          Hostel di Kyoto: 3000 Y ( Rp.
-          Bis Willer: 11.164 Y ( Rp.
-          Pocket Mobile Wifi @1.160 Y ( Rp.
-          Bis Fujikyu Highland PP = 3500 Y
-          Transportasi di Tokyo = 1000 + 750 + 750 + 500Y= 3000 Y
-          Transportasi di Kyoto = 500 Y
-          Transportasi di Osaka =
-          Transportasi di Nara =  450 Y

Kurs Yen : 112 - 113
BARANG2 BAWAAN :
-          Neck Pillow, Tolak Angin,Snack,Pop Mie,Saos Sambel, Koyo,Kaos Kaki, Aroma therapi, Caladine Lotion \ Vaseline Petroleum Jelly ( tutup biru )