Kamis, 23 Maret 2017

MUSIM SEMI DI EROPA – YUROP
27 FEB-16 MARET 2017
Part 1

Ke Eropa: semua dimulai dari mimpi kata film laskar pelangi …
“Once a year goes somewhere you have never been before.”
Alhamdulillah wasyukurillah impian menjelajahi dunia sedikit demi sedikit terwujud.
Belajar dari tahun lalu, saya incar tiket promo Qatar sekitar bulan Oktober, tapi keburu nafsu! Akhir Agustus 2016 semua maskapai banyak promo, ke Eropa sekitar 8, 5 jutaan, pas
Tgl 1 September saya ngebet banget beli tadinya untuk November sepulang dari Aussie,
Tapi mefet bingid, No Money!
Akhir nya sejak siang saya ngebet, malam hari saya eksekusi tiket maskapai Etihad transit di Abu Dhabi untuk Tgl 28 Feb – 14 Maret 2017, K.Lumpur Amsterdam PP Rp.5.384.000 tau nya besok malam si Qatar lebih murah 64 ribuuu,besoknya lagi lebih murah 88 ribu, Trus sampe dua mingguan masih lebih murah!Najong! Malah bulan April juga pas musim Semi banget.suwe.
Ke Turki juga pake Qatar cuma 3, 5 jutaan! Ngebet bingid ama Qatar.belum rezki!
Sudah ajak 4 orang saya tawari, semua gak ada kepastian dan lama, seperti biasa hajar aja dulu beli tiket sendiri, kumaha engke!
Prinsip ku kan’lebih baik nyesel beli tiket daripada nyesel gak beli trus selanjutnya adalah pake jurus the power of kepepet! heuheu

Banyak orang yang mengurungkan niat untuk traveling karena alesan budget dan gak ada temen.padahal saya yakin siapapun bisa pergi asal ada niat & nekad!
Kalau travelling jangan bergantung dengan temen jalan, bakal kaga jadi2.
Semoga sebelum akhir tahun dapat tiket Promo ke Turki dan tahun depan ke America atau London! Aamin.

“This heart of mine was made to travel the world.”

Ke Yurop enak nya minimal 3 minggu, enjoy travelling nikmati setiap kota dengan rilex gak buru2 seperti bule2 kalo traveling lamaaa berbulan2, tapiiiii berhubung eike Binor ya sutraaa ...
Gak bisa muluk2! Kejar target aje uda pernah ke Yurop doang hehe…
Lumejen dah kurleb 18 Hari rekor selama pernikahan 14 tahun ngayap si Bu Hajja tanpa ikut si Pak Haji nya,terlamaaa perpisahan ini, dari awal yang ai takutkan adalah dilanda rasa kangen, nyiksa banget bo! Jadi gak enjoy dan gak betah malah gak nikmati, makanya sayang banget, untung saja uda ada pengalaman jadi terhindar rasa galau gaje ganco tsb.
Sugestiin: Orang Bahagia Akan focus dengan APA yang ada Dan Orang tak Bahagia Akan focus dengan yang gak ada!
Alhamdulillah dijodohkan dengan tipe suami yang berpikiran terbuka dan memberi kepercayaan, dan Alhamdulillah perjalanan ini sehat, kuat & cukup lancar.
Ada yang berkata traveling ini karena kecewa dengan situasi \ keadaan saat ini, semua dapat terlupakan seolah semua tidak terjadi atau bukan dirinya sehingga moment traveling memang tidak mungkin tergantikan! Menurut ku B.U.K.AN! Justru traveling itu bikin awet muda & happy. Kebahagiaan setelah traveling lebih lama dibanding punya barang baru!
I feel happier to traveling than buy something…heuheu

Saya bener2 browsing berbulan2 dan nanya kesana sini, karena menjadi kebiasaan dan lagi hobby saya baca juga mencari tau kalo bisa detail! Mengingat solo traveling jadi selain itu banyak berdoa, tahajut dan sedekah hehe intinya jika berani solo traveling harus cerdas dan berwawasan, GW cerdas maksud nya? GR! Bwahaha
“A traveler without observation is a bird without wings.”

Semakin kita membuka diri kepada dunia, semakin banyak pengalaman yang kita dapatkan!
Saya juga pilih mending nginep di Hostel walau dorm daripada dikenalan\ CS karena Capek harus basa basi nemanin ngobrol dll, uda keliling jalan2 enak nya beberes trus bobo, kecuali kadang seneng banget ditemani pas keliling jalan2 nya untuk mintain foto2...heuheu
Never happen traveling together with friends ’couchsurfing \ cs’ mostly they are immoral…
No judgement at all.
Saat uploud foto2 di medsos (FB, Path & IG) banyak yang ‘iri’ dan nyangka saya tajir melintir…
Kehebatan seseorang hanya sebatas orang melihat nya dan
Keburukan seseorang hanya sebatas orang melihat nya
Slalu bersyukur dengan segala keadaan itu adalah kunci happy walau berat beban hidup pasti ada…
Sekali lagi saya slalu jelaskan kalo saya masih tipe traveling di bawah garis kemiskinan alias kere dan gak berlebih! Maka rada mangkel kalo temen traveling ku gak BS-BS dan malah rupiah yang bayarin mata uang lebih tinggi huuuuffff…saya strict budget alias pelit!
Gak bisa jadi temen traveling selanjut nya!
Alhamdulillah wasyukurillah secara keseluruhan traveling alone ini lancar hanya saja kendala bagi pertama kali ke Yurop pasti nyasar2 dan bawa koper jahanam yang maha berat nya itu sesuatu bingid alias pengen nangiiiiisss…huaaaaa…masalah besar banget  saya kemaren ini adalah KOPER BERAT TRUS NYASAR !!!!!!!!!!!!!!!

Saya gak beli eurailpass karena menurutku eurailpass itu flexibel tapi mahal dan lagian kalau mau pesan / booked tetap Bayar EUR 10/ booking. Mending saya beli ‘fixed ticket’ biarpun ga flexibel karena jauh lebih murah.
Koper belum pergi udah Fullll

Selasa 27 Feb 2017
My hubby cuti, pukul 4 sore kami ber2 by Grabcar ke airport Soeta dan baru pukul 6 sore saya check in KLM ( rada deg2 takut delay, sebab perjalanan selanjut nya hanya punya waktu interval sekitar 4 jam by Etihad) Alhamdulillah on time.
Pesawat KLM kursinya 3-4-3 dapat snack pie risol & juice.
Tiba di KLIA 1, lalu ambil bagasi dan imigrasi harus naik kereta dulu. setelah selesai Saya ke lt 5 by lift untuk Check in di Konter (J) Etihad. Jam ½ 12 Konter ‘J’ belum buka padahal take off Jam 2.35 & antri.
Setelah drop bagasi di Konter J14-J15 lalu ke bawah untuk ke Imigrasi dan ke Gate 16 dengan naik Kereta, Wifi airport nya kacrut!

AMSTERDAM

Selasa 28 Feb 2017
Saat di Gate untuk masuk pesawat ada pemeriksaan lagi yang super ketat! BT Sama pemeriksaan yang sudah pake alat canggih masih juga double manual di grepek2, nasib pale tertutup. Di pesawat Etihad saya kebagian kursi sejajar 4 kosong(2-4-2) tapi cowo Malay asu datang dan  menguasai 3 kursi ku saat tengah malam lalu ngorok dan pergi saat landing-tiba! Preet! Malay lagi Malay lage…
Di Pesawat Etihad dapat bantal leher, earphone, penutup mata & Selimut. Makanan cukup sering dan banyak dikasih tapi kurang selera di lidah kaseumpay ku.
Oya saat di pesawat KLM dari Jakarta ke KL dan pesawat Etihad dari KL ke ABudabi cuaca buruk jadi pesawat ajlut2an trus.perjalanan 8 jam tiba di Abudabi pukul 6 pagi TL (Time Local) transit di ABudabi sekitar 4 jam an , turun dari pesawat naik Bis (yang sudah disiapkan didepan pesawat) kearah transit (Desk Transit) dan ada pemeriksaan yang super ketaaaaatt lagi.setelah itu saya menuju Gate 49 melewati toko2 free duty gak tertarik jadi saya stay duduk di gate.
Take off pukul 11 siang dan tiba di Airport Schiphol Amsterdam Pukul 14 siang.
Turun pesawat menuju Arrival & Baggage Hall alias Imigrasi rada ketat, dikejauhan saya liat para orang asia baik pria dan wanita di tanya2, saat saya pindah posisi ke petugas yang rada baikan tetep dunk saya di Tanya : ngapain di Belanda,berapa lama dan kemana aja, semuaaaa saya berikan bukti otentik bahwa saya hanya Turis untuk ngabisin € SEDIKIT! Bukti print Hotel & Bookingan Transportasi saya sudah siapkan & bundle. Lolos!
Keluar Imigrasi saya Tanya ke Informasi dimana letak posisi ‘meeting point’ karena saya janjian dengan rekan Bistip.
Sebener nya saya rada jiper kalo ke suatu Negara yang belum pernah dikunjungi jika tidak di jemput di Airport saat pas kedatangan yang sendiri itu (kecuali kalo tidak sendirian) karena selain kurang PD dan orientasi- adaptasi kedaaan dulu, maka saya bahagia sekali ada orang yang nitip Rokok Sampoerna 1 slot (Bistip) dan komisi @30€ ditambah si Mas Andri pelajar itu mau anter saya janjian di Stasion Beijlmer untuk janjian dengan tante nya temen SD ku.

Setelah beli tiket Transportasi @5€ lalu kami ber 2 kebawah ke Platf 4-5 menuju stasion Beijlmer Arena-hanya 2 stop an dari Schiphol.turun dan janjian di mini market Albert Heijn dan saya ditinggal seorang sendiri untung ada Wifi dan Tante nya temen ku datang pukul 4 tan, segera kami taro drop koper maha berat itu di Flat tante dan langsung Cabut by mobilnya Ke Volendam.
Volendam adalah kota pelabuhan atau nelayan, terkenal banyak orang Indo disini, selain itu terkenal jika ingin memakai \ menyewa baju khas \ tradional Belanda disini tempatnya, banyak berjejer toko penyewaan,
saya keliling mencari yang murah di toko ‘De Boer’ dapat 2 foto kecil atau 1 besar biaya @15€ (kurleb 213K) di Volendam juga ada Cheese Factory yang bisa diicip2 \ Cheese Tasting’, Konon Fish & Chips di volendam terenak didunia sambil nyeruput hot coklat di Cafe volendam .... Someday saya akan balik, aamiin.
Sayang saat saya datang sudah tutup (nyaris tutup semua) pertokoan pukul 6 sore.

Studio 'De Boer' Volendam

VOLENDAM

MARKEN
Foto di studio ‘de Broer’ @15€ (souvenir Standing Plate @5, 5€+ Terompa Keramik @6€).
Rute selanjut nya setelah Volendam lalu ke Marken, karena waktu sudah gelap pukul 7 kami ber 2 pulang ke Flat Tante, untuk makan malam, saya ingin menu bekel saya (nasi & supermi) lalu dimasakin dadar telur plus bekelku ‘Teri kacang lezat andelan.
Gak nafsu makan di pesawat Etihad maka seneng banget dengan menu sederhana ini.
Oya saya memberi snack Indonesia,pada Fritz suami Tante, Ia membalas memberiku Stickers, Thanks!
Pukul ½ 9 malam Saya dan Tante ber 2 keliling by transportasi umum, saya di pinjam Kan ‘kartu OV Chipkaart’ yang diisiin oleh Tante 10€.

Kami naik Metro No 54 tujuan sta Ams Centraal, perjalanan sekitar ½ jam an. Rute kami adalah ke Red distrik (lokalisasi-waniat susila seperti Dolly nya di Surabaya) + Istana /Royal Palais yang disamping nya ada Madame Tussauds, Damn Sqr & Mall bergengsi ‘de Buenkorf’ ------semua sudah tutup!
Damn Sqr-Palais malam hari

Badan & pikiran sudah sangat letih, perjalanan di pesawat sekitar 17 jam belum Transit di KL & Abudabi, semoga saya sehat trus Alhamdulillah.
Kami pulang balik ke Flat Tante, bercengkarama dulu dengan suami & anak Tante,
Pukul 12 malam suhu 4˚ saya mandi keramas (M pula!) dan Tidur di Ruang TV mereka.
Cobaan dan hikmah bingid deh pake Mens/Haid saat ‘long flight’, eerrghh.

Oya Transportasi umum di Belanda sungguh amat sangat mahal diantara 5 negara yang saya kunjungi, selama kurleb 5 hari saya di Belanda biaya nya sekitar 70€ yeeaaak! Sejuta rupiah! Karena yang 1day @7, 5€ gak bisa di pake kereta, dan jika naik kereta min saldo @20€.
Sebener nya ada sih tiket korting tapi gak bisa di andelin karena jarang, selain kadang hanya saat weekend pas saya datang gak weekd, apes! Makanya solusi nya adalah cari lah penginapan di sekitar Damn Sqr-City Centrum / stasion Amsterdam Centraal karena kemana2 dapat jalan kaki , misal ke Primark,stasion Centraal,Red Distrik, Palais Royal-Damn Sqr,Vondel Park, Museum Gogh dll semua bisa di jabanin dengan jalan kaki boooo….irit Ongkos!

AMSTERDAM: 28 Feb – 2 March + 12 – 14 March
*Volendam & Marken + Amst Centraal-Damn Sqr-Red Distric
*Giethoorn + Sta AMS Centraal –Primark
*Museum Van Gogh + Vondel Park + Sta Ams Centraal – Palais + Albert Cuyp
*Rotterdam: Kinderjk + Den haag
*Roermond / Ams Centraal –Damn Sqr – Royal Palais + Airport Schiphol.

1 Maret 2017
Sayang sekali Keukenhof baru buka tgl 23 Maret 2017, ini adalah salah satu Icon Belanda.
Keukenhof adalah sebuah taman bunga Tulip terbesar didunia, ada 7 milyar kuntum bunga yang ditanam setiap tahun, sayang gak pas tgl 30 april pas ‘Queens day’ yang serba orens.
Bunga Tulip aslinya dari Turki, tapi produsen terbesar di Dunia ada di Belanda.
Tulip disini baru ada bulan April, ternyata lain kali kalo pergi ke Jepang, Korea dan Belanda baik nya dibulan April yaaah
Rencana saya hari ini adalah ke GIETHOORN, yaitu tempat seperti Venice Italy versi Belanda.
Pukul 7 an pagi saya segera mandi tapi ribet dengan WA dan kabar2i Orang di tanah air, jadi boro2 sarapan jam ½ 9 nan pagi saya segera cabut ke stasion Reigerbos (sta terdekat sekitar flat tante) untuk ke Sta Centraal , lalu keluar lanjut naik kereta (saldo OV Chipkaart min @20€) saya isi lebih dahulu.sampai di Sta Centraal keluar dari Sasion Metro untuk naik kereta, nanya ke Informasi dimana letak stasion kereta dan cara ke Giethoorn, saat  duduk di kereta dengan yakin ini kereta jurusan yang benar eh pas ada petugas pemeriksaan karcis tiba,kata si petugas ini kereta salah, yaa ampyuuun turun naik kereta –tangga ,nyasar jam ½ 12 siang sejak Jam 9 nan pagi  masih berkutat di sta central, sempet turun di Schiphol malah,capekkkk deh!!!
Maaf gak bisa kasih tau detail Cara ke Giethoorn, intinya rajin nanya ke informasi pasti nyampe kok hehe (patokan dari sta Centraal TUJUAN ‘STEENWIJK’) lagian jam dan platform nya suka berubah2 di Belanda. Kuncinya: rajin nanya!
Tiba di Steenwijk naik Bus (No 70) beli di informasi PP / return @10€ tunggu di halte, pas naik nanya ke Supir ‘Giethoorn’! Turun di Giethoorn nyebrang jalan kearah lokasi Giethoorn, karena kebelet pipis rencana hanya sekejab foto2 langsung cabut, APA daya sudah menyusuri dari ujung ke ujung (gak terlalu luas) baru ketemu Toilet berbayar
@0, 50€ (pipis Rp.7200 Rupiah!)
Nyesel juga gak naik Boat kalo sendiri 15€ kalo barengan yang lain 8€, next time

GIETHOORN

Hikmah nya sambil kebelet tapi puas menyusuri sungai2 kecil, ada bebek, domba dan banyak restoran2 kecil di pinggiran sungai tsb, suasana masih alami dan belum komersial lumayan lah, katanya lebih bagus ini daripada di Venice Italy, entahlah.
Balik ke sta Centraal AMS saya menuju halte Bis no 70 Tujuan Steenwijk lagi, kenalan di halte sama Cewe sipit solo traveling juga dari Malay.kita ber2 nyasar2 –turun naik kereta, orang Belanda kurang ramah di banding orang Aussie para petugas informasi / loket nya,penjajah! (Opiniku)
Hadeeeh dimulai lah nyasar2 Gela kampret ini! Huuufff
Saya turun di sta Centraal janjian dengan Danang orang Indo yang tinggal di Turki, sama2 baru pertama kali ke Belanda (temen baru kenal) karena gak ada WIFI sudah saya perkira Kan akan misscomm, jadi saya langsung menuju Primark, sedikit Shopping, kalap, takjub murah2 bingiiiid! Nyeseeeeel binti keseeeelll bawa baju & jaket dari Jakarta.
Gak percaya murah nya di Eropa kalo gak buktiin sendiri, lebih mahal Matahari Mall malah, amazing!
(Lipstick @1, 5€-2, 5€ + TAS bahan @1, 5€ + Kaos tangan panjang @3€ + Celana Panjang Navy @10€ + Cream Contour@2€+Kutex 3pc @2, 5€ + kaos kaki 5 pc@3€ etc-dll)
Spectacular! Minggir semua! Kalap!
Gak ketemu temen (Danang) dan letih banget saya pulang menuju Flat Tante di Reigerbos naik Metro 54 yangs ½ jam an dari sta central amsterdam.
Kali ini pukul 10 an malam saya mandi dan istirahat di Ruang TV. Alhamdulillah.

2 Maret 2017
Janjian Sama temen yang kemaren gagal ketemu untuk keliling Amsterdam sampe sore sebelum saya ke Praha.
Tante & Suami nya berangkat kerja jam7 pagi, Saya gak sempet bikin sarapan lagi, buru2 pukul 9 pagi dan hujan saya menuju Museum Van Gogh, hujan jadi berteduh2 dan baru pukul ½ 11 siang saya sampe dan Danang sudah menunggu, sebelum nya kami saling foto di WA pakai baju apa nanti saat ketemu hehe
Seneng akhir nya ada temen jalan, kami bergantian foto2 di tengah gerimis melanda.
Foto2 di Museum Van Gogh yang terdapat tulisan Icon ‘IAMSTERDAM’.

Museum Van Gogh

Setelah itu rute kami adalah: Vondelpark + pasar Albert+Royal Palais-Damn Sqr+ Lunch di Rest Turki @6, 5€ & 10€ (sambil numpang pipis-free) tapi pada gak habis alias sisa, akhirnya makan jugaaaa….

Seneng kalo cowo bisa baca peta jadi Sama sekali iriiit, gak naik transportasi umum, Alhamdulillah setua ini saya kuat jalan tanpa rasa sakit dikaki hanya pegel dipunggung (bawaan TAS berat) selama 18 hari traveling ini. Thanks God.
Saya rekomen penginapan temen ku Danang stay di Hostel ‘ FlyingPig’ deket kemana2 ngesot doang ke Royal Palais-Damn Sqr yang banyak burung ,kereta kencana dan H&M
- de Buenkorf’-Magma dll itu, awesome!
Atau jika mau lebih Private dan strategis juga ada di rumah Mba Ade (area Albert Cuyp) berikut sarapan.
Pukul 2 an siang saya dan Danang pisah dan janji Akan jumpa lagi saat di Prague. Tiba di Flat tante pukul 3 sore,saya ngecharge HP & Wifi, tante beliiin tiket dari stasion Bijlmer ke Schiphol (@3,5€?)
Pukul 4.15 saya di drop oleh tante di sta Bijlmer dan ke airport 2 stop, tiba di Schiphol saya liat dilayar monitor kalo pesawat Easyjet kode flight ada di konter berapa, ternyata di konter 28.
Drop bagasi 20 kg, tidak ada Imigrasi, oya selama di Eropa naik pesawat, Bis & Kereta tidak ada Imigrasi Sama sekali. Jadi wajar, sekali saja ribet nya pas kedatangan di Imigrasi Schiphol itu.

Biar gak ada imigrasi tetep pemeriksaan superrr ketaatt, sepatu boot dibuka, pas saya kadang boleh kadang disuruh buka juga, setelah drop bagasi di konter lalu pemeriksaan ketat selanjut nya menuju Gate, yang rada bingung. Habis Gate atau Ruang tunggu nya aneh, satu-satu pintu ke bawah baru Gate dan gak ada tempat duduk nya, jadi langsung di cegat cek tiket yang wajib udah web check in EASYJET (sebulan uda bisa web cek in) kalo gak di denda! Dan bawaan TAS cabin WAJIB satu, tidak boleh seperti AirAsia 2 TAS (1 TAS Cabin & 1 TAS bahu/selempang-messeger bag) kalo gak didenda! Buseeeet! Shok! Nyesel saya gak satuin semua dalam 1 tas besar saya yang max 7 kg, tapi saya bawa tas selempang-messeger bag & tas kresek, jadi berbagai cara saya masukin tas selempang-messeger bag ku kedalam tas kresek , yang lain nya buku ,botol minuman & HP saya kempetin di ketek, aaampyuuun! Sampe dikursi pesawat saya bongkar lagi seperti semula, asu!
Stress Sama Easyjet! Kapok! Semoga terkabul,aaamin!

PRAHA – PRAGUE – CEKO- CESKY – CZECH

Perjalanan Amsterdam ke Praha 1, 5 jam, didalam pesawat juga ajlut2 karena cuaca buruk.
Pukul ½ 9 malam Tiba di Airport Praha tunggu ambil bagasi dulu.
Alhamdulillah temen yang baru kenal, orang Indonesia yang sudah 2 tahun kerja di Praha (2-jam dari Kota) sudah menjemput ku.
Saya ambil ATM BNI dulu di airport @1700 korun. (Kurs ATM BNI= )
Teman ku ini Pas pula dia dapat cuti selama 4 malam dan selama 3 malam bersama saya karena dia juga belum pernah ke Kutna Hora + Cesky Krumlov & Dresden Jerman, rencana kami ‘traveling together’. Sayangnya gak jadi sehostel karena dia telat booking, mungkin ada hikmahnya, hostel ku jelek lokasinya heuheu
Dari Airport menuju ke Hostel Emma –Praha 2:
Naik Bis No 119 (ongkos @30Korun?) turun sampe mentok lanjut ke dalam stasion metro / kereta naik ke…
Tetep dunk nyasar maju mundur bawa koper jahanam kupret itu, hadooo
Akhir nya ketemu juga tuh Hostel.

Review Hostel Emma
Passport dan Visa di cek, pake Deposit 200 Korun, staff ribet, jutek bawaan nya curigaan.
Tipikal orang Ceko.
Gak dapat Handuk, Toiletries & Sarapan, kamar mandi di luar kurang bersih & Kamar 4 bed Female kecil gelap dan kurang nyaman, stop kontak jauh dari kasur,
Lokasi Jauh dari mana2 kecuali Dancing Building, itu juga gak terlalu deket.

Setelah urusan check in kelar, kami ber 2-masuk kamar, saya bongkar titipannya Counterpain besar 2 buah (180 ribu rupiah) dan di balas dengan oleh2 coklat.
Setelah itu kami ke bawah kedapur nya, belum juga masuk udah dipelototin Sama tamu cowo yang aneh menatap ku yang berhijab! Eeeaaaa…
Terbukti niih Rada ngeri2 sedap sejak bulan lalu presiden Trump mengeluarkan kebijakan pelarangan muslim & imigran muslim berkunjung ke USA, takut berimbas ke Eropa, ternyata di Praha saya alami rada rasis bin diskriminasi. Untung PD kami ber2 sejuta jadi EGP banget, tetep kami cuek ber 2 bikin air panas untuk seduh minuman Jahe yang kubawa dan kami ber 2 cuek duduk di tengah mereka sambil Free Wifi. Minggir semuaaa! Dikira kami cewe lemah apa haha
Saya berharap teman ku Monica yang seorang Nasrani memakai ‘kalung Salib’ supaya kami gak terlalu di diskriminasi hahaha untung cuek - gak baper- EGP.
Resiko traveling ke Negara sebagai yang minoritas.
Setelah itu pukul 11 malam kami ber 2 keluar hostel ternyata baru beberapa meter Hujan, jadi aja gagal dan saya balik ke Hostel, Monica juga balik ke Hostel Ananas di area Wenceslas Square - Muzeum atau deket stasion Mustek,.
Rekomen Hostel di ini atau Area disini.

3 Maret 2017
Semua stop kontak –charger di Eropa Sama dengan Indonesia & waktu juga Sama seluruh Eropa. (Misal Amsterdam-Praha-Vienna-Budapest-Paris; waktu nya Sama, gak berbeda) Eropa dan Jakarta Beda 6 jam (misal Jakarta Jam 6 pagi, Eropa Jam 12 siang).
Ternyata walo sudah dikasur sendiri tetep belum bisa bablas nyenyak tidur nya, kebangun Jam 6 pagi dan baru bisa Pub nyaris seminggu. Trus masak nasi di kamar, rada gak enak Sama temen sekamar Ceweq dari Brazil jutek itu tapi lagi PD jadi saya cuek aja dan mandi keramas lalu siapin bekel nasi.Jam ½ 10 pagi Monica sudah datang menjemput untuk ke KUTNA HORA.
Caranya: jalan kearah halte untuk naik kereta ke stasion Praha HL Nadrazi (tram5) - Hlavní nádraží (stasiun utama).
Lalu ke arah loket tiket beli tiket ke kutna Hora PP ber 2 = 350 Korun (seorang PP @175korun)

Kurs ATM Mandiri 1 korun: Rp.636, - Kurs BNI: ?
Sepertinya lebih murah ‘gesek debet’ daripada ambil cash di ATM.

Saat beli tiket si kasir kumat rada rasis selain jutex gak mau liat mata kita alias di cuekin saat Monika berbahasa Ceko nanya2, padahal udah pake bahasa dia. Sekian!
Perjalanan dari sta Praha HL Nadrazi 1 jam ke Kutna Hora.
Turun dari stasion ke arah area salah satu UNESCO SITE HERITAGE tsb rada jaaaauuhhh (seperti nya harus naik kereta kecil dan turun di stasion lebih kecil lagi deh baca di Blog lain).
Kurleb Cara turun dari kereta: kearah belakang tempat informasi –lurus - ke kiri – luruuss- kekanan, jalan jauuh! Ada Gereja yang didepan nya kuburan.
Kami masuk ke dalam salah satu Gereja, yakni Gereja yang didepan nya ada kuburan dan petugas tiket nya ramah tau kami dari Indonesia,
Akhir nya ada juga orang Ceko yang ramah.
Biaya masuk 2 tempat @110 Korun (BS-BS).

Kutna Hora:
1.Sedlec : Gereja peninggalan zaman tahun 1870 yang terdapat 40.000 tengkorak tulang belulang  manusia, rada serem sih kalo Cuma sendirian untung banyak pengunjung dan saya excited menvideo kan yang sudah saya uploud di IG & Youtube.
Setelah itu kami menuju Gereja lain nya yang terletak di pinggir jalan, Cathedral our lady.
2. Cathedral Our lady: salah satu Unesco Heritage juga.Gereja yang berbentuk ramping, megah dan altar yang tinggi, kami menyusuri sampe naik2 keatas2.
Setelah itu kami balik kearah stasion kereta dan jalan jauh.sampai di stasion kereta Kami makan bawaan bekel, karena jadwal kereta ke Pusat Kota masih lama.
Menu Nasi & lauk rendang ku, Monika menu roti.
Setelah selesai makan sempet masuk ruangan informasi yang hangat karena angin dingin sekali trus kami jalan turun ke stasion untuk naik kereta yang lawan arah dari tadi kedatangan-sebrang.
Cari2 kursi kelas 2 sesuai tiket lieur bin keder, akhir nya cuek aja duduk di kelas 1 perjalanan 1 jam, saat pemeriksaan oleh petugas  kena charge disuruh nambah seorang @30 Korun (Monika yang Bayar).

Kereta Kelas 1
Seperti nya Rute ke: Cesky Krumlov & Dresden Jerman PP gak sempet, jadi pupus sudah keinginan itu, selanjut nya kami ke Icon Praha lain nya di Kota, yaitu Charles Sqr, Charles Bridge, Old Town-Astromomical Clock / Jam Gadang.
Oya saat di Tram sempet saya melihat (se bus) seorang Pria berdiri di samping sebrang ku memakai Jaket Panjang Hitam yang bertuliskan; ‘BLOCK ISLAM…bla bla dan Gambar Mesjid di Coret!’
Wow kaget dan jiper juga untung ber 2 Monica kalo sendiri di Tram itu eik keder! Takut di Jambak-dibuka Jilbab eik hehe…tapi saya liat sebagian orang GAK suka dengan orang memakai jubah tsb…gara2 si Trump! Aya2 wae…ya pengalaman ajaib!
Kutna Hora: Gereja Tulang Belulang Tengkorak Manusia

Chatedral Our Lady-Kutna Hora

Jam Gadang-Astronomical Clock

Monica keletihan dan kaki sakit jadi saya seorang diri naik Tram pulang (Monica beliin tiket @24korun?) saya balik ke Hostel Emma sendirian, dan pasti nyasaaarr dunk, untung patokan yang saya inget adalah hostel ini deket dengan ‘ Dancing House’ maju mundur nyasar2 akhir nya ketemu juga, leeelaah jangan di Tanya!
Baru beberapa hari dicuaca dingin tenggorokan kering nyaris sakit tenggorokan untung bawa obat kumur & Troces juga kaki betis gatel2 bulukan untung bawa Caladine cair.Note!

4 Maret 2017
Teman ku Danang yang kemaren di Amsterdam ketemu, sudah tiba sejak subuh di Praha, minta ketemu dan temenin, karena saya letih sangat, saya minta bantuan Monica untuk yang menghandle hehe
Pukul ½ 9 pagi sudah di jemput oleh Danang dan Monica, saya tidak mandi karena semalam sudah dan sibuk siapin bekel nasi.
Oya sempet ngobrol Sama Mayumi temen sekamar yang dari Jepang, saya curcol kalo orang Praha rada sedikit rasis, dia seperti merasa juga karena dari Asia.
Mayumi hari itu check out dan minta alamat emailku dan foto2 bareng

(Oya Kemaren beliau sudah emailku)
Hari ini Rute kami ber 3 adalah kembali menyusuri Icon2 di Prague (saya mengulang lagi dari Versi kemaren rute ini). Lebih hidup suasana perjalanan ini karena ber 3, horeeee!!!
Pecah banget pemandangan – atmosfir di Negara Praha ini.
Dari Hostel kami Naik Tram ke halte…
Sempet foto2 dulu di ‘Dancing Building’ dari halte deket Hostelku.

Turun dari Tram Kami menyusuri Gereja tapi belum buka, jadi kami kearah Prague Castle, luaaas dan lumayan nanjak kesana. Bagus deuh. Sempet juga kami istirahat dan makan di deket Prague Castle itu dengan menu bawaan bekel masing2, nikmat banget,
Diiringi lagu ‘I will survive’ dari radio di warung situ, Alhamdulillah.

Setelah itu kami ke Jembatan Charles, lewati Gembok CInta di bawah Charles Bridge tsb trus ke Old Town lagi, ada Jam Gadang Astronomical Clock – Hard Rock café ketemu Turis Indonesia, ngobrol sebentar trus cabut lagi ke Museum hanya foto diluar, kita udah kepayahan.

Cari makan di sekitar Muzeum / Area Mustek, Restoran China BS-BS Nasgor ku @85 Korun.
Oya di Praha saya Gak pede minum di tap water, jadi slalu beli, harga nya 1 ltr@10-25 korun (Rp.6 ribuan – 16 Rb Rph) suka salah beli karena jarang yang air natural kebanyakan yang bersoda! Hadeh!

Menurut yang saya alami dan baca Tap Water di Eropa yang paling enak, bersih dan higienis adalah di Jerman, Swiss dan Austria. Yaa Belanda lumayanlah. Mengingat perut orang Indonesia bisa tahan lah, secara disini hanya air kemasan standard AMDK nya,
Orang Indonesia udah kebal dengan Salmonella dsb
Tadi beli standing plate @100-120 Korun + Magnet @20-30 Korun & Starbucks @320cz.
Lalu mampir ke Hostel Ananas tempat Monica ‘stay’ untuk numpang pipis & Wifi, dan Danang ambil koper nya karena Akan lanjut perjalanan naik Bis ke Negara lain dan InsyaAllah kami akan jumpa kembali di Vienna.
Jam 5 sore mencar-pisah dengan Danang dan saya di anter Monica sampai Naik Tram ke Hostel sendirian Karena Monica letih dan kakinya sakit, kembali nyasaaar deui urang mah nya’!
Tiba di kamar packing mumpung sepi karena besok pagi cek out, kasur ketumpahan botol Tupperware, balikin kasur dulu, beraat ( untung rajin Push Up haha)  Saya kira Koper rusak, gelisah sepanjang tidur malam, ternyata esok nya Monica cek bukan rusak tapi resleting salah, karena double resleting, Teya! Beleguk! Aya2 wae! Alhamdulillah

PRAGUE-PRAHA
*Kutna Hora (Gagal ke Cesky Krumlov & Petrin Tower)
*Dancing Building, Prague Castle, and Old Town: Charles Bridge-Charles Sqr-Astronomical Clock, Museum.

5 Maret 2017
Ceweq Bule di kamar pada ngorok2 dan suka kamar gelap, syukur lah saya juga suka gelap.
Pukul 7 pagi saya pub dan mandi serta beberes.
Monica dateng Jam ½ 8 nan lalu check out dan dikembalikan Deposit 200Korun, lalu menuju Halte deket Dancing Building menuju Stasion PrahaHlavni Nadrazi (stasiun utama) untuk naik Flixbus, saya berikan 100 korun untuk Titip Monica beli standing Plate, sisa nya untuk bayar Ongkos selama ini sekali jalan sekitar @20-30 Korun (katanya ada free dari Pulsa HP nya sih).
Sesampai di stasion Praha Hlavni Nadrazi kami cari posisi Flixbus, setelah Yakin lalu Monica membeli Roti & Susu Coklat, sementara saya duduk dengan koper jahanam beratnya.
Menurut saya Roti di Praha lebih enak daripada beli di Toko Roti Turki di Vienna.
Sengaja saya ‘spare’ waktu jangan mepet, kalo ada apa2 gak stress.
Ternyata kejadian juga mau pengsan! Setelah sulit nya nanya2 ke orang di area sekitar stasion ini, minim banget petugas.OMG! Gak ada petugas Sama sekali.Shit!
Pukul ½ 10 pagi ( Bis Berangkat Jam 9.40) Monica berinisiatif untuk langsung ke Halte Flixbus, tapi kok seperti tidak ada tanda2 dan hati kyu deg2 an ada rasa khawatir, saya tidak bisa lari2 karena bawaan jahanam koper ini sehingga Monica lah yang nyebrang untuk nanya ke Informasi (saya liat dari kejauhan itu tempat Informasi) Tiba2 dari Sebrang saya liat Flixbus Jurusan Prague-Vienna Lewat - datang, waahh saya yakin itu pasti, maka dari kejauhan dan sebrangan dengan posisi Monica saya lari2 turun tangga untuk kesebrang, OMG beraaat bingiiid koper & tas ini. kesian Monica, lalu  koper saya serahkan pada nya dan saya ngibrit untuk ‘kabari’ driver agar saya di tungguin sebentar, Masya Allah, udara dingin lari2 an ngos2 an hauuus tenggorokan keriiing.ckckckcck
Koper masih aja berat ih! padahal sisa beras,rendang & oreo sudah saya hibahkan, kemaren juga di Flat Tante sisa Teri Kacang,Supermi,Popmi & Snack saya tinggal.
Tapi koper masih aja ringan! Ampyun.
Berpisah dengan Monica yang baik, berpelukaaaan, Nice to meet you nduk! Thank you.
kalo lagi liat2 foto2 & video jadi inget & kangen masa2 kita 'traveling together'.
Di Bis saya duduk ber 2 Cewe sipit dan perjalanan selama 3, 5 jam lebih awal-cepet ½ jam, Alhamdulillah.

Review Flixbus:
Kadang tiba ditujuan ada lebih awal ½ jam, tapi kebanyakan on time, ada Wifi, Sama sekali gak dapat minum. Tiba di Vienna Jam 13.30-di stasion ERDBERG (VIB).
Turun dari Flixbus saya janjian dengan Danang, saya ngarep banget kalo tiba di suatu tempat baru pertama kali tiba sebaiknya-harus janjian di stasion tsb. Karena kendala Wifi dan Bis lebih awal tiba sempet gelisah Danang belum tiba namun akhir nya tiba.Alhamdulillah.

Bersambung ke Part 2 (Vienna & Budapest) - Part 3 (Paris & Rotterdam)