Jumat, 12 April 2013

BANDUNG DAN JOGJAKARTA

Setelah dua bulan  mama ku wafat, sudah seharus nya saya 'move on'. semua mengalir begitu aja ga di rencanain males banget ke luar kota setelah mamaku ga ada dan sudah lewat 40 hari baru saya merasa 'sudah siap'. libur long week end PASKAH  akhir bulan maret kemaren saya ber 3 suami dan Mama mertua  ( orang tua ku satu-satu nya yang tersisa hikz ) menginap 2 malam di hotel  BTC Pasteur Bandung.  saya boking hotel ini waktu mamaku masih ada ( saat sakit, yang saya kira akan sembuh ) .namun kehendak Alloh berkata lain.
long week end seperti biasa Bandung macet. saya sudah mencoba berbagai macam Hotel di Bandung baru kali ini saya mencoba hotel BTC ini ( 2 malam sebesar 907 ribu ). penilaian saya tentang hotel di kawasan pasteur ini lumayan startegis , dekat tol dan  menyatu dengan mall ada foodcourt dan gerai-gerai penjual baju kaya di ambassador Jakarta. lobby nya di Lt 5.
Wisata kuliner bosen di Mie Jaksa lain kali balik lagi  ke Mi Akung di Buah Batu  atau Wale, juga bosen ke Ampera atau Sambara mending coba Raja Sunda di pasteur .trus kalo ke Kosambi kemaren  lupa euy mampir ke Bakso JA'i ( samping Rel KA - tenda- buka jam 2 siang ) atau Mie Kocok Mang Dadeng di Jl.Banteng deket Hotel Horison.
Hotel BTC Pasteur Bdg #510

JOGJAKARTA

Liburan harus nya bervariasi, misal kadang  berlibur dengan pasangan, kadang dengan mama atau keluarga, trus dengan teman atau malah sendiri. karena variasi itu penting. Liburan selanjut nya saya merencanakan ke Jogjakarta. pas Jogjakarta saat ini sedang heboh 'issue' tentang Lapas Cebongan yang di serang 'oknum' anggota kopassus yang sedang jadi trending topic di berbagai media. tapi saya ga merasa jiper ko Insya Alloh. secara cukup sering  saya 'menghanguskan' tiket Airaisa, dulu pernah tiket ke Bali mama ku, tiket ke Penang pp, tiket ke KL pp , tiket ke Philipine dan tiket ke Semarang pp.terakhir pun hotel Ibis Semarang terpaksa saya 'hanguskan' karena bertepatan mama ku tercinta wafat.  saya pun penasaran ingin kembali jalan-jalan ke Jogjakarta yang terakhir kali nya 3,5 tahun yang lalu ber 2 suami  ( Desember 2009 ).Suami sangat mensupport malah sebelum 40 hari mama, mengojok2 agar saya berlibur dan 'move on' ga terlalu bersedih lagi karena kehilangan mamaku. tho di jogja saya pun punya teman deket ( sekeluarga saya deket ) yang sejak SMP tinggal di Jogja. karena suami ga bisa cuti lagian ( insyaAlloh ) bulan depan rencana cuti liburan lagi ber 2 ke Singapore.
          Selasa tanggal 9 April 2013 sebelum subuh saya di drop suami ku yang baik hati ke airport terminal 3. sampai Jogjakarta pukul 7 pagi. 0ya hati-hati deh di airport Adi Sucipto disini  karena baru kali ini gembok koper saya di bongkar walau barang ga ada yang hilang, karena emang belum ada oleh-oleh atau barang yang berharga. adik suami ku pun pernah ke jadian pula 'koper merah' nya di bongkar. aneh ya orang jogja! (hehe piis ) karena saya cukup sering bertravelling, baru kali ini ke jadian, waktu sebelum berangkat beberapa minggu sebelum nya  ipar cerita koper nya di bongkar gembok nya, saya ga begitu peduli kan,eh ke jadian! hati-hati lain kali dengan koper anda di airport Jogja sini.
        karena masih pagi saya jalan seorang diri dengan nyantai ke arah keluar airport  lalu serangan bertubi-tubi supir taxi menawarkan diri tapi saya cuekin aja dan ga sengaja langsung terlihat  halte Busway. masih saja supir Taxi menawarkan diri ongkos taxi dari airport ke Malioboro sebesar 70.000 karena sudah sampai di halte busway saya menolak dan bermaksud menggunakan Busway aja, ternyata hanya bayar 3 ribu perak ke Malioboro ( Bis No. 1A) . dengan PD 5 juta saat kenek mengumumkan halte Malioboro saya pun turun. dan kembali  serangan dari berbagai tukang becak pun menghampiri. saya  menolak  dengan sopan. bermaksud mau menawar agak di sebelah depan saja eh ternyata sudah terlihat plang Jl.Sosrowijayan, saya pun berjalan ke arah jalan tsb. saat mau nanya dimana letak Hotel Summer Season dan eh ternyata langsung terlihat gedung hotel tsb, alhamdulillah lancar deh.  suprises. rekomen banget hotel ini.  Jam 8 pagi saya  check In  ( Boking di Agoda  semalam 350 ribu kelas deluxe kalo di 'publish rate' nya semalam 400 ribu an ( karena sedang ga 'peak season' saya di kasih kelas executive-publish rate 480 ribu ) dan rate  kelas standar publish rate nya 330 ribu. Telp Hotel Summer 0274.584037  ) didepan hotel ini ada hotel Pyrenees.  sempat agak berargumen karena waktu chek in adalah pukul 12 siang, saya berkilah saat boking kemaren sudah menulis 'Remark' datang lebih awal bla bla karena sedang tidak 'peak season' maka diizinkan lah saya Chek in lebih awal.  dikamar saya beristirahat hingga siang. letih sejak pukul  3 dinihari tadi bangun,  dan di kamar suara adzan sangat terdengar berguna banget bagiku...   menurut saya hotel 'Summer Season' dikawasan Malioboro ini adalah Hotel terbaik dari 4x saya pernah menginap di Jogjakarta, kesian ya.
Hotel Summer Season Jl.Sosrowijayan

Kamar #215

karena laper ga tertahan tidur pun ga nyenyak jam 12 siang segera saya mengexplore kawasan Malioboro untuk mencari makan & shooping. hasrat shooping yang tak terbendung nih seperti nya, tapi wajar perempuan suka belanja asal ga maksain dan ga ngutang! . kalo cowo baru ga wajar hehe☺  pas siang itu jalan malioboro sedang ada demo aksi damai memprotes pemerintahan SBY. EGP sudah biasa melihat demo saya pun menyusuri malioboro  dan terlihat sebelah kanan ada warung Soto Ayam. sedang laper aja saya ga begitu selera dengan rasa nya.
sempet beli sendal jepit Jogja 15 ribu perak lalu saya pun masuk ke pasar Bringharjo. pas pintu masuk sebelah kanan ada Toko 'Soenardi' pelan-pelan saya memilih daster batik. karena kalo ga sabar memilih sekilas kaya ga menarik model daster nya. yeaaa asyiik dapat 3 buah total 100 ribu.harga di toko ini hanya dapat di kurangi per item 2500 itu pun kalo belanja 3 item. saya suka bahan mutu dan model nya. ada yang harga 24,35 dan 41 ribu. suka daster pola pecah / klok  harga 41 ribu ini. kemeja batik hubby 67 ribu. lalu saya ke Kios di dalam mencari bahan batik katun @40 ribu. trus ke lantai 2 beli jilbab dll
( lupa ke lt 2 bagian belakang ada yang jual  empal daging ueenak ! )
ternyata kios 'Soenardi'  agak di dalem masuk kiri dari pintu masuk, ada lagi. setelah survey dan sempat beli beberapa di pasar Bringharjo ini segera saya nyebrang ke Toko MIROTA yang 'membahana' itu. biasa Gamis batik  andelan saya beli 2 buah.harga gamis tsb 100 ribu & kemeja batik Hubby 63 ribu. jangan lupa ambil Map / Peta yang tersedia gratis di Mirota ini.
ada sejadah batik tipis harga 17-50 ribu, selimut batik berbentuk  bantal  di Mirota 260 ribu padahal tadi di kios Bringharjo cuma 150 ribu.untung tadi survey dulu... lalu saya ke lantai 3 Toko Mirota ini untuk ngemil pisgor dan minuman jahe. cuaca agak mendung dan gerimis.
Beberapa belanjaan di Mirota

Beberapa belanjaan di Pasar Bringharjo
Jam sudah menunjukan Jam 4  tan sore dan kaki  sudah berasa letih saya pun jalan kaki balik ke Hotel tinggal lurus menyusuri Malioboro doangl. biaya transportasi di Jogja ini mahal ya. kalo naik becak harus mampir-mampir belanja  karena mereka dapat komisi.( Bahasa Jawa : ora nganggo mampir2 ! kalo nanya berapa? pinten?)  kalo ga mampir-mampir dari pasar Bringharjo ke hotel 10 ribu. karena berasa lagi jadi TURIS saya pun jalan kaki aja daripada naik becak pulang nya ke hotel, dikamar saya  beristirahat. habis maghrib saya keluar cari makan malam. ada Warung Ayam Pedes Wong Jowo, posisi pas di hoek. saya pesan nasi Ayam penyet + teh tawar + kerupuk = 25 ribu. harus nya coba yang di kaki lima atau lesehan  pasti lebih murah mungkin. dikamar hotel iseng sempet-sempet nya saya men cat uban rambut.
       Rabu 10 April 2013; saya melewati waktu sarapan  di hotel yang included, karena tutup jam 9 pagi rasa nya males mandi untung sempat minum teh manis. masih  penasaran lagi belanja lagi di pasar Bringharjo ( daster pola pecah-model klok, bantal selimut batik dan bahan batik  ) sebelum sampai tadi di  pasar kepincut baju batik kuning 150 ribu ( langsung saya kenakan hehe ) dan  ke Mirota beli baju batik lagi  dan sejadah . trus  jam 11 san menggunakan Becak ke Keraton, biasa si tukang becak bilang 5 ribu tapi minta mampir-mamir agar dapat komisi . saya wanti - wanti bilang 'ora nganggo mampir2'. di Keraton bayar tiket masuk 5 ribu perak, saya kira ada Wayang orang ternyata wayang golek.  lagi dan lagi. sempat kenalan dengan 2 orang wanita asal Surabaya dan berfoto-foto.
Di Keraton ( Baju Baru 150 ribu )

Temans dari Surabaya
setelah itu dengan becak yang nungguin tadi saya  ke Wijilan guna makan siang di gudeg 'Yuk djum'. si tukang becak  mengarahkan  ke gudeg Widodo atau Lies. selama ini emang saya belum pernah ke yuk djum. ternyata lebih kecil tempat nya dan jutek pelayanan yuk djum ini dan ga bisa lho di antar ke hotel. padahal dulu waktu saya beli di gudeg Widodo atau Lies dapat fasilitas di anter lho ( Yuk Djum min 500 ribu baru di antar ). . begini lah kalo menang di nama ?!. saya makan siang nasi gudeg telor dan ati-teh tawar = 27 ribu. padahal seemprit menu nya. sekalian aja saya boking untuk oleh-oleh di bawa ke Jakarta 6 besek total 300 ribu. paling murah paket besek 50 ribu. kalo yang di kendi paling murah 90 ribu.karena  koper sudah bengkak dan seorang diri ga ada yang bantuin bawa juga karena mendadak 'miskin' maka  tak dapat saya penuhi permintaan seorang teman yang minta  oleh-oleh gudeg di kendi. ( lah gw aje yang besek bo..hehe piis ). setelah dari Wijilan saya minta di anter ke 'Purawisata' karena deket dari wijilan ke arah jl.bridgjen Katamso untuk beli Tiket Sendratari Ramayana - kolosal wayang orang.  harga tiket nonton wayang orang ini 90 ribu. kalo paket Dinner 150 ribu.waktu nya tiap hari jam 7 - 9.30 malam. dan ini ada di Guinnes Book ( MURI)  lho. atau bisa pesen via Telp aja daripada bolak balik seperti saya. Telp Purawisata Ramayana ini : 0274. 375705. harga penduduk lokal dan bule beda! sebelum pulang tukang becak mengarahkan ke Toko Bakpia. terpaksa beli 3 kotak, rasa keju,coklat dan kacang ijo. sekotak 20 ribu. ga doyan padahal  tapi hubby doyan hehe.( biar tukang becak nya dapat komisi ) sampai di Hotel Becak saya bayar 20 ribu. hadeeh serba salah transportasi di Jogja ini. tukang becak kesian dengan payah nya menggoes tapi mahal andai ada ojeg kan pasti lebih murah dan praktis. mmmh oh ada 'seni' nya kali ye naik becak, EGP! Jogja Mahal! tiba di kamar Jam 2 an. beristirahat. Jam 4 tan saya cari makan ( pecel ) di pasar Bringharjo sambil belanja beberapa lagi hehe sampai Hotel menunggu waktu Jam 7 untuk acara nonton kolosal Wayang orang di Purawisata.
Jam 7 malam  saya jalan kaki ke arah Mirota agar lebih deket naik becak ke arah purawisata nya. sembari cuci mata menyusuri Malioboro. sampai deket Mirota saya menawar Becak ke Purawisata 15 ribu. dan hujan gerimis pun meyertai perjalanan ini. hadeeh. sesampai nyadi tempat menukar tiket dan di antar ke ruang pertunjukan. wow bule dimana-mana. aneh aja kali ya orang Indo dari Jakarta pula suka wayang.  kenapa saya suka wayang orang khusus nya.  karena sedari SD saya,kakak & sepupu penyuka buku cerita wayang. entah itu Brahmana,Pandawa lima dan Mahabrata dll ;  dan ini juga gegara buku Sudjiwo tedjo. saya banyak belajar - reminder lagi. betapa banyak makna yang terkandung dalam wayang ini. dari segi tarian nya saja sudah takjub karena kemayu-gemulai dan berbagai  mimik muka yang berakting, mungkin ada magis nya juga. sedangkan dari segi makna filosofi nya. wayang itu peninggalan budaya asli orang Indonesia. harus dilestarikan. kelak jika saya punya anak wajib tau cerita nabi-nabi dan wayang .agar berakhlak dan beretika....jiaaah lagu lu rid.
Sendratari Ramayana

Usai Acara
Dalam wayang terkandung makna hidup itu harus jujur apa adanya, ga di buat-buat atau bersandiwara serta sok sempurna, apalagi sok tajir atau harmonis. sopan santun itu munafik. tata krama lebih ada di dalem (hati) apalagi sok suci kelaut aje. 'dont judge a book by its cover'! Hanoman aja si bertampang kera tapi berhati luhur. urakan dan kurang ajar itu beda,urakan itu gemesin hehe Bima aja orang nya urakan.tapi ngangenin buat Kresna. Dunia ini hanya panggung sandiwara, masing masing kita sedang melakoni skenario Tuhan. jadi ga ada yang sedetik pun tanpa izin atau  skenario NYa. Ga menuhan kan jabatan, uang dan pujian. hidup sederhana dan bersyukur. Kesederhanaan  itu adalah wujud pencapaian tertinggi manusia. * Proses itu hukum alam. jadi gw pun lagi berproses. bukan omdog. lah gw juga si 'kamprettos'!  kaga ada bagus-bagus nya juga!  jadi piiiiss ga omdog bin muna nih.
Tema wayang malam itu adalah Dewi sinta di culik Rahwana ( ringkasan cerita nya bisa minta berupa kertas / brosur  sebelum masuk ke ruangan atau pas saat beli tiket tadi ). karena lebih menjiwai kalo sudah baca tema cerita nya. bagi yang ga suka wayang bakalan boring dan ngantuk. suerrr bahasa jawa pula macam mana pula kaga ngarti awak ni. etdah!
pokok nya banyak dan bagus deh filosofi dari wayang itu. tepat Jam 9.30 acara usai saya pun menawar Becak ke Hotel 20 ribu di sertai hujan gerimis pulak.
       Kamis 11 April saya mengundang teman SD  untuk bersama sarapan di Hotel dan bermaksud setelah nya supaya ia dapat menolong saya untuk menjemput by motor nya ambil pesanan gudeg yang sudah saya pesan. tapi ternyata setelah ia sarapan baru bilang keberatan mengantarkan saya karena ada urusan. untung nya saja saya emang dari awal kedatangan ga terlalu berharap banyak pada teman ini. komunikasi sama hubby pun tiap jam, jadi petualangan sebagai 'Turis' di Jogja ini ga menjiper kan ko... alhamdulillah .
akhir nya saya menebeng sekalian teman ku mendrop di tempat Gudeg sembari beli Salak pondoh se kg 10 ribu beli 2 kg. lagi musim aja se kg 10 ribu. setelah nya saya menggunakan becak balik ke Hotel sebesar 15 ribu.
kembali ke kamar ber istirahat. Jam 1 Chek out.  karena koper ku membengkak dan bawa gudeg serta buah salak membuat ciut juga kalo by busway ke airport. di lobby hotel setelah sarapan tadi ada yang menawar kan ke airport by avanza 60 ribu. saya menyetujui. maka Jam 1 saya sudah tiba di airport Adi Sucipto.hanya 30 menit perjalanan. konter bagasi belum buka. harus 2 jam sebelum take off di buka nya. dan pake delay sejam pula Airasia ini.hadeeh. belum masalah gembok yang terbuka ( dirusak orang ) tapi barang ga hilang waktu awal kedatangan. hikmah nya adalah slalu bawa gembok cadangan dan kantong plastik cadangan. karena koper saya kelebihan berat 2 kg.di suruh di bongkar. terpaksa salak 2 kg dijinjing beserta gudeg. mmmmhh padahal waktu ke berangkatan koper ku ringan cuma 8 Kg. cuma 1/2 dari semesti nya. dasar yah Airasia!
perjalanan di pesawat sejam agak gak berasa, senang deh. Welcome Jakartaku Jam 6 an. hubby sudah setia menjemput sejak jam 4 sore tadi  (cuti), sholat magrib dulu deket parkir mobil. sembari pulang ke rumah drop satu-satu oleh-oleh ke ulujami dan mertua. letih dan bersyukur alhamdulillah. tetep kangeeeen mamikuuuu, kebiasaan beliin dia oleh-oleh kaya mimpi orang nya sudah tak ada. hikz. miss u so much maaaa