Jumat, 23 Oktober 2015

SINGAPORE - MANILA

SINGAPORE - KL ( TRANSIT ) -  MANILA

Setelah tahun 2012 pernah menghanguskan tiket ke Manila Philippine, nyaris juga ini tiket mau dihanguskan, mengingat kurs dollar najong banget  waktu itu sempet nyaris tembus 15.000  OMG!
Tahun 2015 ini sangat sulit dengan anugrah binti cobaan musim kemarau panjang-cuaca panas exstrem ElNino dan kurs dollar warbiyasah ini!
Dollar gak naik aja emang lagi panceklik, sangat terasa bagi traveler terutama saya!
Awal nya saya dapat promo AA Jakarta – Singapore one way gak sampe 200.000 perak ( Belum Airport tax) beli tahun lalu dan belum yakin akan digunakan atau dihanguskan, lalu dapat lagi promo tiket Cebu ,KL-Manila kurang dari 200.000 perak juga  naaah ini dia yang bikin ragu2 dan nyaris di hanguskan, beli tiket pulang nya mahaaaall! Belum penginapan , transit dan bekel uang 3 negara tsb! Berasaaa… secara bulan depan InshaAllah ke Shanghai!

TRAVEL IS ONLY THING YOU BUY THAT MAKES YOU RICHER

Maka oleh sebab karena dari itu saya hanya dua malam saja di Manila.
Lagian Manila sama banget dengan Jakarta, Macet, berdebu-polusi, banyak copet , pengemis dan identic dengan antri,  naik jeepney\angkot, LRT antri, bayar angkot\jeepney cara nya estafet kasih \ titip ke samping kita sampe ke supir.


Antrian naik Jeepney \ Angkot di Manila saat peak hours!

Etapi My hubby licik banget deh seminggu sebelum saya  berangkat dia baru beri tau akan ke Hongkong acara kantor nya, idih! Enaak banget! Enakan Hongkong lah daripada Philippine heueheu tapi kan kami ber dua sudah pernah. Semoga bisa ke Osaka – Jepang ber2 mumpung ada sepupu di sana aamiin.


MINGGU 18 Oktober 2015

Hikz! Hubby gak dapat mengantar  ke airport karena sedang  berada di Hongkong, males order Taxi subuh, untung adik ipar setia mendrop ku ke airport.

Habis sholat subuh saya dianter ke airport, check in, take off jam 7 pagi.
Tiba di Changi T3 - pukul 10 pagi kurang waktu Singapore.
Karena nanti sore menggunakan maskapai Tiger ke KL maka saya titip tas \ Left Baggage  di Terminal 2 seharga 3,20 $. Lalu ke supermarket basement beli coklat dan air mineral lanjut beli tiket MRT Return Changi-Orchard 5$, turun di Tanah Merah-City Hall-Orchard.
Tiba di Orchard keluar arah Tang Plaza ke Lucky Plaza lt 4 restoran AYAM PENYET RIA, pesen paket nasi + ayam+tempe+tahu = 8$.
Lanjut masuk ke Sta MRT Tang Plaza lalu ke ION Plz, ke Basement percis di bawahh Uniqlo tempat DAISO, rada kalap karena pas lagi barang nya lucu2, tapi tahan diri karena gak beli bagasi PP! hikz! Setelah nya beli – makan es potong Spore - uncle 1,20$
pas depan butik COACH *pilu
Bosen nongkrong karena hari minggu orchard rameee banget krowdit riweuh! Para TKI Libur sih…hari TKI libur tiap minggu.
Jadi Jam 3 siang balik ke Changi. Sta Mrt Tang Plaza , masuk turun kearah Marina Bay-City Hall-Tanah Merah\Pasir Ris-Changi.
Nongrong di Changi betah banget. Ngantuk bin letih banget secara 2 hari sebelum travelling ini tante hubby sakit kritis saya berkunjung - bezuk  sendirian by Gojek 24KM ( asli keleyengan!!!) !  nyaris seharian karena jauuuuh sebab saya takut nanti ‘gak sempet’ ternyata keesokan hari nya tante hubby tsb wafat ,kembali datang  melayat lagi nyaris seharian dan packing-beberes, ditambah sakit mata kiri yang iritasi,  lelah!

Naik Tiger Air beda lagi dengan Airasia, jika Tiger walo sudah webcheck in tapi tetep aja  harus ke konter nya verifikasi passport dan ganti tiket, hadeh!
Sempet sholat jamak di Changi T2 ini ( hati2 Scam saat di Musholla ada orang Mesir, bersandiwara ketinggalan pesawat dan minta  di beliin tiket! lah kalo juga ada uang kita juga mau beli tiket untuk diri sendiri ke Cairo ya' impian banget ke Mesir.  aya2 wae!) hati2.
Jam ½ 8 malam Gate baru di Buka.
Di pesawat ko orang2 tetep nyalain Hp ya ? saat di pesawat jelang takeoff atau sesudah nya,lieur saya mah..

SENEN 19 Okt 2015 – KL-MANILA
Tiba di K.Lumpur pukul ½ 10 malam , buru2-ngibrit takut di tinggal van shuttle ke hostel youniq. Ternyata masih dikasih waktu 15 menit ko dari jadwal ( Jadwal Jam genap ) Pas keluar dari imigrasi langsung cafĂ© Old Town disana lah tempat kumpul penumpang van shuttle menuju hostel perjalanan 20 menit.

Youniq Hotel-Dorm-61RM

Review Hostel Dorm Youniq:
Saya pilih tipe kamar Dorm, ternyata 8 bed dan kosooong! Wow! Terpisah dari lobby hotel alias di samping beberapa blok sedangkan didepan ada beberapa orang ‘bangli’ nongkrong iiih! Seumur2 belum pernah kesampean dikamar dorm kecuali dulu di Kyoto Jepang  itu pun karena ber 5 semua isi nya saudara ku semua, ini sendiri berasa private tapi jiper nya jauh dari lobby dan kamar kedap suara takuuut kalo ‘kesekap’ susah teriak2 nya hahaha 
Maklum orang keceh kudu aware! Jadi kaya sugesti jam 2 malam kebangun karena terdengar seperti kunci ada yang otak atik buka! Ogwah lagi ah nginep disini kalo tipe dorm nya sepi! Kecuali siang hari kurang dari 10 jam! Daripada di airport kaga bisa istirahat.
Kamar berisi 8 bed, shower berjejer 2 shower dan 2 toilet, dispenser menyatu dengan kamar dorm male \ samping kamar. Bed no 7-8 deket ac dingiin parah karena saya pilih deket kamar mandi. Harga semalam @61RM  ( Plus Tax + Return Shuttle ).

Pukul ½ 12 saya check out dan jam 12 siang (saat cek in sudah book van shuttle balik ke KLIA2, tiba dk KLIA2 langsung ke Restoran Ny.Colors depan Mcd level 2, saya pesan makan : penang asam laksa + teh Tarik= 19RM.

Restoran Ny.Colors

Nanti kalo balik lagi rencana mau coba nasi lemak nya ah!
Karena gak ada wifi saya jalan kearah imigrasi karena disana wifi bebas dan lamaaa banget saya sampai 5 jam ber wifian …Alhamdulillah
Pukul 3 sore saya sudah masuk Imigrasi padahal takeoff baru jam 6, dan ternyata Cebu air seperti Tiger kudu ke konter dulu verifikasi dan ganti tiket walo sudah web check In hadeeeh ..kudu rempong dulu dah, dan delay 1,5 jam boo
Oya  saya amat sangat bersyukur travelling ini sangat lancar jaya manis, karena hari minggu saat saya akan ke Singapore temen di Manila menghubungi kalo Manila-Filipina sedang ada  Typhoon! Untung delay nya gak lama dan saat di pesawat memang ada sedikit goncangan, berdoa slalu.
Allah Swt protect me always!
Negara Philippines adalah negara yang min 20 kali setahun terjadi topan dan badai, bersyukur sekali kita dinegara khatulistiwa... 
Rada ketar ketir karena solo travelling dan malam hari tiba di airport takut teman ku ‘Angel’ menjemput ku ke maleman, untung emang dia tipe kalong heuhe
Tiba di airport Ninoy Aquino Terminal 3, nyaris jam 1 malam, teman ku sudah jempput lalu by Grabcar aku di drop di hostel setelah nya jalan kaki kedepan hostel beli air mineral di Family Mart ( @35PHP-Mahal)
Ternyata hostel ini tersedia dapur lengkap dengan microwave dan dispenser!




Review Lokal Hostel
Lokasi dikawasan gaul-cafe2 seperti legian Bali, tapi kamar kedap suara gak berisik ko.
Lantai seperti terbuat dari semen bukan keramik, tidak ada TV tapi ber Ac, gak ada jendela dan gak ada toiletries, gak ada lift ,padahal letak hotel di Lt3, Kasur busa bukan springbed seperti di dorm Youniq kemaren springbed lho, selimut tipis seperti sprei, naik taxi dari aiport by Grabcar 130peso.

Teman ku lalu pulang kembali by taxi untung apartemen nya deket gak jauh dari tempat saya.
Mandi –keramas-beres2-internet-wifi an , tidur baru jam ½ 4 subuh! Ampuuun….


SELASA 20 OKT 2015 – MANILA

Entah kenapa saya ko di Manila ini kaya ada feeling gak bakal , gak mau ‘ngider’ sendiri, habis takut dengan scam,penipuan dan criminal di Manila yang terkenal juga karena pistol disini legal, kalo di Jakarta katanya golok atau pisau ,kalo disini pistol bo..iiih sereem.
Apalagi saya berjilbab minoritas, tapiiiii ternyataaaaa mereka semua rata2 nyangka saya orang Filipina lho…aneh bin ajaib. Sampe bosen ko semua sangka kita orang Filipinos.
Karena saya seperti ada feeling gak bakal ngider sendirian, jadi aja pasrah ‘angel’ temen ku baru datang jam 1 siang menjemput, angel mengajak temen nya ‘Uthe’ jadi kita ber 3.
Tujuan awal kita adalah makan siang, lalu menuju restoran ‘Persian Kebab Hossein ’ deket dari hostel, yaitu jalan kaki kearah lampu merah samping bank china –depan Moulin Rounge-depan hotel Inwangsan.
Kami pesan : Beef Shawarna + Roti Channai +Green Tea + Iced Tea = 872 Peso
Ber 3 share cost @291Peso atau 90 ribuan rupiah.


Restoran Persian Kebab-Makati

Lalu by Grabcar kita menuju mall \ SM MOA yang terkenal itu dengan charge Grabcar 165 PHP. Share cost, tiba di MOA langsung menuju Toko Kultura.



 berasa mahal2 deuh, masa magnet kulkas @80PHP alias @26 ribu, kaos hubby aja sekitar 190 ribu rupiah kalo di kurs,  manisan manga ( Dried mangoes-cebu)  80peso,pouch 130 Peso,  pajangan meja dan mutiara2 gak kesampean! Mahal!Hai Angel titip dunk kalo ke Jakarta...



Setelah dari MOA kita ber3 by taxi didepan mall menuju  Rizal park.



 Setelah sekilas foto2, jalan kaki 1,2 KM ke Intramuros – Fort Santiago, karena nyasar , jalan capek, cewe manja2 ini nyewa Tricycle \ becak ber 3 = 140Peso. hati2 Scam naik delman \ Rickshaw, awal ditawari  murah pas nyampe dikeluarin daftar harga 'dipaksa' bayar puluhan kali lipat!!!


Becak \ Tricycle

menurut saya Rizal park amat sangat biasa aja, nyesel , mending langsung ke Intramuros, masuk fort Santiago bayar per orang @75Peso.



Waktu sudah sore , saat nya Manila ‘peak hours’ alias maceeett paraah kaya Jakarta!



Setelah dari Fort Santiago kita jalan nunggu Taxi pas di depan Manila Chatedral.


Manila Chatedral

suliit  dapat taxi akhir nya order GrabCar lagi ke Mall Greenbelt 300 Peso, sharing cost.
Buseeet , pegeeell di mobil manila maceet be’eng.
Tiba di Mall Greenbelt kita dinner dan janjian dengan temen ‘couchsurfing’ku orang Manila, namanya ‘She’.
Di restoran NAM NAM kita ber 3 order : Corned beef + Bulalo \ sop beef + Garlic Rice =
jatuh nya perorang @ 276 Peso atau kurleb 90 ribu perak.

Angel, Me & Uthe

Padahal saya penasaran banget dengan restoran khas Philippines ‘Jollibee’!



Etapi Buseeet hari selasa malam, mall tiap malam rame booo, udah kaya malam minggu kalo di Jakarta, ternyata orang Manila kalo makan di luar , makan di restoran, gak masak di rumah.
Kita ber 3 ketemu teman ku She asli Filipino yang ngajak 2 temen nya lagi jadi total ber 6, heboooh! Hikmah nya Memperlancar Bahasa inggris…
She, Selly & Lian - Philippines Friends

Sebener nya mereka mau ngajak lagi ngobrol ngopi2, tapi kita tolak karena rada shock heuheu
Kesan saya terhadap ceweq Filipino saat nunggu di Gate kemaren ngobrol sama Ibu2, lalu saat berhubungan dengan temen CS ku yang lain yaitu Tata dan Kate lalu saat ketemu She, hhhhhmmm orang Filipino gitu ya….*gak pukul rata \semua sih..
Setelah kita puas berfoto dan pisah, saya,angel dan uthe yang sekampung halaman orang Indonesia , menuju Jollibee jalan kaki sampai ke Hostel ku, ternyata Mall Greenbelt gak jauh dari Lokal Hostel. Habis dari Jollibee ( take away  beli nasi+ayam=75Peso atau kurleb 25 ribu perak!) ) kita nongkrong di Starbuck dulu, saya order susu coklat @130Peso, lanjut jalan kaki ke hostel.


jalanan menuju ke hostel seperti jalan sudirman Jakarta, tiba di hostel, masih ngobrol di rooftop | upstairs  hingga jam 1 malam, lelaaaaaaaaahh
Mandi dan beberes , tertidur jam 3 an subuh lagi, hikz! Udah tua saya mah!


RABU 21 OKT – MANILA-KL

Selaluuu janjian jam 10 atau jam 11 , kenyataan baru jam 1 siang mereka tiba.

Homesick-Lelah menungguuu

saya sudah check out sedari jam 12 siang, setelah mereka tiba lalu kita menuju mall ‘Resort World ‘ agar deket ke Airport, secara Manila lebih parah, karena jalur ke airport nya gak khusus seperti Soeta jakarta. Jadi ‘mengerikan’ deuh! Beruntung banget  kenal dan ketemu Uthe, temen nya ‘Angel’ temen ku. Sebab Angel temen ku yang baru saya kenal juga, walo sudah 2 tahun kerja kontrak di Manila dia gak pernah kemana2 ,untung nya Angel ajak Uthe , temen nya yang sekantor dengan nya.

Dari Hostel ku ke Resort Manila by Grabcar lagi 200 peso, lalu menuju ‘Guest Service’ penitipan tas\koper, free! Pas didepan Casino. Mall ini seperti di Macau atau Sentosa di Spore yang ada Casino2 gitu.

Resort Mall

Setelah titip tas kita makan di restoran ‘Red Crab AliMango House, order: kepiting 1 kg + adobo posit klasiko \ cumi bumbu item + rice = 2800 Peso atau 882 ribu perak!!!
Saya gak suka Crab \ Kepiting ! Mahal kali, ampun dah!

kepiting & Cumi

Saya amat sangat bersyukur Travelling ini sangat lancar jaya, karena bertemu teman yang baru saya kenal si ‘Angel’ dia menjemput tengahmalam ke airport, dan dia kenalkan juga Uthe yang membantu banget dengan rute2 dan ide2 kemana dulu tujuan kami.
Cuma sayang nya, mereka anak muda yang bekerja kontrak 2-3 tahun di Manila, ber gaji dollar, manja –gak biasa memakai transportasi umum, jadi saya selama disini gak pernah merasakan naik jeepney ( angkot nya Manila ) atau naik MRT, seperti kebanyakan masyarakat Manila yang saya liat rajiiiiin bangeeeeet antriiiiii, sampe terpana saya foto antrian naik jeepney ! Cckckc


Jeepney \ Angkot di Philippines


Selain itu kurang berkenan nya saya adalah selain kita gak berkendaraan umum, cara makan nya juga di restoran mahal, kan share cost boooooo….sebagai budget Travelling, rada tekor  juga heuheu saya seneng sekali waktu beli nasi+ayam di Jollibee Cuma 75Peso!
Tapi untung lah, bisa cukup ‘bekel’ ku walo gak dapat beli oleh2 banyak, overall thanks God, Alhamdulillah wasyukurillah
Oya balik ke cerita, setelah makan di Resort World ,jam ½ 3 siang kita antri taxi ke Airport, kaaan maceet parah, ditambah nyasar ternyata Airasia dan Cebu sama di Termimal 3, Angel bilang nya T4 jadi muter lagi, tapi Alhamdulillah gak telat Cuma nyaris, dan lagi dan lagi hadeeeh Airasia di Manila walo sudah web check in tetep kudu ke KOnter verifikasi Passport dan ganti Tiket, sekian! Ribet!

Tiba di K.Lumpur jam 9 malam, nunggu jemputan van Shuttle ke Youniq Hostel,


Youniq Hostel - Superior -118RM #311

Sekarang pilihan tipe kamar bukan Dorm tapi Superior Delux semalam 118RM ( Plus Tax + Shuttel PP) , kamar lt 3 ada lift dan area dalam hotel, harga kurleb sama dengan Hostel di Manila, tapi fasilitas sangat jauh bedaaaaa….
kapok ah ke Manila ( kecuali greetong , atau ke Barocay dll ) serba mahal, gak ada apa2 nya! Typhoon mulu.
Apalagi saat dikamar hostel K.Lumpur  ini saya baca di Twitter sore tadi baru aja kejadian 2 diplomat China di tembak mati di restoran Kota Cebu sih… tukang main pistol,tembak2 an orang Philippines yah!


KAMIS 22 OKT- KL-JKT

Saya berhalangan-datang bulan  sejak kemaren , jadi tidak sholat, rempong yah Travelling datang bulan, semoga bulan depan gak M  saat Travelling.
Check out jam ½ 12 , duduk di Lobby, jam 12 tepat by Shuttle ke kLIA2. Mau makan Nasi Lemak di Rest Ny.Colors – gak Nafsu, jadi langsung ke Gate, mainin fasilitas WIFI, delay 20 menit.
Tiba di Jakarta Jam 5 sore kurang, hubby sudah jemput sejak jam 3 siang. Beliau cuti demi sang Permaisuri.
Alhamdulillah wasyukurillah, nasi bungkus padang sudah tersedia, lapeeerr.
Nyaris seminggu tak bersua hubby , karena saat saya pergi travelling dia juga sudah ke HK, Rindu membuncah kalbu...*jayus❤❤❤



Budget:
-           Jkt-Spore AA : 117.000 + Airport Tax 150.000 = 267.000
-           Spore-KL Tiger = 391.000
-           KL-Manila by Cebu : 176.000
-           Hotel Transit 2 malam  di KL :   61 RM + 118 RM = 179 RM
-           Manila – KL= by AA + Makan = 2038 Peso
-           KL-Jkt AA: 101 RM = 363.000 ( Kurs lagi naik! )
-           Hotel Manila = 2 mlm = 2000 Peso

-           1 Peso: 315-325. Ringgit : 3400, $SGD : 10.350

Tidak ada komentar:

Posting Komentar