Minggu, 24 Oktober 2010

VIETNAM - HCMC

Akhir nya alhamdulillah wasyukurillah setelah melalui sedikit cobaan. saya mengajak teman SMP Rdewi untuk berlibur ke Vietnam.pada bulan Juli saya boking paket Airasia ; (Pesawat+Hotel+di jemput di airport+City Tour ) Total per org 2,2 juta. Namun sehari sebelum keberangkatan setelah saya selesai packing mendadak Mamaku tercinta sakit perut akut, seperti angin duduk sesek nafas gitu.  sereem juga sehingga khawatir sangat saya  bawa segera  opname, semalam suntuk saya tidak bisa tidur memikirkan keberangkatan saya.karena hanya saya lah anak satu-satu nya Mama.karena kakak satu-satu berada di Freeport-papua. dengan sedikit nekad dan PD saya dibantu my hubby tercinta dan Mama mertua tersayang, bekerja sama bergantian untuk menjaga mama ku selama 3 hari -2 malam. tapi akhir nya kakak saya datang ke Jakarta  izin dari kantor nya untuk menjaga Mamaku di RS Aminah.

Rabu 20 Oktober 2010 Jam 1/2 2 siang dari RS Aminah kita ber dua ke Blokm untuk naik Damri ongkos seorang  20.000,-. Take off Jam 4.30PM. boring hampir 3 jam tidak ada bacaan dan makan.
Tiba di HCMC ( Ho chi minh city ) jam 8 malam. di airport sempat saya menukar dollar  1 USD= 19.480 Dong (wow) lalu tiba di luar langsung di jemput driver yang sudah menulis nama saya karena ia sama sekali tidak pandai berbahasa inggris, kendaraan yang di pakai untuk menjemput kita lumayan bagus merk Hyundai  H1 (mirip alphard).
sampai di Hotel Dong Khanh ( bintang 3) lumayan lah cuman pelayanan rata-rata orang Vietnam maruk duit-tip dll, eerrgh  parah banget madatan nya. apa-apa duit. kekesalan lain nya adalah Siknyal Mentari Indosat sama sekali ga bisa, Telkomsel baru esok hari nya bisa :-(( untung bawa Telkomsel juga!

Hotel Dong Khanh Saigon *** ( room 313)

Setelah drop tas -barang barang di kamar jam 9 nan malam kita ber dua naik taxi mau makan malam sejenis pho hoa di jakarta yaitu pho 3A3 bun bo hue distrik 1. tapi taxi nya ga tau akhir nya ke Market Night Ben Thanh .ongkos taxi 70 ribu dong (berarti 35 rb Rupiah, sharing dengan teman ) di pasar malam beli kaos vietnam (mutu kurang-EGP) per piece 30.000 dong ( alias 15.000,-). magnet kulkas @ 7 rb-10 rb dong ( kurs nya tinggal bagi dua dengan rupiah aja ). tas vietnam 2=200 rb dong alias cepe bo! beuty kid @ 20 rb dong  pokok nya kalo lebih murah dari Jakarta beli, kalo ga ya  'no way'  lah. mau makan malam sudah hampir tutup jam 11 san malam. cari warung 'Quan Cua Tay' ( cua loi lan bot-kepiting grg, Tom Rang Me-udang saos asam dan chia thia sot cua-baby kailan dan sinh to xoai ( jus mangga) kaga ketemu!!!
padahal info itu sudah di tulis di kertas karena browsing di jakarta sebelum nya; tapi lupa mencari quan cua tay itu.
balik naik taxi Jam 12 malam ke Hotel seharus nya 50-70 ribu dong ( kurs bagi dua dgn rupiah ) eeh tukang taxi licik argo kuda dan ribet, kumat tanduk ku! turun tengah jalan -minta bantuan ke orang di jalan malah supir taxi tsb yang di bela.dasar Komunis!!!( Preman di lawan!  *gw bgtt☺  )
Jam 12PM boo. pelajaran lain kali naik taxi harus pilih merk Vinasun & Mai linh. Beli aqua di Mini market murah @ 4.000 di Circle K @ 5.000 Dong.

Esok hari nya Kamis tgl 21 Oktober 2010 Jam 9 pagi kami telah di tunggu di Lobby oleh  Tour Guide untuk city tour (paket Airasia) Tour Guide tsb bernama 'Do Hoang Vu'.(email: hoangvu241075@yahoo.com)  berbahasa inggris. dengan kendaraan yang nyaman sejenis alphard pertama kali kami mengunjungi War museum, Recommended banget! bagus -kisah nyata. lalu ke Notre Dame cathetdral - Central Post Offfice.

Notre Dame Cathedral

Central Post Office

HOTEL SHERATON

Di lanjutkan ke Istana President (monument Ho Chi Minh ). Jam 12 siang saya mengajukan Lunch di sekitar Hotel Sheraton. ( kawasan Hotel Sheraton ini banyak makanan halal! )  karena di sebelah hotel Sheraton tsb ada Mesjdi dan depan hotel Sheraton itu berjejer makanan halal.kami sholat jama' dan makan di belakang kantin pojok ( agak kumuh ) di Mesjid tsb. mahal aaah. karena menurut saya lauk nya lumayan besar-besar juga kita hanya ber 2.kecuali sharing ber 4 atau lebih. saya jatuh nya Lunch tsb 110.000 dong/ orang. next time coba aja di depan mesjid tsb atau pilih menu nya untuk sharing kalo di kantin tsb.

@Mesjid Samping Hotel Sheraton HCMC

( bertemu istri Iman mesjid &wanita Turki )
                                *slalu ada nenek2 yg minta sedekah*

Setelah itu kami di drop di market ben thanh lagi. sangat beda pasar ben thanh tsb di malam hari dan siang hari. kalap beli taplak meja makan (4 seat, mereka bilang 4 people ) 200 rb dong ( alias seratus ribu perak ) tatakan gelas vietnam @ 50 rb dong, book mark pembatas buku 5 rb dong,liontin batu @ 26 rb dong, kaca kecil 3 = 50 rb dong. bolak -balik tuker money changer lagi di pasar tsb.:-))
Tujuan akhir  kami jam 4 sore ke Temple Chinese ( Tian Haw ).

Tian Haw Temple

My Mom at RS Aminah- Kreo Jkt

lalu pulang di drop ke hotel sambil konfrm boking esok hari jam 5 sore minta di jemput di Hotel  / anter ke Airport.biaya 200.000 dong . Selain itu memberi Tip Guide tsb 200.000 Dong. Oya aneh banget deh! masa Face book di UNBlog lho sama pemerintah Komunis ini.  (Saat itu ).Indosat ga ada Siknyal, FB di UNBlog lengkap sudah komunikasi saya terhambat dengan my lovely hubby.

Hari Jumat tgl 22 Oktober 2010 Jam 9 pagi kami BFC menu Roti +Teh + buah! lagi danlagi. cari makanan halal susah tapi Alhamdulillah perut ini sangat pengertian dan cerdas karena ga laper di tempat komunis ini hehehe.
Sudah  ga betah nih! karena  kangen berat 'nyokap' hikz  Hotel ini bener-bener maruk duit secara ada internet Gratis di bilang bayar 3 dollar.minta plastik laundri - baju kotor  di bilang bayar 3 dollar -demen banget ngomong 3 dollar ya! ga rekomen deh hotel ini. jauh dari mana2. Jam 12 Siang kami di telpon untuk suruh Check out. Setelah titip Tas, kami jalan kaki lho ke pasar Ben Thanh 1,5 jam! tidaaaaaaak,  keriting urat kakiku deh. nongkrong -duduk depan pasar ben thanh minum air kelapa 10.000 Dong.
pulang dari Ben Thanh naik taxi di tipu lagi argo nya, hadooh..ckckck sampai Hotel Jam 4.30 Sore tidak lama kemudian Driver yang menjemput sudah datang ( always misskom karena kendala bahasa ). tergesa-gesa lah kami dibuat nya karena janji nya kan jam 5!. sampai airport jam 5.30 Take off Jam 8.30PM. 'Gate' ber ubah-ubah,begitu lah rajin-rajin bertanya supaya tidak ketingalan pesawat dan pelajaran lain nya yaitu jika perjalanan lebih dari dua jam di pesawat harus sudah lebih dulu boking (di Website AA ) makanan, karena kehabisan dan laper berat :-(( apes!
Welcome JakartaKu jam 12 malam. ingin segera ketemu mom di RS aminah...letih- lelah-kangen.aarrgh

Vietnam Lalu Lintas nya bener-bener amburadul-kacau-acak adut! jadi Kesimpulan saya tentang Vietnam adalah :
1.Lalu lintas amburadul gila
2.Orang-orang nya madatan tip / duit/nipu
3.Ga Ramah dan Ga mo ngantri
4.Taxi nya Raja nipu - apalagi ojeg.
5.Makanan halal susah,even KFC nya aja aneh.nasi nya ada mayonaise / bumbu salad gitu.

tapi lumayan lah untuk mengetahui Vietnam pada Jaman Jahiliyah ini di banding beberapa tahun ke depan pasti akan Maju Pesat. dan lagi oleh-oleh di pasar Ben Thanh Lumayan murah walaupun ga murah-murah amat sih. ( dasar perempuan!☺  )
Belanja Murah nya adalah:
1.Kaos Oblong 30.000 Dong = 15.000,-
2.Beauty kid @ 20.000 Dong
3.Magnet kulkas @ 7.000-10.000 Dong
4.Taplak Meja @ 200.000 Dong
5.Sprei @ 350.000 Dongo
6.Manisan 1/2 kg @ 45.000 Dong
7.Kaca Kecil @ 15.000 Dong
8.Kalung perak 190.000 - 280.000 Dong (bagus lho!)
9.Baju tidur 80.000-150.000 Dong
10.Tatakan Gelas Vietnam @50.000 Dong
11.Bahan Sutra China @mtr 100.000 Dong mahal!!

Begitulah kisah liburan saya ke Vietnam kali ini, ga sabar  Insya Allah -kalo Allah Swt mengizinkan ingin ke Guangzhou China tahun depan -beberapa bulan lagi. semoga lancar dan  tidak ada halangan seperti ke Vietnam ini. catatan ini saya tulis di khusus kan untuk saya pribadi agar kelah jika kembali ke Negara ini sebagai Pelajaran. kekurangan nya saya mohon maaf :-))
 # Ingin deh ke Filipine  karena tidak perlu Visa,

Bagi yang ngerti Traveling is Adventure, pengalaman bathin yang di bawa sampe mati, harta di kumpulin juga gak di bawa mati, kaya hati dan pengalaman bathin bukan kaya harta; sebagai bekal  cerita untuk keturunan kelak , dan segala kejadian baik atau buruk dalam traveling pasti menjadi kenangan