Jumat, 22 Februari 2019

T U R K E Y ( ISTANBUL-BURSA-SELCUK)

RAHASIA BAHAGIA ITU : BERBAGI

TRAVELING MUSIM DINGIN KE TURKEY
 ISTANBUL-BURSA-IZMIR
29 Jan 2019 – 9 Feb 2019

Alhamdulillah Masya Allah Tabarakallah….akhir nya ke Turkey juga, beli tiket Oman Air awal  November kemaren, seharga 5,5 jutaan,padahal Etihad beda Gope,pake Oman Air kudu transit / Layover untung aja Evisa nya sekitar Rp.200 ribu, tapi transit keliling Muscat lumayan secara kurs Oman Riyal Rp.38.000 an.
Bersyukur juga 2 negara terjelajahi, yaitu Negara Turkey dan Oman.
Sebelumnya ngebeeeet banget cari-cari tiket ke Amrik jilid 2 alias West Coast (Los angeles dan sekitar nya) tapi karena dollar saat bulan Oktober kemaren sempat sekitar @15.200 an muahal tekor juga,lagian capek nunggu-nunggu tiket Promo ke USA gak muncul2, Etapi besok nya habis beli tiket ke Turki muncul Tiket Promo Murah Jakarta – Los Angeles PP by Cathay sekitar Rp.7,7 jutaan untuk bulan April, tidaaaaak! Hikz!
Udah sering juga saya tulis, saya tipe tidak suka menunggu tajir untuk traveling Karena umur gak bisa nunggu, otot kaki, pinggang untuk jalan jauh ngaruh banget and traveling adalah serum anti aging
Happiness is not about getting all you want; it is about enjoying all you have!
Pengalamanku selama ini kalo udah beli Tiket, dollar naik dan lagi cekak sekarat gak perlu panik, Allah udah kasih rezki beli tiket dan kesehatan PASTI diberi ke cukupan bekel. InsyaAlloh.
Udah terlanjur beli tiket ke Turki, mata uang Lira di money Changer Indonesia selain jarang dan mahal kurs di Jakarta sekitar Rp.3600 an padahal kalo di Turki kurs rupiah hanya sekitar Rp.2800 an, jadi lebih baik ambil ATM sesampai di Airport dan bawa dollar / euro lalu  tuker lira disana.

Sengaja gak ke Kota Kapadokya untuk naik Balon udara, selain waktu traveling ini hanya sekitar 12 hari an, tujuh malam dan banyak transit lama di airport, juga jauh dari Istanbul dan mahal,next time pasti akan ke Cappadocia,aamiin.
Rute kali ini Cuma 3-4 Kota yakni Istanbul-Bursa-Selcuk-Kusadasi-Istanbul.
Insya Allah Jilid ke 2 Rute nya: Ankara-(Bursa)-Antalya-Canakkale-Pamukkale-Cappodocia (Kayseri)-Ankara / Istanbul.
(Mau liat Troy Trojan Horse di Canakkale)

Suhu udara bulan ini sekitar 2˚ s/d 12˚ lumejen bawaan koper jadi beraaat,ampyuuun bawa 3 jaket. Seperti waktu ke Korea dulu suhu segini pernah ku alami, jadi lebih prepare.
Jatah bagasi Oman Air adalah @15 kg X 2 koper ATAU @30 kg hanya 1 Koper.lumejen daripada Etihad Cuma @23kg.

Seperti biasa walau saya punya temen di Istanbul (orang Indonesia kenal saat traveling di Eropa dulu) dan ngandelin dia tetep akyu kaga mau bergantung banget, itu sebabnya saya rajin browsing2 daripada ntar KLABING (kelayapan bingung).padahal tuh temen manis banget janjiin akan bikin gempar Turkey untuk seneng2 dan akyu gak perlu browsing katanya karena ada dia,Preeett! Tau nya last minute dia malah kabur! GUA SUMPAHIN, Gue loe end! Hehe😀
Alhamdulillah selaluuuuu ada hikmahnya

Selasa 29 Januari 2019

Dari rumah seorang diri ke T3 Gate 2, konter Oman di B21-26. Untung udah web check in jadi lebih cepat. Setelah drop bagasi laper makan di AW pake Gopay cash back trus sholat jamak.
Sempet setelah iMigrasi Jam tangan ku ketinggalan gara2 petugas si RIRIN nih. Balik lagi untung ada di simpen. Lalu nunggu di Gate 7, sempet cari Drinking water di Gate 8 dekat Mushola.

Perjalanan Jakarta – Istanbul sekitar 14 jam di pesawat belum transit 6, 5 jam, muke gile   kalo ke Amrik lebih dahsyat lagi sekitar 24 jam an bo perjalanan…dulu eneg banget lama di pesawat, karena ini udah setahunan gak melakukan perjalanan jauh jadi gak begitu kerasa (?).

Rabu 30 Januari 2019
Alhamdulillah tiba di airport Attaturk Istanbul lama, awal nya kirain airport udah pindah ke yang baru, takut aja karena belum dapat info bagaimana Cara menuju ke kota.
Setelah keluar Imigrasi sempet ambil ATM BCA yang kena kurs sekitar 3000 an (sudah lengkap di bahas di blog sebelumnya) lalu ke bawah ke stasion Metro / subway. Beli tiket Istanbul kart dengan uang pas, beli air mineral dulu di minimarket sekitar area itu.
Naik metro ke stasion Zeytinburnu (4 stop) lalu keluar ganti naik Tram jurusan Kabatas turun 14 stop di stasion Sultan Ahmed.
Turun dari Tram Sultan Ahmed menuju Hostel Avrasya, kearah Blue mosque, nyasar maju mundur gerek2 koper, mana jalanan bukan hotmix tapi berbatuan gitcuu…oh nasib.
Review Hostel Avrasya: sudah di bahas di blog sebelum nya. Bersih sih tapi kecil, colokan listrik di Turki Sama dengan di Indonesia.
Setelah drop koper, sikat gigi dan beberes sebentar langsung cabut janjian Sama AD.
(Seorang Cowo kemayu kenalan baru / di CS orang Indonesia yang sudah duluan nyampe di Istanbul, dia kerja di Kuwait). Janjian di Blue mosque lalu kita eksplor dan foto2, setelah dari Blue mosque lewati haga Sofia, jiper liat antrian masuk nya panjang mengular lalu kita ke Topkopi.saat antri di Topkopi kita liat ada booth yang jual tiket Topkopi tanpa antrian seorang @90TL, padahal kalo antri @60TL, horang kayaaa, hahaha kita baru tau belakangan,kalo dari awal tau mending antri aja, sayang @30 lira, langsung jiwa  Missqueen gua bergejolak! mending beli paket Museum pass @80TL bisa ke Topkopi & Arkeologi! sudah dibahas di Blog sebelum nya cara beli paket Tiket Museum Pass.
Setelah itu kita ngider Grand Bazar yang masih searea di sultan Ahmed. Foto2 aja udah tau mahal dan saya baru awal kedatangan.

Blue Mosque
Karena baru nyampe Istanbul langsung eksplor tanpa istirahat mana perjalanandi pesawat sekitar 14 jam dan transit, saya kelelahan sangat jadi jam 7 sore (masih terang) saya minta balik ke Hostel mau mandi dan istirahat, setelah beli nasi di bungkus kita ber2 menuju Hostel ku.
AD saya kasih Gudeg kaleng dan snack, seneng banget dia karena gak cucok makanan Turki.
TOPKOPI

GRAND BAZAR

Kamis 31 Januari 2019
Masih rada jetlag (beda cuma 4 jam dari Jakarta) jam ½ 5 subuh kebangun lalu tidur lagi, Adzan jam 6.45 pagi masih gelap.sholat subuh di Negara muslim walo penghuni kamar bule2 dari France dan Spain, di liatin EGP!
Sarapan jam 9 yang seupil dan dijatahin lalu jam 10 pagi cabut janjian lagi sama AD di depan Blue Mosque untuk ke Haga Sofia, ketemu temen kamar nya AA disaranin untuk ke Haga Sofia mini yang free, lalu kearah haga sofia mini itu, kurang cucok nih sama AA yang kemayu  ini karena dia gak selera untuk eksplor Haga sofia,Basilica Cistern dll. ABG kerja di Kuwait jadi bawaan nya mau belanja aja…. Hehe 🙌

Setelah dari Haga Sofia mini, gak kesampean ke Haga sofia beneran (kesel! Habis Beda selera)
Cari2 Basilica Cistern sampe keder jauh banget malah kearah Grand Bazar, padahal masih searea Haga Sofia atau Sultan Ahmed, dan kaki si AD udah pegel dikasih salep2 dan dia ngotot pengen belanja ya Sutra Kita misah bye bye (dan ternyata itu adalah bener2 terakhir kita berjumpa selanjut nya janjian by whats app gak ketemu2 *baca:males!)
Lumayan lah ada temen untuk motoin kemaren Thanks. Dia beruntung ketemu saya donk…
Setelah saya berpisah dengan AA, secara saya slalu punya banyak akal dan cadangan maka saya hubungi salah satu temen couchsurfing, kali ini saya pilih si Mehmet, diantara 80 orang kenalan CS yang nawarin.
Sembari janjian dengan beliau saya eksplor lagi seorang diri Grand Bazar sampe kepelosok2 ke Egypt Bazar, Akhir nya ketemu juga dengan si M.Sayhan ini, lalu kita jalan kaki ke masjid Sulaymaine berfoto2 dan terlihat selat Bosphorus nya.sempet sholat Jamak di Mesjid Sulaymaine ini, Alhamdulillah.
Mesjid SULAYMAINE

Terlihat SElat BOSPHORUS
Setelah itu kita ke Basilica Cistern yaa ampun dari pagi keliling2 Sama Ade kaga ketemu2 ternyata searea dengan Haga Sofia dan deket, bayar seorang @20Lira, kok si Mehmet kaga mau bayar ya’ lalu kita ke Dolmabahce Palace, naik Tram juga si Mehmet kaga mau bayar, pake kartu ku, hujan gerimis gak berhenti2 dan setelah berfoto2 di Dolmahbahce yang udah tutup jam 5 sore. Kalo masuk Bayar @90TL. Setelah itu kita naik Tram ke stasion Eminonu untuk book pesan beli tiket Ferri besok saya ke Bursa. Saya pilih untuk besok jam ½ 3 sore supaya sampe Bursa jangan terlalu malam, harga tiket @35TL perjalanan 2 jam di kapal ferri.
Setelah itu jalan kaki bo dari Eminonu ke sultan Ahmed, jalan potong sih lewati taman Gulhane, gerimis jadi rada ganggu.si Mehmet nawarin dan minta makan molo saya menghindar karena akan makan di Hostel lalu sampe di Hostel dia maksa minta ikut makan di Hostel,saya tolak eh dia minta ongkos pulang, Buset wow setelah saya kasih @10TL saya bilang saya bukan orang kaya dan gak akan mau ketemu lagi hehe😀….bersyukur juga sih bisa ketempat destinasi, untung saya eksplor nya siang hari, anti pergi malam dengan orang asing, susah sih dari 100 orang yang nawarin yang mana yang orang baik yang mana yang gak,capek deh!
Alhamdulillah Allah SWT always protect to me everywhere.
Malam terakhir di kamar ini sendiri A.K.A sepiiii gak ada tamu lain.

1 Feb 2019
Sarapan jam 9 nan saya minta izin check out jam 12, tho gak ada orang di kamar.
Menjelang jam 12 si Mba bersih2 bolak balik masuk kamar ngusir kalo kamar mau diberesin. Akhir nya saya turun dan minta titip koper dulu karena mau beli air mineral dan isi top up kartu istanbulkart. Sambil buang waktu sih. Gak betaaah jalan2 diluar angin nya supeeerrr dingin, balik lagi ke Hostel untuk nongkrong duduk di lobbi nya, ngobrol sama ‘owner’ cewe.
Jam ½ 2 siang cabut ke Eminonu Seaport, Cuma 3 stop aja naik tram dari sultan ahmed.
Masuk gate ferri pemeriksaan koper dan ruang tunggu yang kecil tapi on time, Kapal besar dan saya kebagian duduk sesuai karcis tiket kursi paling depan, baru 15 menit langsung 'sea sick' mual,pusingg dan muntah, sepanjang jalan duduk ngemper deket toilet ber 3 senaseb dengan Cewe Turki dan anak cowo nya…oh nasib gak bawa obat anti mabok, 2 jam serasa 2 tahun.
Trus data internet saya gak berfungsi lagi,mana janjian akan di jemput di dermaga Bursa untuk ke Hotel, ternyata harus dimatikan dulu HP nya, sadar setelah keesokan harinya.
Setelah sampe di Seaport Mudanya Bursa, super gelisah karena gak bisa komunikasi Sama teman couchsurfing lain nya yang Akan jemput dan mengantar ku ke hotel.
Alhamdulillah ketemu juga denga Yasin, langsung naik Bis pas di depan dermaga Bus 1M jurusan Emek, turun di perberhentian terakhir dilanjutkan naik metro ke stasion Demirtas Pasa (10-12 stop).
Menuju Hotel Onun cukoy, jaaaaauuuh bo, lokasi dan review sudah dibahas di blog sebelumnya.
Setelah drop koper dan saya memberi souvenir kaos I❤Indonesia
Oya kalo mau langsung ke Uludag dari seaport Mudanya caranya naik bis kuning F3 Jurusan Teleferik @6TL. Sesampai di Teleferik beli tiket ke uludag pp @80TL
Di Traktir Yasin

Yasin minta izin pulang lalu saya bilang bisa minta anter cari warung eh tau nya diajak ditraktir makan, walo gak terlalu selera tapi lumayan lah, setelah vomit tadi di kapal Ferri.
Alhamdulillah dikamar saya menghubungi beberapa kenalan wanita orang Bursa yang kenal di CS. akhir nya fix besok sabtu pagi saya Akan berjumpa dan keliling dengan pasangan muda suami istri orang Bursa Turki, semoga menyenangkan.aamin.

Sabtu 2 Feb 2019
Gak dapat sarapan akhir nya bikin popmie minta air panas di lobbi. Jam ½ 10 pagi cabut dari Hotel jalan kaki ke ulucamii, sekitar 1KM, janjian Sama Seyma, wanita ndut yang cantik dan baik hati dia telat datang saya duduk deket air mancur di Mesjid Ulu camii / Grand Mosque.

Untung internet saya sudah berfungsi jadi mudah janjiannya. setelah berjumpa saya memberi 2 potong kaos IIndonesia, berat bawaan ku jadi langsung kasih aja. Sempat sholat Tahiyat dan Dhuha di masjid Ulucamii.setelah itu foto2 dan eksplor Grand Bazar di samping ulucamii.
Ulucamii - GRAND MOSQUE

Grand Bazar Bursa

Seyma gak jago nawar jadi malu eikeh! Beli beberapa Jilbab. Lalu diajak nongkrong duduk untuk ngeteh, Seyma dan kebanyakan cewe Turki biar berjilbab mereka biasa ngerokok, saya hargai.
Seyma sangat mentreat saya, semua di bayarin sampe ke toilet juga dibayarin, sweet baik banget, belanjaan saya juga dipaksa dia yang bawain, tentu saya amat harus tau diri.
Saat saya sibuk cari souvenir magnet dan standing plate dia diem2 beliin saya souvenir juga, kaget surprise. Setelah itu kita ke Bursa Castle /  Citadel Cuma foto doang sih habis itu ngeteh duduk lagi di café Tophane. Setelah itu dianter beli tiket Bis untuk besok malam ke Selcuk.

Seyma nanya apa rencana saya hari ini,saya bilang teserah, cita2 saya hanyan ingin harus ke salju AKA gunung Uludag, oiya komunikasi kami pake google transelete kadang Inggris-Turki kadang Indonesia-Turki, karena bahasa Inggris nya parah banget hehe😍
Setelah itu kami naik taxi ke rekanan bisnis nya karena dia juga freelance design baju anak kecil.
(Haram naik Taxi bagi Turis di Turki, Scam Modus nya sadis di palakin, Bareng Seyma aja saat Seyma turun dari taxi duluan saya 'say Thanks' eh supir malah bilang give me money!
😨 Turki tidak seindah yang di bayangkan beberapa Turis yakni sejak krisis Turki 2015 isu Rasisme penjahat2,copet ,scam dll di backing in oleh orang2 kuat , paling parah di area Taksim ...slalu waspada!
Lalu kita janjian dengan suami nya Seyma, Erkan (saya awal nya di tawarin offers host dengan Erkan)
Pukul ½ 4 sore kita janjian dengan Erkan yang membawa mobil nya lalu kita makan di Iskandar Kebab mirip yang semalam di traktir Yasin. Orang Turki biasa minum Coke, saya slalu teh Turki aja.akyu bener2 di jamu habis deh, setelah mereka selesai ngerokok kami cabut ke Uludag, asiikkk hore….

Enak nya naik mobil pribadi bisa langsung ke puncak paling atas, karena kalo pake teleferik / cable car gak. Saya bawa 2 HP yang iphone mati total batere di udara dingin kesedot,untung bawa2 HP. Alhamdulillah seumur hidup baru kali ini ngerasain megang liat salju beneran.
Puncak Gunung Uludag
Jam 6 an sore kita cabut untuk mengantar saya pulang balik ke Hotel, di tengah jalan by google translate mereka minta mohon saya mau menginap di rumah nya karena mereka mencintai saya, etdah bahasa nya bikin klepek2 padahal saya males karena mumpung kamar private bukan dorm,tapi saya gak enak dengan segala kebaikan mereka, akhir nya saya setuju, jadi kami  ke hotel saya untuk ambil koper dan barang2 saya sekaligus Check out,lagian gua gak bisa mandi, air panas nya gak berfungsi di hotel.

Tapi malah makan lagi dulu dan mampir ke rumah teman nya dan teman nya lagi untuk mamer in saya (Ciri khas asli orang Turki sangat menghargai dan menjamu tamu dan mengenalkan nya ke keluarga / teman nya).
Di rumah teman nya yang seorang Guru, bahasa Inggris nya lumayan,jadi komunikasi lancar, ngobrolin macam2, bahas saya sudah berhaji dan sudah beberapa kali khatam Quran dan hapal beberapa surat panjang (Yasin & AlBaqarah, se eutik) ciyeeeee prett!
Karena kebanyakan saya liat dan versi kesimpulan singkat kemaren orang (muda) Turki jarang sholat.
Wah saya lelah sekali, terbersit nyesel juga kok mau diajak nginep padahal kalo gak Kan udah enak di kamar private ku, malah diajak lagi ke rumah teman lain nya untung tetangga teman nya jadi gak jauh, saya lelah minta pulang karena mau mandi dan sholat. Akhir nya tiba di rumah Erkan – Seyma jam 1an malam, saya mandi keramas dan sholat jamak.
Rumah nya di apartmen cukup luas dibanding apartmn ku di Bandung hehe bersiiiiih, kamar mandi juga seperti kebanyakan tempat tinggal orang eropa, cuci piring nya juga pake mesin.

3 Feb 2019
Sarapan seyma yang masak siapin, yang seleraku adalah kentang goreng yang lain kurang, lidah kasumpay! Seyma sangat menjamu dan saya gak boleh bantuin, Cuma sayang saat ngobrol ber3 mereka slaluuuuuu merokok. Tapi gak sebanding dengan segala maha baik nya mereka padaku, Alhamdulillah.
Mereka nanya saya mau kemana, kayanya saya mager (males gerak) jadi terserah mereka.
Jam 2-siang kita ber3 cabut tujuan ke Gozel...tapi macet paraaah jadi pindah haluan ke Ulubat Lake, danau biasa aja sih. Lalu ke pasar tradisional beli ikan untuk makan malam.
Setelah itu baru ke mall Ozdilek AVM untuk ke Lc Waikiki dan Koton, sesuai Request kyu …
Saya beli kaos, jaket cardigan suami, celana bahan dll. Malu juga dikintilin Erkan & Seyma…
Trus beli sepatu boat ku di Koton, karena aku dan Seyma juga gedeg liat sepatu ku yang bertali2 Sulit pasang lepas nya kalo ke destinasi yang harus lepas sepatu.

Jam 7 sore udah di rumah mereka lagi, dan jam 9 malam kami ber3 makan malam dengan menu ikan goreng yang tadi mereka beli , saya mah doyaaan tapi Seyma lucu cara makan nya dan gak doyan / takut duri, kita sambil ngobrol ngoro ngidul salah satu nya adalah membahas betapa beberapa orang Turki yang saya jumpai gak suka dengan Presiden nya, Erkan sok ga betah dinegara nya dan ingin pindah … yaelaaaa ini mah sama tipikal nya suami kyu, gue ceramahin panjang kali lebar sok filosofi dan mereka takjub hahaha langsung Ibunya Seyma alias Mertua nya Erkan di telp kalo cara berpikir gua mirip emak nya Seyma yang seorang dosen.
Lah gua ditanya teori evolusi dunia 5 demensi, wah meneketehe, tanya Ibu nya Seyma.
Saya sarjana ekonomi yang 'SOK' filosof bukan ahli Filsafat Aristoteles hehe😍
Sempet juga video call dengan suami ku kita ber4. Mereka memuji sangat mencintai istri anda kata mereka ke suami kyu… aaay yayayy! Kesirep inner beauty kyu.prett.
Ah lelah dan ngantuk balik ke kamar bobo sebentar padahal Erkan masih mau ngobrol, maaf keun. Jam ½ 1-malam kamar saya di ketok kalo kita mau berangkat ke Otogar Bursa (terminal Bis) perjalanan lumayan jauh, buset kalo gak ada kenalan rempong juga. Malam terakhir berjumpa dengan Seyma saya sedih ih.semoga berjumpa kembali pleaseee, amiin.
Sebelum naik Bis ke Toilet dulu, mereka antar sampe di Bis, Good bye my best friends

4 Feb 2019
SELCUK
Review Bis
On time, kursi 2-1. Saya sebangku cewe jutek tapi sebrang saya ibu2 yang sangat baiiiik dan perhatian. Dapat snack, berhenti di pemberhentian ke toilet berbayar @1TL.
Tiba di Terminal Otogar Selcuk jam ½ 9 pagi. Ke Hostel Nicea tinggal nyebrang doang, lokasi strategis hanya aja staff maruk duit, nyuruh ikut tour ke Ephesus seharga Rp.750 ribu rupiah ogwah. Setelah drop koper di kamar, saya langsung mau eksplor Ephesus, Artemis dll.
Rada ragu milih temen Couchsurfing lain nya seorang Guru yang pernah ke Indonesia, bingung sih yang mana yang orang baik biar pun profesi Guru kaga jamin. Beruntung kemaren jumpa Erkan & Seyma. Akhir nya di Selcuk saya milih Zek temen couchsurfing untuk keliling disiang hari itu. Saya di jemput dengan mobil Camri lamanya.

Lalu diajak ke Kusadasi, sarapan chicken wing dan ke Ephesus Bayar @60TL. Keliling 2 jam di Ephesus sempat ketemu cowo muda asal Bali Indonesia yang sedang kuliah di Sana, dia bersama teman kulit hitam nya minta berfoto padaku.

Udah mulai gak betah dan gak nyaman sama si Pak Guru ini, jadi saya minta pulang balik ke Hostel mau istrirahat karena di Bis 7 jam gak bisa tidur semalam, untung kalo saya lelah muka dan mata saya terlihat jelas hehe jadi saya keliling ber 2 dengan dia hanya dari jam 10-3 siang aja.untung gua nolak lanjut jalan2 lagi. sebelum sampe Hostel ku ditengah jalan,minggirin mobil pake acara sok piknik dulu lagi ni pak Guru,
Ngeteh gitu. Dia buka bagasi mobil nya dan ngeluarin termos, gelas, teh, gula, kursi  blabla bla…aaasu! Kaga nyaman gw!😨

Sempet saya memberi nya Kaos biru IIndonesia. Di bales dia kasih GW gelang tali biru dan bermata Turki, gw kasih ke temen gw di Bandung. Takut di jampi2 hahaha habis saya dikasih minum botol air mineral yang udah kebuka, kaga gw minum.pokoknya inti nya berbagai cara gw tau dia cari kesempatan yeak!!! Vanessa Angel aja 80 juta masa gw murah banget haha becanda lagian suami kyu positiifffffff banget ya, udah gw kata gw curiga, malah dia dukung si Pak Guru bahlul itu, malah saat video call bilang terima kasih ke pak guru, ya ampuuun beib bahaya kalo terlalu positif dan baik, itu beti sama tolol! *kesel

Jumpa anak muda dari BALI
               Sayang terbatas nya waktu saya gak sempet ke Izmir.
Konon Kota Izmir lebih open-minded dan dapat menjaga kerukunan antar satu Sama lain. Terkenal juga sebagai Kota pantai, dulunya sebagai tempat wilayah Yunani maka banyak sisa peninggalan arsitek bersejaran Romawi Yunani.
Tetapi karena dari Izmir ke Selcuk PP 2 jam an,secara saya hanya semalam saja berkesempatan ke sini, maka Hostel di Izmir yang awal saya book bisa free cansel lalu saya rubah ke Selcuk.
Tapi Kusadasi layak dikunjungi PP dari Selcuk, Alhamdulillah.
Dan lagi di Selcuk tempat objek wisata yang uniq. Gak sempat mampir ke Izmir.

Setelah sampe kamar hostel jam 3 an saya mandi keramas, sempat bikin pop mie dan beberes, sayang WIFI gak sampe kamar jadi tidur aja di kamar pas seorang diri baru jam 9 malam datang tamu cewe Canada. Malam itu kami Cuma ber2.

Selasa - 5 Feb 2019
Setelah sholat subuh dikamar, tiduran lagi, pagi2 jam 7 datang lagi 2 cewe Aussie.
Mereka datang saya packing dan siap2 sarapan, gak nafsu lalu eksplor keluar survey dimana letak stasion train mau ke airport, ternyata di sebrang Basilica St John lokasi stasion nya, setelah beli tiket kereta balik ke kamar ambil koper dan duduk sebentar di lobby baru cabut lagi ke stasion train. Kursi full jadi duduk ngemper di bawah deket pintu.
Basilica St John Selcuk - Masuk Bayar @90TL
 Sampe airport ke konter Pegasus ternyata pesawat ku dicansel beli udah beberapa bulan lalu di Nusatrip kaga ada pemberitahuan, untung free ganti pesawat yang lebih cepat Cuma bodoh nya gw tetep pilih airport Sabiha bukan nya Ataturk , karena Sabiha jauh ke Taksim area / sultan ahmed, pelajaran lah variasi jadi tau kedua Airport Ataturk dan Sabiha udah saya jabani.
Jatah bagasi Pegasus (Domestik) Cuma 15kg, saya 17 disuruh kurangi, jadi ditenteng, ribet!!!
Di pesawat duduk di pinggir ber 3 Sama ibu2 dan anak cowo nya, si Ibu rada underestimate karena celana jeans ku yang robek tapi berhijab hehe😎
Tiba di Airport Sabiha keluar untuk naik Havabus ke Taksim, Bayar tiket di dalam bis Sama kenek @18TL. Perjalanan sejam an lebih, turun di Hotel Point pangkalan Havabus nya. Lalu menuju Hostel Green House (Review dan Cara ke Hostel sudah dibahas di Blog sebelumnya).
Hostel nya ada hordeng suka lebih private dan colokan lampu disamping kasur.
Setelah drop koper di kamar lalu keluar cari makan, ke Carrefour mini dulu beli air mineral dan makan di restoran kebab Solunu sejajar Hostel @24 TL.
Balik ke kamar ngobrol dengan Tet cewe dari Ukraine, dan saya berWifi di kasur.
Total budget penginapan di Turki selama 7 malam sekitar 90€ (Traveling ini sekitar 9 malam termasuk satu malam dari Bis Bursa ke Selcuk dan Transit semalam di Muscat)

6 Feb 2019
Hujan sejak dini hari dan saya periode / datang bulan' jadi gak sholat subuh,mager dikasur, jam ½ 12 siang baru keluar hostel, menuju LC Waikiki mau shopping liat di google map berada di istiklal caddesi area berjejer pertokoan seperti Orchard, mampir ke Skechers kok mahal,balik badan lalu ke Koton dan kayanya belum afdol kalo gak ke Waikiki. Beli Jaket cardigan suami lagi dan celana Jeans ku, suka pengen beli 2 tapi koper udah melendung gak muat, itu juga jeans lama yang robek2 dan handuk saya tinggal / buang. Saya eksplor Istiklal gak sampe ujung karena hujan gerimis dan super dingiiin.

Galata Tower
Balik ke kamar cerita dengan teman sekamar kalo baru aja ke Istiklal,Tet nyuruh ke Galata tower caranya lanjut trusss aja dari istiklal caddesi itu, panjaaaaang ternyata ya’ dan ketemu toko lebih murah2 harga souvenir dekat GalataTower. Keburu udah beli ditempat lain.apes.
Oya saat malam jam 8 sempet saat jalan sendirian ke Istikal Caddesi banyak banget polisi bersenjata berhenti di depan toko Waikiki, semua pejalan kaki dialihkan karena ditutup, buset deg2 kan juga, secara takut banget nyasar malam2 tapi ternyata aman terkendali gapapa kok.
Sebelum sampe kamar hostel mampir belanja coklat dan teh di Mini Carrefour.
Dikamar curhat curcol dengan Tet tentang para pria Turki yang kebanyakan …gitu deh.hehe😜

Kamis 7 Feb 2019
Kembali hujan sejak dini hari, pagi-pagi Tetyana teman sekamar yang dari Ukraine pamit check out mau ke airport dan lanjut ke Serbia, saya sempet nawarin datang ke Indonesia, dia seneng banget, saya dikasih kartu khas Ukraine, saya balas kasih permen tolak angin sebungkus.
Sampai sekarang masih saling mengabari.
Sekitar jam 10 pagi saya mandi keramas, dikamar masih ada seorang yang jutek kita gak saling tegoran dengan Tet dia juga gak menyapa.
Jam ½ 12 siang saya check out dan titip koper, dan minta izin kalo jam 7 malam akan saya ambil. Tujuan saya hari terakhir di Turki adalah cari makan masakan Indonesia yakni Restoran Warung Nusantara, Liat cek di google map Cara nya adalah naik Bis dari depan mini Carrefour turun di…(lupa cek google map aja) lalu lanjut naik Tram turun di stasion Merkezefendi, pas di samping kiri stasion tram posisi Warung Nusantara ini,order Nasgor @18TL, teh tarik @6TL & Bakwan @10TL, penjualnya kurang ramah, eleg bosen kali liat orang Indonesia.
Jauh dan berat diongkos kesini. Transportasi umum di Turki lumayan mahal lho.
Warung Nusantara Istanbul
Dari sini saya lanjut ke Misir Carsisi atau Spice Bazar di Eminonu naik tram, turun di sta Eminonu dan jalan kearah masjid dan ubeg2 dibelakang masjid nya, jilbab lebih murah dari Grand Bazar.
sempet mampir berteduh masuk ke MUSEUM BANK di area Misir Carsisi ini, bagus suka sama museum!
Setelah itu saya jalan kaki donk sampe Sultan Ahmed sendirian dengan hujan gerimis dan tanpa jalur potong jalan yang singkat, lumayan sekitar 3-4KM…uuuhh.😥
Buang2 waktu saat hujan gerimis dan super dingin, kaga betah berada di area luar, ingin masuk gedung ngadem kaga ada. Akhirnya pulang ke Taksim naik Tram dan Bis (liat di googlemap).
Jam 5 sore udah di lobby Hostel dengan cuaca hujan terus sepanjang hari, gak betah karena bersama dengan yang lain di lobi kecil itu. Jam 6 an cabut gerek2 koper ke Hotel Point untuk naik Havabus ke Airport Ataturk, wow supeerr macettt untung masih banyak waktu.
Nunggu 5 jam di airport, suami ku udah nolongin ku web check in, milih kursi paling belakang, ih berisik para Pramugari bekerja.pesawat full sambil ngantuk saya nonton film Ferdy Mercuri (Bohemian Rhapsody).

Jumat 8 Feb 2019
MUSCAT
Landing di Muscat on time jam 7 pagi masih gelap. Ke transfer desk dulu ambil tiket lanjutan (baru) lalu Karena udah punya Evisa malah saya masuk ke arah Transfer, bukan nya ke Imigrasi mampos dah! Bolak balik lapor saya mau keluar gedung karena saya gak mau nungguu 19 jam di airport saya mau jalan2…saya udah punya Evisa.iihh ribettttttt …tuluuung. Eerrrggh! asli rempong binti ribet!😱

Setelah keluar gedung saya menghubungi teman couchsurfing, saya pilih Mazhar karena beliau bersama istri dan 3 anak nya Akan menemani saya jalan2. Tapi sejak awal rada aneh bin ribet juga, udah tau gw belum pernah ke Muscat disuruh lah gw naik Red Bus ke Sarooj deket patrol / pom bensin, 3 kali naik Red bus nanya ke Supir kaga ada yang  ngaku itu lewat Sarooj.
Ampun dah balik ke customer service nanya2 akhir nya dibantu di telp oleh mas Customer Service yang baik hati ke hP nya Mazhar, karena telp by WA kaga bisa.
Saya naik Red Bus no 1B turun di Sarooj tapi bukan pas di patrol / pom bensin, mana data internet saya sudah habis masanya dan wifi sulit banget kalo bukan simcard Oman gak bisa karena ada notif ke no simcard Oman. Minta tolong orang pinjem HP nya untuk nelp Mazhar, sepertinya salah pilih temen couchsurfing lagi ni.
Akhirnya ketemu dan dijemput lalu kerumah nya, disambut dengan 3 anak2 nya yang lucu dan Istri nya yang ‘sok madam’ nan dingin!
Mereka asal nya dari Pakistan jadi bukan asli orang Oman, pantes!
ART nya orang Philipin si Jasmin ngegosip mulu ngomongin bini nya yang sok madam itu haha😀
Setelah saya disediakan sarapan roti dan scramble egg oleh Jasmine kita semua semobil ke pasar old mutrah, mutrah dan souk. Mereka beli Ikan dan Udang untuk Barbeque nanti malam ngundang temen2 nya dan Jasmin ngedumel Capek katanya tiap minggu kerja begitu trus.

With Jasmine

Barbeque at Mazhar House
Lalu saya di drop ber2 Jasmine di pasar Souk untuk cari souvenir Magnet dan standing plate, buseeeet harga nya muahal2 banget secara kurs 45.000 uang yang saya tuker di money changer airport. Gak nafsu belanja Cuma sebiji dua biji.
Lalu lanjut ngegosip cerita ber2 Jasmine sambil nunggu Mazhar sholat Jumat.
Setelah itu jam 1 saya di drop di Qurum beach dan akan di jemput jam 4, karena Jasmine sibuk masak untuk persiapan nanti malam barbeque, aduh males banget mending gua tidur dah.
Jalan2 sendirian sepanjang pantai Qurum ini emang bagus dan enak sih, suer, menurutku tiap pantai Beda rasanya…enak di sini.tapi 3 jam boseeeen dan nguantuuk. Sempet ke Starbucks beli tumbler @5,5 Riyal dan jalan kaki ke Opera house, setelah itu mati gaya abis.eerrggh!
Opera House Muscat
Si Mazhar ngabari dia baru jam 4 jemputnya.Setelah dijemput /  bertemu mereka lagi ngopi, saya dikenalin temen2 Mazhar lainnya yaitu Anna dari Nethertland, Charles dari Amrik dan Jody dari Greece / Yunani, semua cerita2 dengan bahasa Inggris nya yang fasih sementara gw kudu mikir dulu, jadi males kan..hehe
kaga betah bin lelah.😴
Minum juice seharga @2 Riyal dan pukul 7 malam kita semua ke rumah Mazhar dengan mobil Anna untuk barbeque an.
Orang yang diundang lumayan banyak tapi menu sedikit dan eikeh gak doyan udang pula, lengkap sudah saya kelaperan yang tertahan. Terlihat mata dan muka saya letih sangat jadi saya memisahkan diri dari ngumpul2 ke ruang dalam rumah untuk berWifi aja.
Saya minta tolong Mazhar agar jam 11 malam saya di antar ke airport, ternyata setelah tadi pagi pun saya tidak dijemput diairport pulang nya pun yang mengantar saya ke airport adalah Anna cewe dari Holland yang bekerja di Muscat dan jago bahasa arab (di Oman berbahasa Arab).
Saya mengucapkan banyak terima kasih ke Mazhar juga Anna yang belum pernah ke Indonesia dan Akan ke Indonesia katanya.
Kesimpulan ku tentang Muscat adalah Kota yang aman tentram damai dan rada sepi, seperti di Jeddah suasana nya, katanya orang asli nya bener2 baik Ikhlas beda dengan orang Turki….katanya…..
Tiba di airport Muscat Jam 11 san malam saya masuk Imigrasi dan liat layar monitor belum ketau an dimana Gate ku nanti jam 2.45 dinihari itu, nunggu 3,5 jam an saya berwifi dan tiduran dikursi sambil tutup muka, udah gak tahan banget.

Sabtu 9 Feb 2019
Alhamdulillah tiba di Jakarta lebih awal jam 1 siang, suami ku sudah jemput.
Capek pake sepatu boat suami bawain sandal dan langsung menuju rumah makan Padang Sederhana di Gandaria Jaksel. Makan sampe 2, 5-piring sampe rumah juga super nguantuk jetlag!
Seminggu kemudian sakit flu, pilek,batuk,demam.
Sekali lagi Alhamdulillah ya Allah atas banyak pengalaman hidupku❤❤❤

PENGEN KE  R.U.S.I.A....Aamiin.

Budget
-Tiket Oman Air PP: Jkt – Istanbul = Rp.5.570.000
-Tiket Pegasus: Izmir – Istanbul = Rp.247.000
-Tiket Bis: Istanbul – Bursa @35TL+ Bursa –Izmir @64TL=100TL =
Total Transportasi = Rp. 6,1 Jt ?