Selasa, 01 Desember 2015

MUSIM GUGUR DI SHANGHAI CHINA

MUSIM GUGUR DI SHANGHAI – HANGZHOU
MUSIM GUGUR 25-29 Nov’15

Setelah Guangzhou ,Negara Tiongkok yang saya kunjungi adalah kota Shanghai, kota dan penduduk nya lebih modern, namun tabiat suka meludah sembarang , Wc jorok dan tak mengenal budaya antri  ciri khas tak terbantahkan dari Tiongkok-China!

Saya membeli tiket ini tahun lalu dan dengan harga gak murah2 amet si alias belum bagasi PP 3,5 juta ditambah belum airport tax, bagasi dan makan, total kurleb 4,5 juta πŸ˜₯hadeeeh jatuh nya seperti tiket  ke Yurop atau Turki  pas lagi promo ( Tgl 2 Nov ’15 maskapai Qatar Airways promo PP \ Kul-Amsterdam + Milan\ Rome – Jakarta cuma 4,5  jutaan untuk  bulan April lho!
Qatar gitu lhooo… Sayang April saya sudah ada tiket ke Korea.
Rada nyesel dan kesambet apa sih saya mau ke negara China?! Berharap Airiasia Reschedule biar dapat refund tapi ternyata nasib berkata lain.
Karena prinsip ku, lebih baik menyesal beli tiket daripada menyesal gak beli haha parah!
Semoga Oktober dapat harga promo itu ke Yurop aamiin.
Pasalnya pake maskapai Airasia capek nya dobel-dobel karena transit dulu! Long haul flight, berangkat dari rumah selasa pagi, sampe hotel di Shanghai rabu pagi! Kebanyakan terdampar tak bahagia di airport!!!
*Worry less, travel more!

Saya beli tiket hanya untuk seorang diri seperti biasa, sambil menunggu ‘ilham ‘ dari Allah, lalu teman yang saya kenal di BD gak jelas kabar nya juga temen SMP saya.
Sebagai Traveller sejati apapun rintangan akan saya hadapi, bergantung dan berharap hanya  pada Allah Swt bukan pada manusia yaitu temen yang gaje (gak jelas tsb!) block!
Shanghai adalah salah satu pusat bisnis dan termodern – kota metropolitan di Tiongkok, lebih banyak bule nya daripada dulu waktu saya di Guangzhou.
Keberanian yang saya miliki karena saya merasa cukup bekal membaca, mencari info, browsing, nanya2 di group, minta restu ortu dan suami serta zikir…
Di beberapa blog yang saya baca mengenai Shanghai, ada yang suka dan terkesima dengan Shanghai, tapi ada juga yang gak suka dan kapok,  ada yang bilang surga nya belanja, lalu yang lain menulis Shanghai lebih indah daripada Taiwan atau ada juga yang menyimpulkan beberapa Scam yakni:

Ulasan Kesimpulan SCAM di China ( Terutama di Beijing )
1.Saat di Forbidden city – suka di pepet orang dan di copet, apalagi saat beli tiket,hati-hati.
2.Tea House Invitation, waktu ada objek foto, kita minta tolong fotoin ke cewe local, orang local tsb  dengan ramah memfotoin lalu ajak ngobrol dan membujuk untuk nyobain ada pameran Teh, berakhir dengan di palak kudu wajib beli Teh dengan harga selangit.
3.Orang local pinggir jalan yang ‘sok’pandai berbahasa inggris, ajak ngobrol kita dan berakhir dengan palak-minta duit. atau diajak  ngafe \ restoran lalu kita disuruh bayar dengan harga selangit dengan alesan dia (pura2) ketinggalan dompet!
4.Naik Becak \ Delman \ Rickshaw , nawarin awal;  2 money, maksud nya 2 yuan, kita sudah pastikan dengan angka di kalkulator dan unjukin uang 2 yuan tsb, naga2 di ajak ke tempat agak sepi lalu mengeluarkan daftar harga jadi 300 yuan atau saat awal bilang 50 akhir nya five zero zero alias 500! Hati2 di negara mana pun untuk naik Rickshaw \ Delman.
5. Hati-hati! Jika beli barang yang harus di timbang  jadi cara nya jika membeli sesuatu yang ada timbangan ( buah dll ) , posisi kita di SAMPING penjual jadi terlihat jika penjual ‘sok’ pura2 jongkok ambil timbangan padahal secepat kilat dituker plastic \ barang (busuk) namun seperti  serupa ( ada video nya sudah banyak beredar ),
Uang kembalian belanja awas di tuker dengan uang palsu  (atau diberi uang HK yang kurs nya lebih rendah ) dan saat barter kembalian uang tetep kita ‘keep’  pas dia kembaliin baru kasih-barengan.  begitu juga dengan beli sesuatu misal kaos, sudah dipilih yang sesuai tapi minta plastic nya ,kita yang masukin sendiri  jangan penjual pasalnya ‘bisa’ di tuker yang bolong \ rusak!
* tidak pukul rata semua  penjual sih, di Jakarta juga ada pedagang buah di kebayoran- lama seperti itu.
Kudu bawa KAMPAK pink deuh …πŸ’£

Solo travelling melatih kita lebih tanggep sama lingkungan sekitar dan memutar otak mencari jalan keluar di berbagai situasi, Insha Allah
If you want to go fast go alone, if you want to go far go together!
Jadi yang lambreta, licik, SOK TAU dan Calep mending …
I’m travelling alone or with…. my hubby

Bulan November adalah musim Gugur mau ke musim Dingin, cuaca 2 – 9 derajat!
Seperti nya seumur2 saya travelling terdingin sepanjang hidup, semaput juga booo…
Ternyata benar salju itu hanya indah untuk di pandang namun jika dirasa  atau dialami cukup 2 malam saja…

Situs2 atau Media Sosial di LARANG di Negara Komunis CHINA : Twitter,  Facebook, Google+, Google Hangouts, Google Blogspot, WordPress.com, Line, KakaoTalk, TalkBox, beberapa website Tumblr, FC2, Soundcloud, Hootsuite, Adultfriendfiner, Ustream, Twitpic & Instagram.

Untung Path dan W.A masih bisa, cihuuy

Sayang nya dengan kondisi dollar tinggi  warbiyasah dan super panceklik ,hasrat untuk sekalian berkunjung ke Korea karena lebih deket banget dari Shanghai daripada dari KL \ Jakarta, batal.
Beruntung bulan April nanti sudah dapat Tiket ke Korea, Insya Allah,aamiin.

Berhubung passport saya habis dan baru perpanjangan, maka sebelum ke Shanghai untuk mengajukan Visa Chinesse daripada kosong jadi sebelum kemaren ( Oktober ) ke Manila perpanjangan passport nya, sehingga  sudah banyak cap \ stempel, lalu baru saya ajukan Visa China nya .

VISA CHINESSE
Datang pagi2 (bareng hubby ke kantor) lanjut naik Gojek ke Mega Kuningan – sebrang Mall Ambasador - Gedung East Lt 2, menyertakan syarat nya yaitu, passport + pas foto 3X4 + Tiket Pesawat PP + Tiket Hotel+Foto Kopi KTP, KK & Passport depan belakang+ Isi Form dan kelar 4 hari kemudian bayar @540.000 perak. Simple!
Etapi kapan ya free Visa seperti Jepang ?! pan Passport ku udah E-PASSPORT!

Selasa 24 Nov’15:

Pukul 4 pagi ke airport. Sholat subuh di airport karena Take off jam ½ 7 pagi, subuh2 airport Soeta ramai, baru masuk aja antri.
tiba di KL jam 10 pagi. Karena saya tiket fly Thru setelah turun dari pesawat langsung menuju ‘Transfer Flight’ Transit 8  jam an !!! PR banget. Jadi gembel glamour dulu di Klia.🀐

Dan nanti tiba di Shanghai pukul  1an dinihari pun transit dulu, menunggu metro subway yang baru ada pukul ½ 6 pagi, karena lokasi jauh dari airport ke hotel sekitar 46 km dan juga naik taxi malam hari riskan dan mahal selain itu belum dapat cek in hostel. sedaaap, berangkat dari rumah Selasa subuh, nyampe hotel di Shanghai Rabu pagi!!!hikz! benar2 tour – terdampar di airport tak bahagia  judul  nya.

Rencana di KLIA mau makan di Restoran ny.Colours gak bisa, karena saya gak keluar imigrasi, jadi Cuma di area ‘sh*t ‘itu! Mana sebelum berangkat ini saya sakit perut diare dan super kembung, malam sebelum subuh berangkat saya ke dokter langganan dulu.
Gak  nafsu makan, saya paksa kan makan di rest Popeye ( Fish burger + Teh Milo = 14RM) lantai 2 sejajar dengan Mcd dan selantai dengan musholla andalanku.  Setelah terdampar tak bahagia selama 8 jam an 😩 akhir nya pukul 7 an malam take off ke Shanghai, tadi di Gate kaga nemu orang Padang *eh atau berjilbab ,sipit semua…😁
Alhamdulillah di pesawat seat di window dan sendirian pula di deretan saya, tapi apes nya datang cewe sipit pindah ,duduk di sejajaranku, gank, ribet dah!
Untung kostum saya selama di pesawat 6 jam ini nyaman,  baju daster eh gamis trus bantal leher dan tutup mata lengkap sudah saya siapkan, 2 jam kemudian  pembagian makan, saya pesen nasi hainam, lanjut tidur.

Rabu 25 Nov:

Tiba di Pudong Airport T2 pukul 1 malam dinihari, Alhamdulillah Imigrasi lancar, jiper kalo ingat saat ke Guangzhou dulu.
Keluar imigrasi pede aja belok kiri dan ada kursi2 saya duduk sambil lihat sikon, ternyata lanjut hingga keesokan hari karena disamping saya ada mba2 sipit dan ibu nya juga ‘ngaso’ di kursi itu.

Area istirahat di Pudong Airport Shanghai

Kembali saya terdampar tak bahagia, setelah di KLia  8 jam disini 6 jam 😩belum ntar cerita saya di Stasion Hangzhou 7 jam!
Saya memilih ‘ngegembel glamour’ di airport karena jika naik taxi kena charge tarif malam ke hotel sekitar 46 km kurleb 400 ribuan rupiah lho, trus juga belum bisa masuk kamar \ cek in, mending stay di airport 5 jam, nunggu Metro Subway pukul 6 pagi.
Sudah biasa saya tidak dapat tidur selain bukan dikasur, lalu jam 6 saya ke Toilet dan nanya dimana letak subway, ternyata cuma belok kanan lalu luruus dari saya duduk di kursi itu, gampang banget, kalo baca di blog kok kaya ribet banget airport pudong ini.
Saya beli tiket ke stasion people square, di mesin tiket, cara nya berbeda dengan di Singapore sudah saya ketahui karena saya sudah khatam baca2, jadi pencet \ sentuh Line 2 dulu baru sentuh people square harga 7 yuan, setelah dapat, lalu masuk pemeriksaan tas, lalu jalan lurus tapi ke bawah, saya malah lurus aja masukin kartu subway tsb, gak balik, saya nanya sama petugas cowo kalo kartu saya ketelen, dia bilang gak papa, go go…lah saya curiga, dia tak paham, takut kenapa2, ntar sampe people sqr kaga bisa keluar stasion kena denda tiket hilang 250 yuan, ogwah banget!!! Nanya lagi ke satpam, tiket saya gak ada, kaga tau juga, balik lagi nanya ke konter tiket yang cewe, baru dia ngerti dan kaget, lalu dia ambil kertas , saya di suruh nulis nama, lalu nona manis itu nelp ke stasion people sqr kalo ada cewe jilbab yang nama nya saya dan pegang kertas ini dibolehin keluar tanpa denda! Alhamdulillah , kelar ujian pertama…
Lalu saya nanya2 lagi , apa ini subway ke people square  bukan?… pada bingung bin jutek, saya udah persiapin sejak di Jakarta kaga baper ( bawa perasan \ sensi ) pas subway datang , kaget saya ternyata ‘perangai’ orang China orang2 saat masuk di pintu subway yang lain belum keluar langsung diseruduk ,bentrok gitu, ettdah berebutan kursi ternyata. Karena baru aja tiba saya  bengong dan gusar dunk sebab gimana cara nya kalo stasion people square itu berapa stop an lagi?…waduh !!!! pada kaga bisa Bahasa inggris mah maklum, ini bacaan latin juga kaga tau, ampun Tuhan…saya udah nunjuk2 tulisan rute di atas pintu subway, kalo saya mau ke People Square, kaga ada yang tau πŸ˜₯. Stress! Wong yang namain people square, yuyuan, dashijie orang \ pemerintah China sendiri bukan Turis kok pada kaga tau, mikir gimana naseb gw, apa kabar nya 4 hari kedepan?!🀐

Kesimpulan nya  dari airport kalo mau ke stasion people square naik Line 2 bayar 7 yuan di mesin, turun – interchange dulu di Guanglan Road, lanjut naik line 2 ke People square.
Untung alamat hotel ada Bahasa \ Tulisan China nya, jadi saya selalu nanya dengan menunjukan kertas bookingan hotel tsb.
Turun di People square saya lanjut naik ke line 8 yaitu 1 stasion lagi , stasion Dashijie.
Turun di Dashijie, exit 1, saya gak punya kartu subway, lalu samperin pegawai konter, lelaki mah jutek karena mungkin gak dapat ber Bahasa inggris, males nerangin, untung ketemu lagi cewe, saya jelasin dengan menunjukan secarik kertas kalo kartu tiket saya ke telen di Pudong airport.
Alhamdulillah lancar, PR selanjut nya nanya2 ke orang alamat hotel saya pada kaga ada yang tau, ternyata 200 meter dari sta Dashijie ,deket dengan cafΓ© Deda, itu juga nemu nya setelah maju-mundur cantik dulu nanya2 keliling!!!πŸ˜₯

Suhu udara 8 derajat, angin nya apalagi, jam 8 pagi saya tiba di Hotel dan  di terima dengan tidak boleh cek in awal, sempet protes, saya sudah confirm via booking.com tapi booking.com slalu bales dan kamu pihak hotel kaga ada kepastian! Saya mau Cansel tapi udah kena Charge, dasar lu!😑
Akhirnya saya titip tas, trus minta tolong tulis di kertas tulisan China kemana saya mau tuju, yaitu; YUYUAN GARDEN
Jalan kaki ½ jam an, gak begitu stress dan sulit kalo megang tulisan China, nanya2 unjukin kertas tsb,lancar, hidup terasa indah
Suhu udara dingin gini saya rada happy akhir nya ngerasain dingin juga…maklum baru hari pertama, tunggu cerita selanjut nya , kapok sama suhu udara gini

Yu yuan-Yu garden-Yu Bazar

Di Yu bazar saya cuma beli magnet kulkas @7,5Yuan dan  legging @10yuan, survey liat2 koper dan payung ko masih mahal dan kurang sreg, mending beli di Online / 0lshop.
lanjut balik ke hotel jam ½ 12 siang baru dapat cek in.

Review Hostel The Phoenix
Kamar single #4019
Gak rekomen, mahal semalam kurleb 500 ribu , respon hotel gak ada kalo mau nanya2, request hairdyer di cuekin, jauh dari People square, Nanjing dan Yuyuan , minimal sekali jalan ketempat tsb ½ jam an kan kalo PP lumayan banget. staff juga kurang helpful
AC dan TV ada tapi gak berguna di musim dingin ini, dan jenis stop kontak \ colokan sama dengan Indonesia ( ada 2 jenis ).
Untung Wifi sampe kamar, puas W.A dan narsis di Path.
Nyesel harus nya sekitaran Nanjing , gak bisa di cansel sih kena charge!
Sekitaran hotel rameee banyak restoran, ternyata baru ngeh sejajar hotel di pojokan ada restoran halal mewah dan samping yang mewah ada kedai gorengan halal juga, terlihat di tulisan \ judul arab halal nya maka saya tau…
Phoenix Hostel #4019-kamar mandi transparan

mumpung cuaca hari ini 8-9 derajat, jadi paksaan keliling walo letih, karena besok semakin dingin yakni 2-6 derajat.
Jadi jam ½ 6 sore saya keluar hotel, sebelum nya seperti biasa ide untuk minta tolong tulisin tulisan mandarin, tujuan  ke The Bund, Oriental Pearl dan Huangpu River.
Kalo tadi pagi ke Yu garden dari hotel kan belok kiri, tapi ini ke Pearl Tower belok kanan dan kanan lagi, luruuuus sampe begok! Jaaauuuhhhhh pisan, untung di anter nona manis lagi, setelah beberapa kali di tolak, curiga benerrr dan di jutekin, saya jadi punya akal, ternyata mereka jutek karena gak bisa baca tulisan latin apalagi Bahasa Inggris, jadi saya pertama kali langsung sapa; hai sorry langsung tunjukin tulisan China tsb, jangan basa-basi excuse me ,aim sorry bla bla bah langsung saya bak seperti teroris atau penipu ulung , orang berbahaya, dia lari menjauh bo! Haha naseb berjilbab 😁
Terkesima binti takjub juga saya diantar ke tujuan ke the bund, pearl tower tsb. Sebener nya mereka baik hati tapi emang gak ramah dan mahal senyum. Ya sutra; dimana tanah di pijak disana langit di junjung!

Oriental Pearl-The Bund-Huangpu River

Jalan-jalan malam hari ceweq sendirian amat sangat aman sentosa ko menurut saya di banding di Jakarta lho! karena banyak CCTV juga, Ini dia yang saya kagumi. Aman! Gak ada yang ganggu atau tanda2 gimana gitu, kalo di liatin dan dikagumi saat lagi jalan atau dimana mah biasa itu …kan saya berbeda dengan mereka jadi mereka mengagumi saya ,sebalik nya juga kagum sama yang sipit cantik tsb karena mereka berbeda dengan kita..

Sebelum nya saya sudah hapalin Bahasa Cina misal:
1.Nihao , Nihaoma
2.Wu Hen hao
3.Xie xie
4.duibuqi ( baca tupuji)
5.Wo ai ni \ wo ye ai ni ❤

Saat di The Bund, Oriental Pearl Tower tsb saya mumpung banget, minta tolong orang untuk fotoin, rata2 mau, walo iklas apa gak habis jutek gak senyum, lalu minta tolong sama yang lain dan saya bertemu seorang mas2  Taiwan dia minta tolong saya fotoin, tentu langsung  dengan senang hati saya bersedia dan bilang ‘exchange ya’ haha setelah puas berfoto ,mau lanjut naik Cruise \ kapal pesiar keliling Huangpu River sejam bayar 175 yuan, saya urungkan, angin nya dingin nya luaaar biasaaa, ingin buru2 pulang aja, untung jalan pulang masih hapal sekali2 lupa, tunjukin kartu nama hotel. Pokoknya hobby saya nanya sampe beberapa kali mastiin, kaga percayaan orang nya daripada capek2 nyasar…kunci nya jangan baper kalo dijutekin ( baper :bawa perasaan, Pasupati: sapa suruh pake hati)

Cruise di Huangpu River

Sempet di jalan beli jeruk sekg 10 yuan, beli kaos kaki 3=10yuan dan jaket buntung hubby 12 yuan, dan sebelum sampe kamar mampir beli nasgor deket taman 10 yuan, sebelum nya saya minta tulisin , tulisan Cina, Rice, eh dikasih nya nasgor, akhir nya saya minta tulisin White Rice, habis ragu Nasgor nya halal atau gak, sebab saya sudah bawa bekel pop mie,teri kacang,bawang goreng dll
Tiba dikamar jam 8 malam, besok ragu2 mau PP ke Hangzhou atau lusa -  Jumat .
Turis-standard di bawah garis kemiskinan

Kamis 26 Nov :

Alhamdulillah tidur nya lelap setelah sekitar 2 hari tidak tidur dikasur,
Segera saya mandi dan keramas serta sarapan pop mie, vitamin dan tolak angin.
Rencana awal hari ini saya akan PP ke Hangzhou naik CRH Bullet Train, sejak di Jakarta saya sudah persiapkan jadwal dan hampir saja book, untung gak jadi, kalo jadi mubazir secara hari ini bangun telat.
Pukul 10 an pagi saya keluar hotel, bbbbrrr ternyata dingiiin sekali angin nya suhu 4 derajat, tujuan saya hari ini adalah East Nanjing, West Nanjing dan Shanghai Grand Theater.
Seperti sebelum nya saya tulis, minta ditulisin ke recepsionis hotel tulisan Mandarin.
Waduuuhhhh jauuuh banget dari hotel, 40 menitan. Beberapa kali nanya2 ada yang nyuekin, gak kehilangan akal kenapa kok dicuekin , ternyata harus langsung tunjukin kertas tulisan china tsb, kalo mereka lirik liat tulisan itu rata2 pada mau bantu kok…haha jadi mereka kudu lirik kertas dulu.πŸ€”
Akhir nya dewi pertolongan datang lagi, ketemu ciciek manis ( xiexie ciek!)  bantuin liat di ‘google map’ versi mereka alamat dikertas saya trus lanjut di antar ke tempat ‘Fake Market Shanghai' yang terletak di West Nanjing.
Sebelum tiba di Fake market, lewatin Shanghai Grand Theater, ya sekalian minta tolong foto karena mungkin nanti pulang nya saya akan kembali kalo ada waktu.

SHANGHAI GRAND THEATER

Fake market ada di gedung pertokoan di lt 2. Samping Burger King.
Banyak yang jual tas2 KW super, sepatu, koper dan jaket, tapi mahal! Boro2 mau nawar ¼ harga. Nawar ½ harga aja susah, sempet diledekin no money..no money…EGP😜
Tapi saya beli koper cabin 180 yuan dan jaket 100 yuan, tas Longchamp 100 yuan, piring pajangan @7,5 yuan, magnet kulkas 3=10 yuan. sumpeeeh nyesekk bin nyeselll beli jaket dan koper!!!, mahal dan jelek!!! Hadeeeh padahal sudah wanti2 supaya jangan mubazir shopping ku!!!
Setelah merasa cukup keliling dan merasa mahal2 disana, saya tenteng koper keluar dan berpikir bakalan capek dan jauh kalo jalan kaki, jadi langsung nunggu taxi, dan kasih kartu nama hotel sambil wanti2, please meter…meter…pake argo! Baru deh di nyalain argo nya. Sampe hotel cuma 20 yuan saja.πŸ’ͺ
Untung suhu siang hari 6 derajat, Setelah drop koper , lanjut ke Qipu lu, diberi tau naik line 10, wow ternyataaaa enak sekali ke ‘cheap market ‘ ini. Langsung di stasion Tiantong Line 10, jadi gak jalan2 jauh, Qipu lu berada pas exit stasion Tiantong. Gak bakal nyasar dan gampang banget kesini lagi.

Cheap Market - Qipu Lu

Dan kan bener di qipu lu \ cheap market, koper dan jaket bagus2 dan lebih murah, siriiik banget liat jaket itu hikz!!! Keren deh kan ‘Prestige’ gengsi  saat mau musim dingin ajang pamer jaket πŸ˜‚
Maklum pertama kali traveling dingin.
Bodo deh gak terlalu berguna juga dipake di Jakarta.
Disini saya beli payung @20yuan, celana klok @50yuan, jaket hubby 100yuan ( kekecilan !!!! errrgh!) kutex @2,5yuan dan casing 10yuan.
Kembali nyesek bin nyeseeel ternyata di lantai atas jaket hubby banyak ragam dan lebih murah, saya beli kacamata 15 yuan dan legging beludru \ long john 20 yuan.
Sempet minta tolong fotoin di depan pintu Qipu lu tsb.
Lanjut pulang ke stasion Dashijie. Exit 1 belok kiri, trus kanan-kanan-kanan lagi nyampe hotel Phoenix jam 3 sore, istirahat sejenak.

Pukul ½ 7 sore kembali keluar hotel, minta tulisin cafΓ© starbuck. Cari2 banyak cafΓ© starbuck sih, cari titipan temen tumbler. Yang pertama dikunjungi gak ada ( tapi ramah penjaga cafenya ) , lalu pindah ke 2 ketemu tumbler @80yuan ( lebih ramah lagi pelayanannya , kan gak semua Chinesse  jutex ; kalo dibanding negara Indonesia atau Jepang jauuh heuheu )  lanjut saya jalan kaki menuju east Nanjing mau foto di depan gedung Apple Building, tapi jauuuuuhh nya paraaaaah, gak nemu! ya ampuun dari ujung ke ujung gak kelar2 itu jalanan Nanjing alias orchard nya Shanghai. Mana besok pagi mau PP ke Hangzhou, kudu jaga kesehatan, kaki dan betis keburu ngilu  dan telapak kaki sakit, untung bawa conterpain, seperti nya sepatu Skechers ku kudu ganti model. Karena yang ini kurang nyaman dibawa jalan jauuuh.hikz

Didepan Apple Store- East Nanjing

PP menyusuri east Nanjing ini hampir 1,5 jam. Mana suhu udara kaya dingiiiin banget, hidung meler, parah jadi rontok badan ku menggigil.
Tiba dikamar buru2 makan dan WA kabar2i suami belahan hati tercinta ku…tiba2 menggigil parah, mungkin belum makan dan pas saya cek suhu 2 derajat! Ampuuun Tuhan, maaf kan hamba mu ini ternyata gak sukaaa dan gak cucok musim winter!
Tidur pake berlapis2 legging \ long john, kaos sampe jaket hubby yang baru beli saya pake dan selimut ‘kupret’ hotel itu sama sekali gak tebel walo udah di dobel jadiin dua!
Jadi gak enjoy dan gak nyenyak tidur nya…πŸ˜₯
Gimana kalo ke salju ya…hhhmmm pikirkan!
Belum pernah coba nginep tipe hostel dorm female biasanya lebih strategis lokasinya dan murah.

Jumat 27 Nov :

Pertama kali bangun cek suhu udara, ampun masih 2 derajat, rencana mau PP ke Hangzhou, untung belum book via online, karena bakal hangus, sebab saya gak pasti mau jam berapa berangkat nya, akhir nya jam ½ 9 an pagi baru berangkat menuju stasion shanghai hangqiao,
Dari sta Dashijie beli tiket di mesin,nanya2 ke pegawai nerangin pake Bahasa Cina dan ketawa dia  gak dapat Bahasa inggris, pantes (kayanya dia jelasin)  harus nya saya beli tiket subway PP supaya pas pulang gak antri,
turun dulu di people square lanjut ke line 2 sampe ujung hangqioa. Lancar jaya karena pake Bahasa isyarat nunjukin kertas tulisan cina ; hangqiao railway to hangzhou.
Tiba di hangqiao keluar lalu ke atas, antri beli tiket di konter, nyesel jadwal yang sudah saya catat saat dijakarta gak kebawa, karena PD bakal sesuai jadwal, untung didepan saya ada cewe lagi liat jadwal di HP nya, langsung saya tegor sopan, seperti biasa di tolak jutek, egp. Sejenak terdiam  tetep saya tegor, please boleh saya lihat. Karena fatal banget ini,pasti didepan mas2 di konter bakal lama ngelayani saya gak ngerti apa yang saya maksud dan gak bisa Bahasa inggris, akhir nya si nona itu mau juga ngasi dan saya mencatat jadwal yang saya mau.
Tiba di depan konter, jadwal yang saya mau habis, jadi next  nunggu 2,5 jam lagi yaitu ½ 12 siang tiket D3207 seat 2nd class = 46,5 yuan. Jam 11.35’ Sengaja pilih kelas 2 ntar pulang nya baru kelas 1.
Perjalanan Shanghai – Hangzhou sekitar sejam an.

Tiket CRH Bullet Train

Sempat ke toilet nya, gedung mewah tapi tetep toilet jongkok dan jorookk!
Sekitar jam 11 san baru saya menuju Gate 12B. cara nya kasih unjuk ke information tiket saya, lalu iseng nanya lagi waktu lagi antri dimana Gate saya,eh dibilang salah, kudu ke sebrang 12A!
lah itu mah seat gw! Kaga percaya saya nanya lagi…kan emang bener kudu berkali-kali nanyaπŸ€’ jangan males kalo mau enjoy aman dan tentram, sebel sama orang yang menjudge saya kalo saya di bilang gak percayaan, kritis-detail! Feeling aja.
CRH Bullet Train-2nd class and 1st class

Booking train high speed,  shanghai – Hangzhou, return :
ada pilihan Bahasa Indonesia nya lho. Pilih jenis kereta tipe D, perjalanan 1 jam an. Beli tiket pergi kelas 2, pulang coba 1st class seat.

Tiba di Hangzhoudong pukul 12.40 an, langsung saya menuju konter untuk beli tiket pulang ke Shanghai sore hari nya, nanya2 dimana letak jual atau beli tiket baru ke Shanghai, bolak-balik keliling di antar ke atas, tapi  malah dianter yang tempat refund atau ganti yang tiket beli online,hadeeh padahal tuh cewe bisa Bahasa inggris dan orang Hangzhou, kaga tau tempat beli tiket baru, security juga gak tau, puyeng dah gwπŸ˜₯ Akhir nya kebawah lagi – lantai B1, sambil antri nanya ini tempat beli tiket  baru ke shanghai?! Jadi kalo untuk refund \ tuker tiket beli online baru di atas lantai B2.

HANGZHOU EAST

Ya ampuun ilfil banget mau keluar dari stasion ini untuk keliling ke west lake –Snake White- legenda uler putih yang dulu ada film nya di SCTV, dan mau ke Leifang pagoda dan Lingyin Temple , boro2! Antri tikeeet balik aja panjang uler melingker, sampe nyaris 3 jam antri berdiri, kaki pegeeell, mana di sodok-diselak-banyak yang gak mau antri, tabiat orang China! Akhir nya dapat juga jadwal yang saya mau dengan minta bantuan cewe bukain di HP nya schedule Train High Speed \ CRH tsb.
Karena pasti dan benar sampe di konter cewe penjaga nya keder, saya cuma tunjukin tulisan China, Shanghai Hangqiao jam 18.00, gak ada katanya habis. untung saya nulis cadangan jam nya;
Akhir nya dapat yang jam 19.25 - 1st class seat = 56 yuan- D3132.
Jadi nunggu 7 jam saja saya di stasion Hangzhou! Gak jadi keluar, karena pas bolak – balik keluar gedung, udara lebih parah dingin nya dari tadi 2 derajat di Shanghai ,kaga kuat, menggigil, orang sana aja menggigil, apalagi gua!πŸ˜₯
Trus keder sama naik subway \ bis apa ke West Lake tsb. Terdampar lah saya di stasion untuk kesekian kali nya dalam perjalanan ke China ini.
Didalam gedung saya keatas beli KFC ( ayam dan kentang = 24 yuan) itu juga bilang chicken susah banget jelasin ,untung ada gambar ayam goreng dan kentang goreng…
sambil makan kfc saya ngelonjor memandang kaca keluar sembari dengerin music di HP, merasakan dari sanubari detik demi detik di negara orang sipit yang gak tau huruf latin \ capital seorang diri cewe berjilbab pula lagi…..πŸ˜•
Kalo mau dirasa gak betah mah, slalu begitu bawaan orang, pas di Jakarta kepengen ngayap tapi pas sudah ditujuan …beda!
Lulus nih kalo mau ke Moscow yang tulisan latinya kebalik, Insya Allah
Akhir nya jam 19.00 saya sudah antri di Gate, sudah tau \  tau baca tiket dimana gate saya. Kelas 1 yang saya pilih harga 56 yuan emang sangat beda kontras dengan waktu pergi tadi tipe seat kelas 2.
Didalam kereta cepat tsb sejam gak berasa, tapi mereka 15 menit mau tiba ditujuan sudah heboh siap2, saya jadi ikut2 an berdiri, tau nya masih 15 menit lagi berdiri deket pintu, ampun dah capek2 in aja gak sabar ‘kebanyakan' dari mereka.

Tiba di Shanghai Hangqiao saya menuju line10, antri beli tiket dikonter  ( bukan di mesin, harus nya tadi pagi beli PP dimesin  ) @5 yuan ke Dashijie. Turun di sta  Lioximen interchange-ganti  naik keatas line 8 dashijie, gampang banget kaaan…tapi slalu mastiin nanya ke security , kereta \ subway nya yang sebelah kiri atau kanan, jangan salah naik.
Jalan ke hotel terasa gak begitu sedingin tadi pagi dan tadi di Hangzhou ternyata sekarang suhu 6 derajat, Alhamdulillah senaaang.
Tiba di kamar pukul 10 an malam, langsung W.A kabari hubby yang seharian nunggu kabar ku dan rada khawatir, lanjut makan dan tidur, gak sabar besok siang cek out.

Sabtu 28 Nov’15 :

Pertama kali kalo bangun, cek suhu udara, Alhamdulillah hari ini 7 derajat, asiik…
Jadi saya mandi dan keramas, packing, sarapan, minum vitamin – tolak angin, sayangnya lupa bawa Caladine cair akibat suhu terlalu dingin, paha-betis-kaki gatal2 parah!

Pukul ½ 12 saya cek out dan titip satu koper d hotel  yang akan saya ambil nanti jam 7 malam.
Koper 1 lagi yang baru beli akan saya drop- titip di airport.
Karena tiket subway  sekali jalan ke airport @7yuan dan saya akan bolak balik ke airport hari ini, kepikiran saya ke konter tiket subway untuk beli tiket 1 day =18 yuan, sepuas nya kemana2 seharian.
Dari dashijie –turun di people square –pindah ke line 2, lumayan jauh mencapai subway line 2 ke pudong airport ( oya airport pudong juga saya minta tulisin ,tulisan Mandarin karena mereka gak tau Pudong airport, ajaib kan?)
Sudah menjadi pemandangan biasa naik subway berebutan masuk-bentrok dan berebutan kursi, saya mah santai aja ,walo repot bawa koper dan jauh jarak nya, sekali nya dapat duduk jika ada ortu akan saya beri, ini mah sama sekali gak dikasih,budaya mereka menghormati yang lebih tua di subway sama sekali gak ada, pan nanti nya kita juga tua, masa sih gak bisa empati?
Kebetulan pas saya liat selama ini begitu sih perangai nya. Gak pukul sam rata.
Yang cowo aja gak ngasih kursi untuk yang tua apalagi yang cewe.
Saat di subway kebanyakan mereka intip2 melihat saya karena lain dari yang lain, gak pernah nemu orang berjilbab deh saya selama perjalanan ini ( disubway) , ada 1-2 orang  bapak2 seperti nya rada kolot dan belum melihat dunia luar dan kurang piknik , melihat saya yang beda dan berjilbab, akan melihat saya dari ujung kaki dan bawaan barang - tas saya, takut 'bomb' kali πŸ’£ hehe lalu pernah ketemu seorang bapak2 yang akhir nya duduk samping saya gak mau nyender duduk nya dan sinis  lalu pindah menjauh juga pernah berjumpa 1 - 2 anak kecil yang gak mau duduk di samping saya saat di subway karena takut...hahaha kudet tahun 2015 ini! Astagaaa...
No problem karena sebagian kagum kok saya merasakan…*PD *peaceee

Menuju Pudong airport dari people square akan interchange –ganti kereta subway  di Guanglan Road, baru sampe di stop an terakhir Pudong airport.
Ternya penitipan tas –sewa loker – left luggage – baggage deposit, lokasi nya  pas didepan saya kemaren lusa saat 'ngaso’ duduk tiduran nunggu pagi pas baru tiba di Shanghai itu, Arrival T2.

Saya titip yang lama durasi nya: 4-10 jam ukuran koper cabin = 15 yuan, saya beri 20 yuan dan dikembalikan 5 yuan, saya disuruh tandatangan tapi ko kaya ada yang ditutupin dari Mr Tian Chun Lei , struk langsung dimasukin rapih ke amplop tanpa beri waktu saya untuk melihat.
Dan bener saja pas malam hari saya ambil koper saya, beliau minta lagi 5 yuan,karena di struk tertera baru bayar 10 yuan, yaelaaa engkoh rajin amet saya nyicil bayar dari 15 yuan ke 10 yuan dulu, berdebat sambil saya catat namanya, ‘who care’ mungkin yak secara China gak bisa akses Medsos FB,Twitter, IG dll jadi mau protes-kritik saran kaga bakal nyampe & ditanggapi.
Untung cuma 5yuan , Scam ini pernah terjadi juga di penitipan tas di Don Mueang Bangkok waktu Februari lalu. Nyatut pegawai nya! Hati2!
Penitipan Tas \ Koper di Pudong Airport Shanghai

Setelah drop titip koper di airport saya masuk ke area subway lagi, di Shanghai slalu setiap masuk ke stasion subway atau kemana pun ada pemeriksaan tas yang harus dimasukin ke ‘alat terowongan’itu .
Lalu sambil nanya tujuan saya mau ke Cheap market alias Qipu lu di Tiantong road, untung tulisan mandarin itu tidak pernah hilang, karena beberapa kali saya lipet kecil2 dan tunjukin ke orang bagaimana ke tujuan tsb. Saya kearah seperti biasa waktu kemaren naik subway di bawah lalu turun menuju line 10 tiantong road, turun di sta tiantong exit langsung Qipu Lu-cheap market, beli payung lagi @20yuan, kutex 2,5 yuan dan  baju kaos titipan kantor hubby 2:35yuan, gak ada yang menarik lainnya, mau beli jeans 80 yuan sama aja di Jakarta juga sekitaran segitu.

Lalu saya lanjut naik subway ke sta people square, keliling menyusuri pertokoan tsb dan iseng exit ke West Nanjing, wow ada taman dan kursi, saya duduk pas depan hotel Pacific, owsem keren bangunan hotel tsb. Rame banyak orang dan gedung2. Bener2 seperti orchard nya Shanghai, tapi ini lebih panjangg dari Orchard Singapore - terpanjang sedunia , kapok gempor waktu jalan kaki kemaren lusa. Jadi saya duduk2 aja sejenak baru lanjut mau ke starbuck beli tumbler titipan temen, untung tulisan starbuck saya minta tulisin Mandarin, sebab mereka gak tau dan cara ngucapin nya juga bukan Starbucks, emang keren dan jenius si Rida…uhuk!haha
Nanya dibantu cowo buka ‘google map’ versi Cina di hp nya, dan dikasih tau dengan penjelasan Bahasa Cina saya iya2- ok ok aja yang penting arah tangan \ body language nya saya tau itu lurus dan kekanan… melewati Shanghai Depart Store, rameee banget sabtu sore di west Nanjing. Banyak bule nya. Akhir nya ketemu juga Starbucks saya beli tumbler 95 yuan harga sesuai tertera di tumbler tapi beli roti croissant di rak etalase tertera 12 yuan ko di struk 16 yuan, baru ngeh setelah dikamar, gak mungkin tax, karena beli bersamaan dengan tumbler, kenapa harga tumbler sesuai tertera di rak etalase dan struk kalo croissant beda? kritis, detail dan jeli yah haha πŸ˜‚
Di ind*ma*t dan Alf*ma*t Jakarta juga biangnya nyatut! Alias beda harga di rak etalase dan struk!
Ya sutra lah…
Setelah dari Starbucks kembali saya jalan kearah stasion tapi nyangkut dulu dikursi depan Hotel Pacific sambil makan croissant , baru jam 5 sore kok sudah gelap jadi gusar apa salah jam, ternyata emang sesuai jam 5 an sore, lanjut saya naik subway turun di sta dashijie exit 1 ke kiri –kanan-lurus beli Nasgor yang kemaren lebih dulu 10 yuan, desperado cari makanan halal susah – 5 hari kurang gizi.πŸ˜•
lalu tiba lah dihotel, ambil titipan koper, baru jam 6 sore, saya sempet numpang ke toilet, Masya Allah super zuper jorok, wc jongkok kotoran manusia gak di Flush iih, jorok banget!πŸ€’

Koper lama saya ini pake rusak lagi roda nya terlepas, bikin sengsara narik2-gerek2 ke stasion.
Tiba di airport jam 8 malam kurang, makan nasgor  dulu di kursi depan titipan koper, lalu ambil koper berdebat karena Mr Tian nyatut dan saya lanjut packing.
pajangan meja keramik, tumbler dan payung saya jinjing, sisa nya masuk bagasi cuma 15 kg saja,padahal beli bagasi 20 kg!
Konon di Terminal1 ada restoran halal Turki dan bisa Numpang sholat disitu. Entahlah.sok cari sendiri ye.

Lalu saya naik ke lantai atas untuk ke Departure - Gate F konter airasia, antri an nya segambreng.
gak drop bagasi juga kudu ke konter verifikasi passport dan ganti tiket!

Di Imigrasi kebagian petugas pemeriksaan passport oleh cewe yang ‘rada’ rasis seperti nya, habis giliran saya lamaaaaaa dan dibolak balik-bolak balik-bolak balik passport saya ,lamaaaa ampe hapal nomor cewe sipit reseh itu 036510 - gak ada nametag, kaga ‘ngepek’ lah secara China kaga mengenal google,blog,fb dll…asu!

Alhamdulillah di pesawat seat saya di window lagi, take off ½ 2 dinihari jam ½ 4 pagi pembagian makanan, bosen order nasi hainam gak habis mulu.

Minggu 29 nov’15

Tiba di KLIA jam 7.15 pagi.
Males nunggu di gate transit 6 jam, secara uda punya tiket \ sudah print bording untuk balik ke Jakarta jadi saya keluar imigrasi ,lalu sholat dan makan di Ny.Colors ( Nasi lemak spe + teh Tarik = 19 RM)  enaak lezaaat banget! Ludes! Alhamdulillah

Nasi Lemak rendang Ayam -mamamia lezatosss

Trus ke KK mini market beli air mineral 1,80 RM, roti cheese stick @2,10 beli beberapa, mau beli Milo 3in1 - sachet kaga nemu2 dimana.
Jam 13.05 baru waktunya lohor saya segera sholat Jamak dan buru2 ke Gate, ternyata delay  sejam, untung di Gate ngobrol ampir 3 jam an sebab sampe se pesawat kami berdampingan dengan Ciek Yenti Wirawan itu…beliau kagum , sebab saya sendirian gak bisa Bahasa Cina travelling solois, emang keren deh cewe berjilbab travelling sendirian itu….iya khaaan.haha πŸ˜‚

Alhamdulillah tiba di Jakarta pukul ½ 5 sore, hubby sudah jemput.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin wabihi nasta’in.
Alhamdulillah lancar jaya, sangat berkesan perjalanan ini, My hubby kesayangan sudah menjemput,
memendam rindu yang membuncah haru - kalbu

KESIMPULAN KOTA SHANGHAI VERSI PRIBADI:
THERE ARE NO FOREIGN LANDS. IT IS THE TRAVELER ONLY WHO IS FOREIGN.

Walau sudah ke Guangzhou ke China tetap saja excited. China begitu luas, begitu besar. Masih banyak daerah yang bisa dieksplor. Lain kali kalo mau ke Shanghai agar lebih murah beli tiket ke Hangzhou dulu lalu jika mau ke Beijing beli tiket ke Tianjin dulu karena Tianjin – Beijing Cuma sejam. Seperti nya saya kurang tertarik untuk kembali sebab sudah pernah ke negara Jepang ,saya jatuh cinta pada negara Jepang dan gak nolak untuk datang berpuluh2 kali.

Di China khusus nya Beijing terkenal dengan mutiaranya; Shanghai dikenal dengan batu gioknya; Xian dikenal dengan barang antik dan karpet permadani, sementara Guilin terkenal dengan lukisan dan toko perhiasannya. Secara khusus, Suzhou dan Hangzhou dikenal karena kain sutra dan juga tehnya.

Karena banyak pabrik industri di China, secara hampir semua barang dibumi ini dibuat di China sehingga membuat negara tsb berpolusi udara!
Agak  mikir, negara terluas dan terbanyak di muka bumi ini, tapi  ko masih aja nyerobot Pulau Natuna kita ya, oleh negara Philippines dan Vietnam juga ‘musuh’ karena negara China itu hobby banget ‘nyaplok’ pulau2 kecil di perbatasan!

Secara umum Shanghai aman dan menyenangkan untuk di explore walo scam sih ada dimana2
Dulu Shanghai adalah kota pelabuhan, maka banyak pedagang yang melakukan transaksi jual beli di sini, otomatis banyak pedagang barang2, surga  nya belanja. banyak yang menyebut Shanghai sebagai Oriental Paris. Tapi kenyataan nya gak murah2 koooooooo…mending beli Online!
Nanjing Road terkenal dengan pusat perbelanjaan tersibuk dan terpanjang di dunia, 6KM dan sehari ada 1 juta orang disini.

Saingan Shinkansen –tapi di atas shinkansen Maglev Train Shanghai kereta peluru super cepet , kereta api yang manfaatin daya magnet ,jadi kaya ngambang-gak pake roda ..makanya jadi cepet bener, sayang harga Maglev terlampau mahal , 7 menit sih, sekali jalan 50Y alias 110 ribu an dan saya gak sempet nyobain.hikz!

Cara beli tike metro subway di vending mesin shanghai adalah pilih line dulu baru tujuan kita, misal saya ‘touch’ line 2 baru stasion people square , beda dan lebih mudah di Singapore memang. Stasion di China luaaass lumayan gempor gerek2 koper!

Budget :

Jumat, 23 Oktober 2015

SINGAPORE - MANILA

SINGAPORE - KL ( TRANSIT ) -  MANILA

Setelah tahun 2012 pernah menghanguskan tiket ke Manila Philippine, nyaris juga ini tiket mau dihanguskan, mengingat kurs dollar najong banget  waktu itu sempet nyaris tembus 15.000  OMG!
Tahun 2015 ini sangat sulit dengan anugrah binti cobaan musim kemarau panjang-cuaca panas exstrem ElNino dan kurs dollar warbiyasah ini!
Dollar gak naik aja emang lagi panceklik, sangat terasa bagi traveler terutama saya!
Awal nya saya dapat promo AA Jakarta – Singapore one way gak sampe 200.000 perak ( Belum Airport tax) beli tahun lalu dan belum yakin akan digunakan atau dihanguskan, lalu dapat lagi promo tiket Cebu ,KL-Manila kurang dari 200.000 perak juga  naaah ini dia yang bikin ragu2 dan nyaris di hanguskan, beli tiket pulang nya mahaaaall! Belum penginapan , transit dan bekel uang 3 negara tsb! Berasaaa… secara bulan depan InshaAllah ke Shanghai!

TRAVEL IS ONLY THING YOU BUY THAT MAKES YOU RICHER

Maka oleh sebab karena dari itu saya hanya dua malam saja di Manila.
Lagian Manila sama banget dengan Jakarta, Macet, berdebu-polusi, banyak copet , pengemis dan identic dengan antri,  naik jeepney\angkot, LRT antri, bayar angkot\jeepney cara nya estafet kasih \ titip ke samping kita sampe ke supir.

Antrian naik Jeepney \ Angkot di Manila saat peak hours!

Etapi My hubby licik banget deh seminggu sebelum saya  berangkat dia baru beri tau akan ke Hongkong acara kantor nya, idih! Enaak banget! Enakan Hongkong lah daripada Philippine heueheu tapi kan kami ber dua sudah pernah. Semoga bisa ke Osaka – Jepang ber2 mumpung ada sepupu di sana aamiin.

MINGGU 18 Oktober 2015

Hikz! Hubby gak dapat mengantar  ke airport karena sedang  berada di Hongkong, males order Taxi subuh, untung adik ipar setia mendrop ku ke airport.

Habis sholat subuh saya dianter ke airport, check in, take off jam 7 pagi.
Tiba di Changi T3 - pukul 10 pagi kurang waktu Singapore.
Karena nanti sore menggunakan maskapai Tiger ke KL maka saya titip tas \ Left Baggage  di Terminal 2 seharga 3,20 $. Lalu ke supermarket basement beli coklat dan air mineral lanjut beli tiket MRT Return Changi-Orchard 5$, turun di Tanah Merah-City Hall-Orchard.
Tiba di Orchard keluar arah Tang Plaza ke Lucky Plaza lt 4 restoran AYAM PENYET RIA, pesen paket nasi + ayam+tempe+tahu = 8$.
Lanjut masuk ke Sta MRT Tang Plaza lalu ke ION Plz, ke Basement percis di bawahh Uniqlo tempat DAISO, rada kalap karena pas lagi barang nya lucu2, tapi tahan diri karena gak beli bagasi PP! hikz! Setelah nya beli – makan es potong Spore - uncle 1,20$
pas depan butik COACH *pilu
Bosen nongkrong karena hari minggu orchard rameee banget krowdit riweuh! Para TKI Libur sih…hari TKI libur tiap minggu.
Jadi Jam 3 siang balik ke Changi. Sta Mrt Tang Plaza , masuk turun kearah Marina Bay-City Hall-Tanah Merah\Pasir Ris-Changi.
Nongrong di Changi betah banget. Ngantuk bin letih banget secara 2 hari sebelum travelling ini tante hubby sakit kritis saya berkunjung - bezuk  sendirian by Gojek 24KM ( asli keleyengan!!!) !  nyaris seharian karena jauuuuh sebab saya takut nanti ‘gak sempet’ ternyata keesokan hari nya tante hubby tsb wafat ,kembali datang  melayat lagi nyaris seharian dan packing-beberes, ditambah sakit mata kiri yang iritasi,  lelah!

Naik Tiger Air beda lagi dengan Airasia, jika Tiger walo sudah webcheck in tapi tetep aja  harus ke konter nya verifikasi passport dan ganti tiket, hadeh!
Sempet sholat jamak di Changi T2 ini ( hati2 Scam saat di Musholla ada orang Mesir, bersandiwara ketinggalan pesawat dan minta  di beliin tiket! lah kalo juga ada uang kita juga mau beli tiket untuk diri sendiri ke Cairo ya' impian banget ke Mesir.  aya2 wae!) hati2.
Jam ½ 8 malam Gate baru di Buka.
Di pesawat ko orang2 tetep nyalain Hp ya ? saat di pesawat jelang takeoff atau sesudah nya,lieur saya mah..

SENEN 19 Okt 2015 – KL-MANILA
Tiba di K.Lumpur pukul ½ 10 malam , buru2-ngibrit takut di tinggal van shuttle ke hostel youniq. Ternyata masih dikasih waktu 15 menit ko dari jadwal ( Jadwal Jam genap ) Pas keluar dari imigrasi langsung cafΓ© Old Town disana lah tempat kumpul penumpang van shuttle menuju hostel perjalanan 20 menit.

Youniq Hotel-Dorm-61RM

Review Hostel Dorm Youniq:
Saya pilih tipe kamar Dorm, ternyata 8 bed dan kosooong! Wow! Terpisah dari lobby hotel alias di samping beberapa blok sedangkan didepan ada beberapa orang ‘bangli’ nongkrong iiih! Seumur2 belum pernah kesampean dikamar dorm kecuali dulu di Kyoto Jepang  itu pun karena ber 5 semua isi nya saudara ku semua, ini sendiri berasa private tapi jiper nya jauh dari lobby dan kamar kedap suara takuuut kalo ‘kesekap’ susah teriak2 nya hahaha
Maklum orang keceh kudu aware! Jadi kaya sugesti jam 2 malam kebangun karena terdengar seperti kunci ada yang otak atik buka! Ogwah lagi ah nginep disini kalo tipe dorm nya sepi! Kecuali siang hari kurang dari 10 jam! Daripada di airport kaga bisa istirahat.
Kamar berisi 8 bed, shower berjejer 2 shower dan 2 toilet, dispenser menyatu dengan kamar dorm male \ samping kamar. Bed no 7-8 deket ac dingiin parah karena saya pilih deket kamar mandi. Harga semalam @61RM  ( Plus Tax + Return Shuttle ).

Pukul ½ 12 saya check out dan jam 12 siang (saat cek in sudah book van shuttle balik ke KLIA2, tiba dk KLIA2 langsung ke Restoran Ny.Colors depan Mcd level 2, saya pesan makan : penang asam laksa + teh Tarik= 19RM.

Restoran Ny.Colors

Nanti kalo balik lagi rencana mau coba nasi lemak nya ah!
Karena gak ada wifi saya jalan kearah imigrasi karena disana wifi bebas dan lamaaa banget saya sampai 5 jam ber wifian …Alhamdulillah
Pukul 3 sore saya sudah masuk Imigrasi padahal takeoff baru jam 6, dan ternyata Cebu air seperti Tiger kudu ke konter dulu verifikasi dan ganti tiket walo sudah web check In hadeeeh ..kudu rempong dulu dah, dan delay 1,5 jam boo
Oya  saya amat sangat bersyukur travelling ini sangat lancar jaya manis, karena hari minggu saat saya akan ke Singapore temen di Manila menghubungi kalo Manila-Filipina sedang ada  Typhoon! Untung delay nya gak lama dan saat di pesawat memang ada sedikit goncangan, berdoa slalu.
Allah Swt protect me always!
Negara Philippines adalah negara yang min 20 kali setahun terjadi topan dan badai, bersyukur sekali kita dinegara khatulistiwa...
Rada ketar ketir karena solo travelling dan malam hari tiba di airport takut teman ku ‘Angel’ menjemput ku ke maleman, untung emang dia tipe kalong heuhe
Tiba di airport Ninoy Aquino Terminal 3, nyaris jam 1 malam, teman ku sudah jempput lalu by Grabcar aku di drop di hostel setelah nya jalan kaki kedepan hostel beli air mineral di Family Mart ( @35PHP-Mahal)
Ternyata hostel ini tersedia dapur lengkap dengan microwave dan dispenser!

Review Lokal Hostel
Lokasi dikawasan gaul-cafe2 seperti legian Bali, tapi kamar kedap suara gak berisik ko.
Lantai seperti terbuat dari semen bukan keramik, tidak ada TV tapi ber Ac, gak ada jendela dan gak ada toiletries, gak ada lift ,padahal letak hotel di Lt3, Kasur busa bukan springbed seperti di dorm Youniq kemaren springbed lho, selimut tipis seperti sprei, naik taxi dari aiport by Grabcar 130peso.

Teman ku lalu pulang kembali by taxi untung apartemen nya deket gak jauh dari tempat saya.
Mandi –keramas-beres2-internet-wifi an , tidur baru jam ½ 4 subuh! Ampuuun….

SELASA 20 OKT 2015 – MANILA

Entah kenapa saya ko di Manila ini kaya ada feeling gak bakal , gak mau ‘ngider’ sendiri, habis takut dengan scam,penipuan dan criminal di Manila yang terkenal juga karena pistol disini legal, kalo di Jakarta katanya golok atau pisau ,kalo disini pistol bo..iiih sereem.
Apalagi saya berjilbab minoritas, tapiiiii ternyataaaaa mereka semua rata2 nyangka saya orang Filipina lho…aneh bin ajaib. Sampe bosen ko semua sangka kita orang Filipinos.
Karena saya seperti ada feeling gak bakal ngider sendirian, jadi aja pasrah ‘angel’ temen ku baru datang jam 1 siang menjemput, angel mengajak temen nya ‘Uthe’ jadi kita ber 3.
Tujuan awal kita adalah makan siang, lalu menuju restoran ‘Persian Kebab Hossein ’ deket dari hostel, yaitu jalan kaki kearah lampu merah samping bank china –depan Moulin Rounge-depan hotel Inwangsan.
Kami pesan : Beef Shawarna + Roti Channai +Green Tea + Iced Tea = 872 Peso
Ber 3 share cost @291Peso atau 90 ribuan rupiah.

Restoran Persian Kebab-Makati

Lalu by Grabcar kita menuju mall \ SM MOA yang terkenal itu dengan charge Grabcar 165 PHP. Share cost, tiba di MOA langsung menuju Toko Kultura.

berasa mahal2 deuh, masa magnet kulkas @80PHP alias @26 ribu, kaos hubby aja sekitar 190 ribu rupiah kalo di kurs,  manisan manga ( Dried mangoes-cebu)  80peso,pouch 130 Peso,  pajangan meja dan mutiara2 gak kesampean! Mahal!Hai Angel titip dunk kalo ke Jakarta...

Setelah dari MOA kita ber3 by taxi didepan mall menuju  Rizal park.

Setelah sekilas foto2, jalan kaki 1,2 KM ke Intramuros – Fort Santiago, karena nyasar , jalan capek, cewe manja2 ini nyewa Tricycle \ becak ber 3 = 140Peso. hati2 Scam naik delman \ Rickshaw, awal ditawari  murah pas nyampe dikeluarin daftar harga 'dipaksa' bayar puluhan kali lipat!!!

Becak \ Tricycle

menurut saya Rizal park amat sangat biasa aja, nyesel , mending langsung ke Intramuros, masuk fort Santiago bayar per orang @75Peso.

Waktu sudah sore , saat nya Manila ‘peak hours’ alias maceeett paraah kaya Jakarta!

Setelah dari Fort Santiago kita jalan nunggu Taxi pas di depan Manila Chatedral.

Manila Chatedral

suliit  dapat taxi akhir nya order GrabCar lagi ke Mall Greenbelt 300 Peso, sharing cost.
Buseeet , pegeeell di mobil manila maceet be’eng.
Tiba di Mall Greenbelt kita dinner dan janjian dengan temen ‘couchsurfing’ku orang Manila, namanya ‘She’.
Di restoran NAM NAM kita ber 3 order : Corned beef + Bulalo \ sop beef + Garlic Rice =
jatuh nya perorang @ 276 Peso atau kurleb 90 ribu perak.

Angel, Me & Uthe

Padahal saya penasaran banget dengan restoran khas Philippines ‘Jollibee’!

Etapi Buseeet hari selasa malam, mall tiap malam rame booo, udah kaya malam minggu kalo di Jakarta, ternyata orang Manila kalo makan di luar , makan di restoran, gak masak di rumah.
Kita ber 3 ketemu teman ku She asli Filipino yang ngajak 2 temen nya lagi jadi total ber 6, heboooh! Hikmah nya Memperlancar Bahasa inggris…
She, Selly & Lian - Philippines Friends

Sebener nya mereka mau ngajak lagi ngobrol ngopi2, tapi kita tolak karena rada shock heuheu
Kesan saya terhadap ceweq Filipino saat nunggu di Gate kemaren ngobrol sama Ibu2, lalu saat berhubungan dengan temen CS ku yang lain yaitu Tata dan Kate lalu saat ketemu She, hhhhhmmm orang Filipino gitu ya….*gak pukul rata \semua sih..
Setelah kita puas berfoto dan pisah, saya,angel dan uthe yang sekampung halaman orang Indonesia , menuju Jollibee jalan kaki sampai ke Hostel ku, ternyata Mall Greenbelt gak jauh dari Lokal Hostel. Habis dari Jollibee ( take away  beli nasi+ayam=75Peso atau kurleb 25 ribu perak!) ) kita nongkrong di Starbuck dulu, saya order susu coklat @130Peso, lanjut jalan kaki ke hostel.

jalanan menuju ke hostel seperti jalan sudirman Jakarta, tiba di hostel, masih ngobrol di rooftop | upstairs  hingga jam 1 malam, lelaaaaaaaaahh
Mandi dan beberes , tertidur jam 3 an subuh lagi, hikz! Udah tua saya mah!

RABU 21 OKT – MANILA-KL

Selaluuu janjian jam 10 atau jam 11 , kenyataan baru jam 1 siang mereka tiba.

Homesick-Lelah menungguuu

saya sudah check out sedari jam 12 siang, setelah mereka tiba lalu kita menuju mall ‘Resort World ‘ agar deket ke Airport, secara Manila lebih parah, karena jalur ke airport nya gak khusus seperti Soeta jakarta. Jadi ‘mengerikan’ deuh! Beruntung banget  kenal dan ketemu Uthe, temen nya ‘Angel’ temen ku. Sebab Angel temen ku yang baru saya kenal juga, walo sudah 2 tahun kerja kontrak di Manila dia gak pernah kemana2 ,untung nya Angel ajak Uthe , temen nya yang sekantor dengan nya.

Dari Hostel ku ke Resort Manila by Grabcar lagi 200 peso, lalu menuju ‘Guest Service’ penitipan tas\koper, free! Pas didepan Casino. Mall ini seperti di Macau atau Sentosa di Spore yang ada Casino2 gitu.

Resort Mall

Setelah titip tas kita makan di restoran ‘Red Crab AliMango House, order: kepiting 1 kg + adobo posit klasiko \ cumi bumbu item + rice = 2800 Peso atau 882 ribu perak!!!
Saya gak suka Crab \ Kepiting ! Mahal kali, ampun dah!

kepiting & Cumi

Saya amat sangat bersyukur Travelling ini sangat lancar jaya, karena bertemu teman yang baru saya kenal si ‘Angel’ dia menjemput tengahmalam ke airport, dan dia kenalkan juga Uthe yang membantu banget dengan rute2 dan ide2 kemana dulu tujuan kami.
Cuma sayang nya, mereka anak muda yang bekerja kontrak 2-3 tahun di Manila, ber gaji dollar, manja –gak biasa memakai transportasi umum, jadi saya selama disini gak pernah merasakan naik jeepney ( angkot nya Manila ) atau naik MRT, seperti kebanyakan masyarakat Manila yang saya liat rajiiiiin bangeeeeet antriiiiii, sampe terpana saya foto antrian naik jeepney ! Cckckc

Jeepney \ Angkot di Philippines

Selain itu kurang berkenan nya saya adalah selain kita gak berkendaraan umum, cara makan nya juga di restoran mahal, kan share cost boooooo….sebagai budget Travelling, rada tekor  juga heuheu saya seneng sekali waktu beli nasi+ayam di Jollibee Cuma 75Peso!
Tapi untung lah, bisa cukup ‘bekel’ ku walo gak dapat beli oleh2 banyak, overall thanks God, Alhamdulillah wasyukurillah
Oya balik ke cerita, setelah makan di Resort World ,jam ½ 3 siang kita antri taxi ke Airport, kaaan maceet parah, ditambah nyasar ternyata Airasia dan Cebu sama di Termimal 3, Angel bilang nya T4 jadi muter lagi, tapi Alhamdulillah gak telat Cuma nyaris, dan lagi dan lagi hadeeeh Airasia di Manila walo sudah web check in tetep kudu ke KOnter verifikasi Passport dan ganti Tiket, sekian! Ribet!

Tiba di K.Lumpur jam 9 malam, nunggu jemputan van Shuttle ke Youniq Hostel,

Youniq Hostel - Superior -118RM #311

Sekarang pilihan tipe kamar bukan Dorm tapi Superior Delux semalam 118RM ( Plus Tax + Shuttel PP) , kamar lt 3 ada lift dan area dalam hotel, harga kurleb sama dengan Hostel di Manila, tapi fasilitas sangat jauh bedaaaaa….
kapok ah ke Manila ( kecuali greetong , atau ke Barocay dll ) serba mahal, gak ada apa2 nya! Typhoon mulu.
Apalagi saat dikamar hostel K.Lumpur  ini saya baca di Twitter sore tadi baru aja kejadian 2 diplomat China di tembak mati di restoran Kota Cebu sih… tukang main pistol,tembak2 an orang Philippines yah!

KAMIS 22 OKT- KL-JKT

Saya berhalangan-datang bulan  sejak kemaren , jadi tidak sholat, rempong yah Travelling datang bulan, semoga bulan depan gak M  saat Travelling.
Check out jam ½ 12 , duduk di Lobby, jam 12 tepat by Shuttle ke kLIA2. Mau makan Nasi Lemak di Rest Ny.Colors – gak Nafsu, jadi langsung ke Gate, mainin fasilitas WIFI, delay 20 menit.
Tiba di Jakarta Jam 5 sore kurang, hubby sudah jemput sejak jam 3 siang. Beliau cuti demi sang Permaisuri.
Alhamdulillah wasyukurillah, nasi bungkus padang sudah tersedia, lapeeerr.
Nyaris seminggu tak bersua hubby , karena saat saya pergi travelling dia juga sudah ke HK, Rindu membuncah kalbu...*jayus❤❤❤

Budget:
-           Jkt-Spore AA : 117.000 + Airport Tax 150.000 = 267.000
-           Spore-KL Tiger = 391.000
-           KL-Manila by Cebu : 176.000
-           Hotel Transit 2 malam  di KL :   61 RM + 118 RM = 179 RM
-           Manila – KL= by AA + Makan = 2038 Peso
-           KL-Jkt AA: 101 RM = 363.000 ( Kurs lagi naik! )