Selasa, 03 Maret 2020

PERTH – AUSTRALIA
19 – 29 FEB 2020
Last Summer

MasyaAllah Tabarakallah Alhamdulillah masih bisa traveling trus, beli Tiket murah sekitar 6 bulan yang lalu, atau semingguan sebelum berangkat ke Amrik tahun lalu, PP Jakarta-Perth by Scoot (Transit lama di Spore, eerrrggh!) seharga Rp,2,3 jutaan aja lhooo.
Tapi tanpa Meal & Bagasi, akhir nya plus Bagasi PP sekitar 4,2 Juta NAJIS!
Belum biaya booking kamar traveling ini Privateroom gak dorm, kirain bisa Sharecost.

Jalan hidup orang gak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi 6 bulan – setahun kedepan nya, yang penting hajar aja beli tiket murah, mumpung murah daripada nyesel gak beli….iyaaaa khan?!
Alhamdulillah sangat di syukuri dan nikmati skenario Allah untukk ku
Terakhir ke Aussie (Melbourne & Sydney) 4 tahun yang lalu atau tahun 2016, males ajuin bikin Visa lagi, tapi sekarang ajuin Alhamdulillah dapat 3 tahun. (Mungkin sudah ada Visa Amerika jadi nambah point mereun, Bolak balik Aussie ah mumpung Free Visa).
Australia bulan Desember sampe Februari adalah musim panas dan bulan Maret adalah musim Fall / Autum, kalo musim panas, parah banget panas nya untung saya datang pas last summer, uda mau Fall sih tapi masih agak panas euy, apalagi bulan2 lalu Australia di landa musim panas terrrparah banget sampe kebakaran hutan yang parah , Di Perth saat ini cuaca kisaran 27˚- 34˚.
Alhamdulillah kurs dollar turun bingid, tapi udah keburu nafsu borong saat kurs @9475 padahal terakhir sempet @9180, wow seneng nya, waktu 4-tahun lalu (2016) kurs AUD @9950 iiiiihhhh….
Sebener nya rada ketar ketir juga dengan mewabahnya Virus Corona yang menimpa China konon berita terakhir udah menelan korban jiwa sekitar 80.000 an orang, Singapore juga sudah kena imbas nya, mana saya transit lama lagi di Changi, Lillahi Ta’ala.

Perbedaan waktu Jakarta dan Perth Cuma sejam alias waktu di Singapore dan Perth Sama!
Jilid pertama dulu sudah berkunjung ke Melbourne dan Sydney dan kali ini ke Perth tho, Habis mau ke Adelaide jauh dan mau ke Albany aja yang deketan dari Perth naik Bis 7,5 jam, Stay area Perth aja udah super bersyukur dan enjoy dengan kondisi Epidemic Virus gini....sereeeem.
Menurut versi bin selera ku kok kurang berkesan liburan ke Australia kota Perth ini, apa karena solois, kelamaan & Jiper dengan Virus ini lebih sreg dulu di Sydney (?).

Alhamduliilah liburan kali ini selama 8 malam di private room gak seperti sebelum2nya apalagi saat traveling ke Amrik, Hostel di Yu-es muahaal, di Aussie dapat private room yang semalam sekitar Lima ratus ribuan, jadi sholat lebih leluasa,Please Bismillah dimampukan Ya Allah, tapi masih kurang sreg nexttime mau coba AIrBnB ๐Ÿ˜Š

Rabu 19 Feb 2020
My hubby izin pulang siang dari kantor dan anter ku ke Airport, makan dulu sebelum ke airport secara nanti akan transit 13 jam di Changi, ampun deh bener2 kapok naik Skut yang sopan bingid Transit nya nanggung!๐Ÿ™„
Turun dari pesawat sesampai di Changi tak ada pemeriksaan seperti biasanya, semua rada longgar, ada petugas yang dimeja computer yang merhatiian pengunjung mungkin, computer otomatis yang bisa mendeteksi suhu orang pengunjung / sakit.
Mager transit di Changi jam 11 san malam, gak sempet ke Jewel Galeri dll, stay bobo ayam di Mushola Terminal 1.
Kamis 20 Feb 2020
Pesawat landing ontime, tiba di Perth Kamis sore sekitar jam 16. Saya sudah isi kartu Declare sejak di pesawat dan saat Imigrasi Sangat lancar dan ramah penyambutan nya, dan barang bawaan saya gak di Periksa, cerita detail sudah di bahas di Blog sebelumnya.
Keluar dari airport nanya dimana letak Bas ke kota, ternyata gampang Cuma belok kanan dan tunggu duduk di halte, Bas akan datang, saya pilih yang sesuai jalur saya yaitu nomor Bas 380.
Check in di Hostel Travellers Inn jam 19 masih agak terang jelang malam, sesudah dikamar karena capek akut plus transit lama di Changi memutuskan gak kemane2 stay dikamar aja. Saya masak nasi di Ricecooker yang dibawa, masak dikamar aja. EGP. kamar Private ini.

Jumat 21 Feb 2020
Kaget pukul 7 pagi AC kamar otomatis Mati, buseeeet last summer, masih musim panas gini, gak ada AC. Mati Gaya, kaga betah dikamar, eeergh!๐Ÿ˜ฅ
Jam 9 nan pagi keluar hostel dan nanya2 sekilas ke Resepsionis, Rute hari ini jalan kaki eksplor:
-Museum Perth Mint – Hay street – Murray Street- Barrack street , Yagan Square.
-Gak sengaja terdampar di London Court beli Yoga Mat Lulu Lemon, eergh berat keliling bawa mat @3kg, Cek Skechers & Levis muahal!
-Arena - Northbridge - Woolworths
Tiba dikamar jam 2 siang istirahat dan bikin pomie, lalu
Pukul 5 sore Eksplor Elizabeth Quay dan Bells Tower, ada Free Wifi disini, asem aja tuh Hostel ku bayar Internet, mana HP Oppo ku gak bisa dipakai Simcard nya, karena belum android 9.0 ampuuun, sengsara banget gak bisa google map pas jalan2.
Pulang2 di Jakarta langsung ganti / beli HP heuheu๐Ÿ˜
Tiba dikamar jam 8 malam, capek lanjut packing.
Yagan Square

Elizabeth Quay

Bells Tower

Museum Perth Mint

Sabtu 22 Feb 2020
Dan AC kamar otomatis mati jam 7 pagi, geraah! Tiap pagi mules dan pub.duh gerimis manja mana mau Check out menuju Fremantle, untung hujan berhenti.
Jam ½ 10 an janjian sama temen cewe yang baru kenal di Grop Backpackers, excited happy bingid saya akan ada teman, janjian ketemu sekitar Hostel ku, dan jam 11 kita berpisah saya naik Bis ke Fremantle. Tiba di Fremantle jam 12 siang, Belum bisa masuk Check in kamar tapi free titip koper. Lanjut Saya eksplore Weeknd Market – Old Shanghai (resto2 aja disini)
Jam 3 sore balik ke Hotel dan masuk kamar Check in, Buseeet Hotel yang Tak ber AC, kalo musim semi / dingin mending laah ini !!!
Mager males kemana2 lagi, stay di kamar dengan gerah, No AC & No Fan! Sabar bingid gw ‘ya.

Week end Market ( Jumat - Minggu)

Minggu 23 Feb 2020
Beruntungnya kalo dinihari dan pagi suhu 21 ˚ tiap pagi mules’ dan pub euy.
Temen yang kemaren ketemu kabari by WA kalo dia dari Perth otw ke Fremantle mau eksplore Freman, waah saya terburu2 mandi dan beberes, pas udah menuju lokasi janjian ternyata dia kemana alias udah eksplore sendiri,  saya udah feeling bakal LOE GUE END! Seperti dulu di Turki dengan si ADE atau Amrik Jilid 1 dengan Fo, tipe nya kaya gini, gw butuh temen bukan berarti gw gak bisa mandiri dan eksplore sendiri…maaf saya pakar Solois heuheu Prettt
Jadi kita saling kabari WA tapi gak pernah ketemu titik temu mau kemana, dia kemana gw kemana,  ya sut…jadi hari ini saya eksplore sendirian, untung saat udara panas nya kaya neraka bocor Hotel ku deket, jadi bolak balik bisa istirahat di Hotel, saya eksplore Weekend market lagi, lalu ke Taman Esplanade dan ke sebrang nya Fremantle Harbour trus beli Es Gelato di Cicerello dan duduk di sebrang di Museum Shipwreck.
Lanjut mau survey untuk LUSA ke Rottnest Island, rencana mau cari dimana 'B-shed Port' Kapal Ferry itu yaaaa ampuuuun Susah nyaaaa, jancuk! Bolak balik, maju mundur, stress putus asa, balik ke Kamar aja, besok masih ada waktu. Untungnya…
Oya tadi ke COLES puasin beli minuman jus sebotol 2ltr Cuma @2$ eh ketemu toko barang seken beli celana panjang hubby & kemeja Cuma @2 - 4 $, astagaaaaa…๐Ÿ’ƒ

Senin 24 Feb 2020
Lupa euy bawa handuk sendiri yang memadai (bawa yang kecil doang) kalo nginep di Hostel mah jangan berharap banyak, baru ngeh bin sadar setelah mau 'khatam traveling' gini perlu bingid Handuk yang ringan dan cepet kering (yaitu Quickdry bath Towel Microfiber) KATUN MICROFIBER Note!
kurang bawa baju juga, untung dapat 1 kemeja murah beli di toko seken. (iiih..)
Waduh dapet Mens hari ini, jam 10 an keluar hotel menuju Coles lagi, beli Madu,Nutella,minuman dll drop ke kamar dulu , Oya kalo mau beli Simcard di Coles / Woolworths aja daripada di airport suka ada diskon.
Lanjut kePrison , cara nya lebih deket kearah Weeknd Market, bayar Tiket @22 $ pas 10 menit lagi jadwal nya lho, worthed deuh kaya di film2 Penjara yang baru ditutup tahun 1991. Udara panasnya poll, peserta (senior) ada yang pingsan.

Setelah dari penjara saya penasaran buat besok naik kapal ferry ke Rottnest di dermaga B shed, etttdaah dermaga ‘Port B Shed’ itu dimanaaaaa…. Ternyata deket banget sodara2 dari Hotel ku, searea Victoria Park, harus nya tanya nya FERRY TERMINAL, baru ngarti pada!
Udara panas eksplore kepanasan di kamar pun kurang nyaman gak ada AC & Fan.
Pukul 3 sore balik ngaso ke kamar dan jam 6 an sore keluar lagi untuk ke Rainbow Sea Containers, yakni salah satu icon Fremantle, cek di google map jaauh bo, bisa naik Bis atau jalan kaki ½  jam, gw jabani jalan kaki sore santuy, menyesuri jalan raya luruuuus aja๐Ÿ˜ท
Jam ½ 7 sore toko2 dan jalanan di Fremantle  udah sepiiii, sampai di hotel saya paksa minta Fan pas di malam ke 3, sabar atau bego gw ya’
Kaaan lebih enak lah ada kipas angin. Alhamdulillah.

Rainbow Containers

Selasa 25 Feb 2020
Sakit perut mules ku kumat mana lagi M. untung juga sih gak booking Kapal Ferry via Website, gaje gini mules nya, akhir nya jam ½ 10 an pagi seperti nya udah normal, saya kekanan dari Hotel jalan kaki ke Port B shed, ke konter beli tiket ferry @71 $ jadwal jam 10 (10 menit lagi jadwal kapal jalan) sempet gusar karena petugas konter mencharge gak jelas berapa duit, gak di kasih struk, takut Scam, cek rekening Jenius ku susaaah banget lagi.
Dikapal sempet takut mabuk, bawa Antimo lupa diminum perjalanan ½ jam di kapal. Sesampai nya saya males sewa sepeda @30$ selain panas dan M pula.
Saat saya sedang  foto binatang Quokka eh si temen kemaren negor manggil (emang udah tau kalo kita awal nya akan janjian barengan hari ini ke pulau ini) jalanlah kita ber2 eksplore Pulau Rottnest, dengan udara puanas gitu, gak betah, ikut free walking tour juga waktu jam 1 siang untuk cari binatang Quokka yang Cuma ada 1-2-3 doang, gak suka lebih suka Koala.
Jam ½ 3 kita pisah, dia lanjut eksplore sendiri karena jadwal balik dia jam 6 sore saya jam ½ 4, tapi jam 3 sore udah masuk kapal, sempet salah turun di dermaga, bukan nya di fremantle, untung Kapal belum di tutup / berangkat jadi saya balik lagi ,pantes kok beda dermaga nya sama yang tadi pagi, aya2wae!

Jerawat+Panas+Mens =Perfect Lusuh

Matahari nya ada 4,Puanas Poll!

Day 7 – Rabu 26 Feb 2020
Jam 10 pagi saya Check out dan minta Deposit, lalu gerek koper naik kereta, stasion kereta lebih deket dari halte Bis kemaren, asiik. Perjalanan sekitar sejam, turun di stasion Perth menuju Hostel The Hive (cara kesini & Review sudah dibahas di blog sebelumnya).
Jam 11 siang Resepsionis belum ada, jam 12 baru ada, saya titip koper belum bisa masuk kamar, jadi saya eksplore ‘Watertown’ aja, naik Free bis Yellow cat dari sebrang samping stasion kereta Cuma 3 stop aja, beli sandal @29$ sakit kakiku nih pake sepatu Adidas kekecilan yang beli di Amrik kemaren, trus beli sandal Hubby juga @20$, cek jam Fossil @100$, Cotton On sekitar $5-20$ an beli tas Pinggang nya @10$, ada Resto kebab juga disini.
Capek balik ke Hostel udah bisa masuk kamar Check in.
Mager bin Capek dikamar aja, masak nasi, MasyaAllah Alhamdulillah banget lho saya bawa Beras, Ricecooker dan lauk, gak nafsu makan, kemaren fish&chips juga Salad aja kebuang.
Tadinya hari ini janjian sama temen mau ke kebun binatang CWP bayar @30$ males ah, udah pernah yang lebih bagus di Morriset Park Sydney.

Day 8 - Kamis 27 Feb 2020
Tadi malam (apa tiap Rabu malam?) hotel bising dengan music DUGEM, gengges.
Tiap pagi mules dan kamar mandi disamping berebutan full trus, Darurat Toilet banget, aya2 wae, ampun! Kebelet!
Bikin Mie goreng dikamar bisa lho pake ricecooker, kangen bakso, martabak dan nasi Padang, heeelpppp…
Jam 12 siang cabut ke Blue Boat house, cek di google map Cara kesini naik Bis berbayar (free 2 jam @3.20$) gampang lagi halte nya dari hostel deket. Sehabis dari Blue Boat House, sengaja turun di Elizabeth quay eksplore lagi,mampir juga beli salad di Woolworths lanjut jalan kaki nyangsang kemane2 sebel๐Ÿ˜• mana gerimis manja, jadi males keluar lagi sampai kamar mager, untung AC full time.

Blue Boat House - Perth
Elizabeth Quay

Day 9 – 28 Feb 2020
Tragedy lagi kebelet, jadwal tiap pagi mules.
Packing dan jam 10 pagi check out dan minta deposit, ngaso dulu di Lobby ½ jam lalu cek google map mau ke DFO, buseeeeettt jaaauh sejam an, jauh pula ke Terminal 1, jarang ada yang turun ke DFO itu naik bis, kebanyakan by mobil pribadi atau taxi, mana geret2 2 koper total 30 kg, aampuun gak worthed, muahal2 ,mending di Watertown. Konon bulan Juni / 26 Desember - Boxing Day baru musim diskon parah…aaaah sutra.
kapan ya bisa shopping tanpa takut liat 'price tag' yaAllah...๐Ÿ™
DFO Perth

Ada free Wifi di DFO jadi saya cek google map, jadwal jam Bas ke Airport Terminal 1. Nunggu di halte ½ jam dengan tanpa kursi atau atap jadi sengsara kepanasan, naseb!☹️
Inget ye Bayar Bas receipt nya JANGAN hilang, karena naik Bas 2 kali mulu ini rute nya.
Tiba di terminal 1 jam 3 an padahal jadwal drop bagasi jam ½6 sore dan take off jam ½ 8 malam, bener2 mati gaya gak ada Resto makanan yang menarik di Airport ini, lafeeerrrr! terpaksa beli Kue Tart @7$ depan Gate & ngemil coklat, lumejen.

Day 10 – 29 Feb 2020
Transit di Changi jam ½ 2 subuh,  selama 7 jam, ketempat kemaren, udah hapal ada dispenser, jadi bikin pop mie, ya Allah Alhamdulillah untung masih ada popmie, makan pop mie pake Pringles enaaak e, slalu males cari kantin beli nasi hainam, udah eneg gerek tas cabin yang maha berat nya. Jatah Scoot tas Cabin max 10 kg, ini @11 kg lho bawaan ku.
Saat masuk Gate Akan ke Jakarta, aya2 wae botol ku yang masih ter isi air sedikit, dibuang Sama botol2 nya gak ngeh aku, kalo tau gw kepret tuh si petugas encik2, Sumpahin nih! :)
Terpaksa beli air mineral di pesawat @2 $$, lain kali botol udah langsung kosong masuk gate.
Alhamdulillah landing tiba di Jakarta dengan ontime dan hubby udah menjemput dan nunggu ku dengan setia.

Alhamdulillah selesai juga traveling ini, next kemana lagi? ๐Ÿ˜‚
CORONA woi...
Mari kita persiapan aja bulan depan Puasa Ramadhan dengan khusu'.
DON’T KNOW WHAT HAPPEN TOMORROW! BISMILLAH

VIRUS CORONA COVID -19

Gak nyangka 2 minggu pulang traveling dari Perth semakin parah badai Corona ini menimpa dunia (Pandemik dunia) Setelah negara China yang terparah yang telah memakan korban 80.000an jiwa lebih lalu Itali 3000 an orang lebih, akhir nya Amrik juga terrrparah lho, Iran,Aussie dan Arab Saudi pun Lock down menghentikan pendatang Umroh dari seluruh dunia & tak ada Haji tahun ini Hikz!๐Ÿ˜ฅ
bener2 gak nyangka, sekilas jadi merasa bersalah sepulang dari traveling ke Aussie kemaren selama 14 hari gak  ‘mendekam’ / Self Quarantined / Isolasi Mandiri di rumah karena konon Virus Covid-19 ini dapat bertahan selama 5 minggu, tapi kabar baik nya adalah jika kita punya Imunitas yang baik , tidak ada penyakit bawaan  seperti cukup olahraga dan istirahat / bobo juga jaga kebersihan, InsyaAllah aman. Aamiin, Lillahi Ta’ala.
Untung emang gak punya tiket traveling sama sekali untuk selanjut nya, STOP TRAVELING 2020  padahal bulan Januari kemaren nyaris beli tiket ke Eropa (Italy) untung gak jadi beli, males banget urus-mikir mubazir / buang2 uang mending sedekah *gaya๐Ÿ˜Ž
Sekarang giliran Indonesiaku yang bersiap2 dengan badai ini, Indonesia juga melakukan social distancing / Under Movement Control; PSBB (Pembatasan sosial berskala besar) Sekolah,Gym,Bioskop,Mall dll pada tutup, tapi supermarket buka & Olshop Pengiriman lancar,Belanja Olshop mulu kerjanya, Selain masak & rebahan (untung gue anak rebahan heuheu) selama ngedekem. Sementara ini negara China,Italy & Amrik yang terparah, serem bingid, MasyaAllah jadi parno.

Semoga Indonesia selamat,aman sentosan dan tenang jangan parno, dan segera berlalu badai Covid-19 ini ya Allah.
Seumur hidup menyeram kan sekali Pandemik Virus Covid -19 ini, Ekonomi sedunia seret Niscaya Allah cukupkan Rezki halal untuk kita,amiin.
Masya Allah dahsyat rruuar biasa, semoga segera berlalu dan kita semua sehaaat juga untuk saya ada hikmah nya,aamin.